Pembalap Elite Siap Taklukkan 76 Indonesian Downhill 2023

Kompetisi memanas di Kudus

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan balap sepeda downhill yang diinisiasi oleh 76Rider bertajuk 76 Indonesian Downhill 2023 akan bergulir pada 30 September hingga 1 Oktober 2023 mendatang di Ternadi Bike Park, Kudus, Jawa Tengah. Lintasan dengan panjang 2,3 kilometer dan lebar 1,5 meter bakal menjadi lokasi adu cepat para downhiller elite Indonesia demi meraih gelar 76 Indonesian Downhill 2023. 

Perwakilan 76Rider, Agnes Wuisan mengatakan, ratusan downhiller bakal mencari poin maksimal untuk mengamankan posisi podium dari 10 kategori yang dipertandingkan, yakni Men Elite, Women Elite, Men Junior, Men Master A, Men Master B, Men Master C, Men Sport A, Men Sport B, Men Youth dan Women Youth.

1. Armosfer kompetisi sudah panas

Pembalap Elite Siap Taklukkan 76 Indonesian Downhill 2023Persiapan 76 Indonesia Downhill 2023 (dok. Istimewa)

Agnes memprediksi para downhiller akan mengerahkan performa terbaiknya demi berebut gelar juara mengingat ajang ini hanya berlangsung satu seri di 2023. Namun, hal itu justru jadi keuntungan karena atmosfer kompetisi akan memanas.

"Meski hanya satu seri, tapi atmosfer kompetisinya sudah terasa panas dan sengit. Apalagi, sejumlah downhiller papan atas sudah memastikan diri untuk ikut bersaing menaklukkan Ternadi Bike Park. Kami berharap kejuaraan ini semakin menambah kompetitif balap downhill nasional khususnya di Kudus dan sekitarnya," kata agnes.

Baca Juga: Persaingan Panas di Sesi Seeding Sun 76 Indonesia Downhill 2022

2. Alasan pilih Ternadi Bike Park

Pembalap Elite Siap Taklukkan 76 Indonesian Downhill 2023Persiapan 76 Indonesia Downhill 2023 (dok. Istimewa)

Bukan tanpa alasan Ternadi Bike Park dipilih menjadi lokasi balapan. Ternadi Bike Park dinilai menjadi track downhill bertaraf internasional dan merupakan yang terbaik di Indonesia.

Lintasan yang berada di kaki Gunung Muria ini terdaftar dalam Union Cycliste Internationale (UCI) di kategori C1. Artinya, sirkuit ini memiliki tingkat rintangan paling ekstrem, baik dari sisi elevasi (ketinggian) maupun segi lintasan yang akan dihadapi para downhiller.

Dengan sirkuit berlevel C1, siapapun yang meraih waktu tercepat di Ternadi Park nanti akan mendapat 40 poin di ranking UCI. Sementara, untuk waktu tercepat kedua mendapat 30 poin dan tercepat ketiga memperoleh 20 poin.

3. Persiapan sang juara bertahan

Pembalap Elite Siap Taklukkan 76 Indonesian Downhill 2023Persiapan 76 Indonesia Downhill 2023 (dok. Istimewa)

Juara 76 Indonesian Downhill 2022 Seri 2 di Kudus kategori Men Elite, Abdul Hakim, siap tempur demi mempertahankan gelar. Pembalap yang akrab disapa Jambol ini mengakui Ternadi Bike Park bukanlah lintasan yang mudah untuk ditaklukkan sehingga persiapan fisik serta strategi matang menurut dia wajib dilakukan untuk menjadi yang tercepat.

"Saya optimistis meraih hasil maksimal walaupun pasti persaingan di tahun ini lebih ketat, karena kesempatannya hanya satu seri saja," ujar Jambol yang bernaung di bawah tim 76Rider DH Squad.

4. Khoiful Mukhib bersiap untuk perang saudara

Pembalap Elite Siap Taklukkan 76 Indonesian Downhill 2023Persiapan 76 Indonesia Downhill 2023 (dok. Istimewa)

Rekan satu tim Jambol, Khoiful Mukhib juga siap tampil perkasa. Sebagai local boy, peraih emas Asian Games 2018 pada cabor balap sepeda downhill ini rutin menjajal lintasan di kaki Gunung Muria, untuk tahu betul seluk beluk dan kiat  mengatasi berbagai obstacle yang tersaji di Ternadi Bike Park.

Pertandingan ‘perang saudara’ dengan Abdul Hakim pada laga mendatang, diantisipasi dengan persiapan maksimal.

"Di 76 Indonesian Downhill 2022 Seri 2 kategori Men Elite, saya hanya selisih catatan waktu 0,4 detik dari Jambol. Bisa dibilang tahun ini saya siap balas dendam untuk melibas Jambol dengan torehan waktu secepat mungkin," tutur Mukhib. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Ternadi Bike Park, Trek Downhill Terbaik di Kudus

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya