Comscore Tracker

Menanti Kejutan Fadia/Ribka dari Kejuaraan Dunia 2022

Angan juara untuk tutup cerita duet bersama

Jakarta, IDN Times - Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, kembali dipasangkan untuk turun di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis pada 22-28 Agustus 2022 mendatang di Tokyo, Jepang.

Sektor ganda putri Indonesia memang tengah dalam sorotan. Istimewanya setelah keberhasilan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 pada musim panas 2021 lalu.

Kejutan Fadia/Ribka di ajang ini jadi salah satu yang paling dinantikan. Apalagi ini kemungkinan akan jadi kali terakhir Fadia/Ribka dipasangkan.

1. Fadia/Ribka kembali dipasangkan untuk kali terakhir

Menanti Kejutan Fadia/Ribka dari Kejuaraan Dunia 2022Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dalam Simulasi Piala Uber 2020 (Dok.IDN Times/PBSI)

Fadia/Ribka sudah tak lagi berpasangan sejak Mei 2022 lalu. Usai Greysia Polii memutuskan pensiun, Fadia dapat tugas baru untuk berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

Sejak itu langkah keduanya jadi salah satu langkah ganda putri yang paling sulit dihentikan di dunia. Apriyani/Fadia sudah mengantongi tiga gela juara dan satu runner-up sejak dipasangkan.

Fadia/Ribka dipasangkan lagi untuk Kejuaraan Dunia 2022 kali ini. Tak menutup kemungkinan, ajang ini sekaligus jadi ajang perpisahan Fadia/Ribka sebagai pasangan.

Baca Juga: 5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWF

2. Catatan ganda putri di Kejuaraan Dunia 2022 5 tahun terakhir

Menanti Kejutan Fadia/Ribka dari Kejuaraan Dunia 2022Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu bawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (twitter.com/Tokyo2020)

Ganda putri Indonesia sebenarnya punya catatan cukup manis di beberapa edisi terakhir Kejuaraan Dunia.

Wakil Indonesia mengamankan medali perunggu tiga kali yakni pada edisi 2015 (Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii), 2018 dan 2019 (Greysia Polii/Apriyani Rahayu).

Pada gelaran edisi 2019 ganda putri Indonesia pulang dengan tangan kosong. Sedangkan pada gelaran edisi 2021 lalu, skuad Garuda memutuskan mundur berjamaah dan tak mengikuti gelaran yang berlangsung di Huelva, Spanyol kala itu.

3. Fadia/Ribka dan angan jadi juara dunia

Menanti Kejutan Fadia/Ribka dari Kejuaraan Dunia 2022Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dalam laga eksibisi di Piala Presiden 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Setelah kembali dipasangkan, Fadia/Ribka mengaku tak menemukan kendala saat persiapan jelang Kejuaraan Dunia 2022.

Modal komunikasi dan chemistry yang kuat di antara keduanya sejak dulu jadi dasar Fadia/Ribka kembali duet di ajang besar ini.

Berkemungkinan jadi kali terakhir berduet, Fadia/Ribka berangan menutup cerita berpasangan mereka dengan gelar juara dunia.

"Targetnya sama fadia pastinya pengen juara. Pengen buktiin dari akunya juga, tapi ya, step by step aja," kata Ribka ditemui di GOR Nanggala Cijantung pada Jumat (5/8/2022) lalu.

Baca Juga: Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 Resmi Bergulir

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya