Masih Ada 4 Turnamen Sisa Buat Fajar/Rian Jelang Olimpiade

Fokus ke Singapore Open dan Indonesia Open

Intinya Sih...

  • Fajar/Rian masih memiliki empat turnamen tersisa jelang Olimpiade 2024.
  • Setelah Kejuaraan Asia dan Thomas Cup 2024, Fajar/Rian hanya akan turun di dua turnamen besar sebelum bertolak ke Paris.
  • Fajar/Rian hanya akan mengikuti dua turnamen terbesar, yakni Singapore Open dan Indonesia Open, untuk persiapan Olimpiade 2024.

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, masih harus menjalani empat turnamen jelang Olimpiade 2024, Paris. Keempatnya dipastikan menjadi prioritas, karena pemilihan turnamen begitu selektif agar performa Fajar/Rian bisa terjaga.

Pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat, tak ingin stamina anak-anak asuhnya terkuras hingga memengaruhi performanya di lapangan. Makanya, dia harus jeli agar Fajar/Rian tak keteteran di Olimpiade nanti.

1. Masih bakal turun di Kejuaraan Asia dan Thomas Cup

Masih Ada 4 Turnamen Sisa Buat Fajar/Rian Jelang OlimpiadeKepala pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Fajar/Rian masih akan mengikuti Kejuaraan Asia pada 9-14 April yang menjadi turnamen penutup dari masa kualifikasi Olimpiade 2024. Setelahnya, ganda putra nomor satu Indonesia ini diagendakan akan memperkuat tim beregu di Thomas Cup 2024.

Setelah Thomas Cup, Aryono memastikan anak asuhnya hanya akan turun di dua turnamen besar sebelum bertolak ke Paris.

Baca Juga: Rian Ardianto Berharap Ganda Putra Punya 2 Wakil di Olimpiade

2. Hanya ikut Singapore dan Indonesia Open

Masih Ada 4 Turnamen Sisa Buat Fajar/Rian Jelang OlimpiadeFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Setelah Thomas Cup 2024, sebenarnya masih ada delapan turnamen yang terdaftar dalam agenda tahunan BWF. Sebanyak enam di antaranya berkategori Super 500 plus yakni Thailand Open, Malaysia Masters, Singapore Open, Indonesia Open, Australia Open, dan Canada Open.

Aryono memastikan, Fajar/Rian hanya akan mengikuti dua turnamen terbesar. Keputusan ini diambil juga menghitung waktu persiapan yang tersedia setelah Fajar/Rian mengikuti Thomas Cup 2024.

"Lebih baik, kami persiapan dua pertandingan yang besar 750 sama 1000 Indonesia. Apalagi, main di Indonesia. Nanti ke Australia juga enggak mungkin buat persiapan ke Olimpiade," kata Aryono.

3. Fajar/Rian sudah lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris

Masih Ada 4 Turnamen Sisa Buat Fajar/Rian Jelang OlimpiadeGanda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses memepertahankan gelar juara di All England 2024 (dok. PP PBSI)

Secara matematis, Fajar/Rian sudah bisa dipastikan lolos kualifikasi Olimpiade 2024. Keduanya kini menempati ranking tujuh Race to Olympic 2024 Paris.

Hingga saat ini, Fajar/Rian masih jadi satu-satunya wakil ganda putra Indonesia yang sudah mengamankan tempat di Olimpiade. Sementara, pasangan muda Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri masih harus berjuang demi menyusul mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Fajar/Rian Prioritaskan Indonesia Open Jelang Olimpiade

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya