Mereka yang Cetak Sejarah di Kejuaraan Dunia 2023

Ada jagoan kamu tidak?

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan Dunia 2023 sudah berakhir. Korea Selatan keluar sebagai juara umum dengan mengantongi tiga gelar juara dan satu posisi tiga bersama dalam turnamen yang berlangsung di Royal Arena, Copenhagen Denmark pada 21-27 Agustus 2023 mendatang.

Tak hanya prestasi baru yang tercetak, sederet elite bulu tangkis dunia juga menorehkan sejarah di Kejuaraan Dunia 2023. Mulai dari jadi yang pertama meraih titel juara untuk negaranya, hingga paling sering juara.

1. An Se Young

Mereka yang Cetak Sejarah di Kejuaraan Dunia 2023An Se Young di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tunggal putri Korea Selatan, An Se Young, mencetak sejarah di Kejuaraan Dunia 2023. An Se Young tercatat menjadi tunggal putri Korea Selatan pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia.

Pada laga final Kejuaraan Dunia 2023, An Se Young menaklukkan peraih tiga kali gelar juara dunia asal Spanyol, Carolina Marin, dalam dua game langsung, 21-12, 21-10. Capaian ini sekaligus menjadi pemanis capaian tertingginya dalam karier yang juga sedang menempati ranking satu dunia.

Baca Juga: Daftar Juara di Kejuaraan Dunia 2023, Indonesia Nirgelar Lagi

2. Kunlavut Vitidsarn

Mereka yang Cetak Sejarah di Kejuaraan Dunia 2023Tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn (https://bwfworldchampionships.bwfbadminton.com/)

Tak cuma An Se Young, Kunlavut Vitidsarn juga menorehkan sejarah buat Thailand. Dia menjadi tunggal putra Thailand pertama yang berhasil meraih gelar juara Kejuaraan Dunia.

Tentu penikmat bulu tangkis tak lupa dengan catatan istimewa Kunlavut di Kejuaraan Dunia. Saat masih di level junior, Kunlavut mencetak hattrick di Kejuaraan Dunia Junior pada edisi 2017, 2018, dan 2019. Makanya, tak heran kalau Kunlavut dijuluki Anak Ajaib sejak belia.

3. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan

Mereka yang Cetak Sejarah di Kejuaraan Dunia 2023Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sukses mencatatkan sejarah usai menang atas Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Minggu (27/8/2023). Keduanya menjadi ganda putri pertama yang mengantongi empat gelar juara dunia.

Selain edisi 2023, gelar juara dunia diamankan Chen/Jia dari edisi 2017 (Glasgow, Skotlandia), 2021 (Huelva, Spanyol), 2022 (Tokyo, Jepang), dan 2023 (Copenhagen, Denmark). Gelar kali ini sekaligus menjadi hattrick bagi Chen/Jia dalam capaian mereka di Kejuaraan Dunia.

4. Seo Seung Jae

Mereka yang Cetak Sejarah di Kejuaraan Dunia 2023potret Seo Seung-jae dan Chae Yoo-jung (instagram.com/seungjae__seo)

Seo Seung Jae sukses mencuri perhatian di Kejuaraan Dunia 2023. Dia meraih dua gelar juara dari sektor ganda putra dan campuran.

Dengan catatan itu, Seo Seung Jae menjadi salah satu atlet tepok bulu yang berhasil mencatat gelar juara dari dua sektor dalam satu edisi Kejuaraan Dunia.

Dua kemenangan Seo Seung Jae sekaligus membawa Korea Selatan menjadi juara umum Kejuaraan Dunia 2023 dengan total tiga medali emas. Satu medali lainnya diamankan tunggal putri, An Se Young.

Baca Juga: Apriyani/Fadia Tumbang di Final Kejuaraan Dunia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya