Lee Zii Jia dan Kutukan Turnamen Malaysia yang Belum Usai

Lee Zii Jia tumbang di babak 32 besar Malaysia Open  2024

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, lagi-lagi harus menelan kekalahan saat berlaga di kandang sendiri. Lee Zii Jia tumbang di babak pertama Malaysia Open 2024 usai berduel selama 77 menit melawan wakil China, Lu Guangzu dengan skor 21-16, 19-21, 15-21.

Ini bukan kali pertama Lee Zii Jia tumbang di babak awal turnamen yang berlangsung di Malaysia. Bahkan, "kutukan" berlaga di kandang sendiri seolah enggan lepas dari Lee Zii Jia.

Baca Juga: Jadwal Wakil Indonesia di Hari Kedua Malaysia Open 2024

1. Kalah rubber game

Lee Zii Jia dan Kutukan Turnamen Malaysia yang Belum UsaiTunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia di Indonesia Open 2021. (dok. Humas PP PBSI Indonesia)

Lee Zii Jia memulai pertandingan melawan Lu Guangzu dengan unggul 13-8. Sempat terkejar hingga kedudukan imbang 16-16, Lee Zik Jia tancap gas lima poin tanpa balas dan mengunci kemenangan di game pertama dengan skor 21-16.

Di game kedua, Lee Zii Jia tertinggal 8-13. Susah-payah, andalan Malaysia menyamakan kedudukan 19-19. Lee Zii Jia tertinggal tipis 19-21 di game kedua.

Menjalani game penentuan, langkah Lee Zii Jia makin berat. Tertinggal 7-13, Lee Zii Jia tak mampu mengejar angka dan terus tertinggal hingga 13-19. Tak bisa banyak mencuri kesempatan menyerang, Lee Zii Jia kandas dengan skor 15-21 di game ketiga.

2. Bukan kali pertama kandas di turnamen Malaysia

Lee Zii Jia dan Kutukan Turnamen Malaysia yang Belum UsaiLee Zii Jia saat memenangi Tournament Apparel 2022. (instagram/leeziijia)

Ini bukan kali pertama Lee Zii Jia tumbang di awal pertandingan pada turnamen yang berlangsung di Malaysia. Dalam lima tahun terakhir, prestasi terbaik Lee Zii Jia kala bertanding di kandang sendiri adalah saat menembus Malaysia Masters 2020 lalu.

Pada Malaysia Masters 2019, Lee Zii Jia terhenti di babak perempat final. Masih di tahun yang sama, Lee Zii Jia gugur di babak 32 besar saat menjalani Malaysia Open 2019.

Pada gelaran Malaysia Open 2022, Lee Zii Jia tumbang di putaran 16 besar. Tren buruk Lee Zii Jia terus berlanjut. Pada Malaysia Open 2023, Lee Zii Jia terhenti di babak 32 besar dan kembali tumbang di babak 16 besar pada Malaysia Masters 2023.

3. Pemain Malaysia sulit tundukkan turnamen tuan rumah

Lee Zii Jia dan Kutukan Turnamen Malaysia yang Belum UsaiLee Chong Wei (instagram.com/leechongweiofficial)

Dilansir The Star, tercatat sudah lama atlet tepok bulu Malaysia gagal memenangkan gelar di kandang sendiri. Terakhir, legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, yang melakukannya pada 2018 lalu.

Setelah Lee Chong Wei pensiun, The Star mencatat tak ada wakil Malaysia yang pernah menyamai capaiannya memenangkan gelar di hadapan publik sendiri.

Baca Juga: Jadwal Wakil Indonesia di Hari Kedua Malaysia Open 2024

Baca Juga: Berstatus Juara Bertahan Malaysia Open, Fajar/Rian Tak Tertekan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya