Meriah! Puncak Acara Peringatan Sumpah Pemuda Digelar di Monas

Berikan penghargaan untuk 54 pemuda

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar acara puncak peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan bertajuk Bersama Majukan Indonesia ini digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (28/10/2023) malam.

Kegiatan ini menjadi puncak acara dari rentetan Bulan Olahraga yang digelar Kemenpora sejak awal Oktober 2023. Dalam kegiatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo juga memberikan penghargaan kepada lebih dari 50 pemuda.

"Hari ini merupakan puncaknya di 28 Oktober, Hari Sumpah Pemuda, kita laksanakan di tugu Monas. Ini simbol kedepan bahwa Kemenpora itu harus bisa menyentuh masyarakat," ujar Menpora di Monas pada Sabtu (28/10/2023) malam.

1. Beri 54 penghargaan untuk pemuda berprestasi

Meriah! Puncak Acara Peringatan Sumpah Pemuda Digelar di MonasPenerima penghargaan di acara puncak peringatan Sumpah Pemuda 2023 (IDN Times Margith Juita Damanik)

Memperingati 95 tahun Sumpah Pemuda, Dito memberikan Penghargaan Kepemudaan 2023 kepada 54 pemuda berprestasi. Segala elemen ikut mendapatkan penghargaan ini mulai dari pegiat komunitas, penggerak sosial kepemudaan, pendidikan, hingga pekerja seni berprestasi.

Para penerima penghargaan mendapatkan piagam penghargaan dan piala berwarna emas. Bersama dengan 54 pemuda yang menerima penghargaan, Menpora membacakan naskah sumpah pemuda dan komitmen bersama memajukan Indonesia.

Baca Juga: Polisi Sita 3 Mobil Dito Mahendra yang Dipakai saat Jadi Buronan

2. Perdana bikin peringatan dengan cara festival

Meriah! Puncak Acara Peringatan Sumpah Pemuda Digelar di MonasMenteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo di acara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Acara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 digelar dengan festival seni budaya. Sejak siang, panggung sudah diisi oleh seniman tanah air mulai dari JKT 48, Young Lex, Wika Salim, d'Masiv, Saykoji dan lainnya. Kegiatan ini menggandeng Festival Director Pesta Pora, Kiki Ucup menjadi pengelola acara.

Menurut Dito, ini kali pertama peringatan Sumpah Pemuda digelar semi fiestival.

"Terima kasih kepada para jajaran Kemenpora yang tahun ini mau diajak bereksperimen dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. Mungkin ini baru pertama kali Hari Sumpah Pemuda kita laksanakan semi-semi festival," kata Dito dalam sambutannya.

3. Hanya simbol mudanya Kemenpora

Meriah! Puncak Acara Peringatan Sumpah Pemuda Digelar di MonasMenteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo di acara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Bagi Dito, puncak acara Sumpah Pemuda kali ini hanya menjadi simbol bahwa Kemenpora semakin muda. Dito juga menyampaikan keinginan Kemenpora untuk menjadi rumah bagi anak muda Indonesia.

"Ke depan Kemenpora makin muda, makin relevan dengan generasi muda, dan program-programnya akan menyentuh kehidupan-kehidupan anak muda agar ke depannya kita menjadi pemuda yang tanggung dan bisa adaptasi dengan visi Indonesia emas 2045," ujar Menpora.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Pemkot Tangerang Gelar Rupa-Rupa Festival

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya