Pemanjat Kembar Indonesia Tempur di China saat Lebaran

Siap hadapi tantangan baru di China

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan mengirim atlet ke IFSC Climbing World Cup yang akan digelar di Keqiao, China pada 8 hingga 10 April 2024. Mereka akan menerjunkan pemanjat kembar, Ravianto Ramadhan dan Raviandi Ramadhan, demi berlaga di event tersebut.

Ini akan jadi pengalaman baru bagi Ravianto dan Raviandi. Sebab, mereka baru pertama kali tampil hanya di nomor boulder.

"Bertepatan di hari kemenangan Idul Fitri, Si kembar @raviandiramadhan @ravianto_ atlet andalan Indonesia akan kembali mengarungi kompetisi internasional tepatnya di ajang IFSC Sport Climbing World Cup Keqiao, China, 8-10 April 2024 mendatang," tulis FPTI dalam unggahan di akun Instagram (@fpti_official).

1. Ajang uji coba jelang Kualifikasi Olimpiade

Pemanjat Kembar Indonesia Tempur di China saat LebaranRaviandi Ramadhan di final Asian Qualifier 2023 (dok.FPTI/Hendra Nurdiansyah)

Bagi Ravianto dan Raviandi, Piala Dunia di Keqiao menjadi uji coba jelang kualifikasi terakhir untuk berebut tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Mereka memang diagendakan untuk ikut dua turnamen yang masuk kualifikasi Olimpiade di Shanghai (16-19 Mei 2024) dan Budapest (20-23 Juni 2024).

"Ini ajang untuk try out untuk Olympic Qualifier nya itu sendiri," kata Raviandi saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: Desak Made dan Mimpinya Raih Emas Panjat Tebing di Olimpiade 2024

2. Ingin tembus semifinal di China

Pemanjat Kembar Indonesia Tempur di China saat LebaranRaviandi Ramadhan di Kualifikasi zona Asia (Asian Qualifier) IFSC 2023 (dok.FPTI/Hendra Nurdiansyah)

Ravianto dan Raviandi punya target tinggi meski baru pertama kali hanya main di nomor boulder saja. Mereka membidik untuk bisa menembus semifinal.

"Kalau untuk target pribadi ada. Targetnya masuk semifinal. Karena, untuk World Cup Boulder, kami baru pertama kali," ujar Raviandi.

3. Masih berjuang dengan biaya sendiri

Pemanjat Kembar Indonesia Tempur di China saat LebaranAtlet panjat tebing putra Indonesia, Ravianto Ramadhan dan Raviandi Ramadhan di Asian Qualifier 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ravianto dan Raviandi merupakan pemanjat non-Pelatnas Indonesia. Keduanya selalu berjuang membela Merah Putih dengan biaya sendiri dan itu berlanjut di IFSC World Cup nanti.

"Kalau untuk persiapan kali ini, memang tidak ada kendala. Walaupun untuk series World Cup ini masih biaya mandiri dan untuk Olympic Qualifier Series biayanya sudah dibantu pemerintah melalui FPTI," ujar Raviandi.

Karena tampil dengan biaya sendiri, keduanya hanya akan berangkat dengan tim yang terbatas. Hanya ada pendamping dari pihak sponsor keduanya.

"Hanya berangkat berdua dan didampingi sama salah satu pihak dari sponsor," kata Raviandi.

Baca Juga: Unjuk Gigi Raviandi Ramadhan di Asian Qualifier 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya