Proliga 2024 Digelar di 9 Kota, Ada Aturan Baru!

Jangan sampai kelewatan Proliga 2024

Jakarta, IDN Times - Liga voli kasta pertama Indonesia, Proliga Bola Voli 2024 siap digelar. Pembukaan ajang bertajuk “PLN Mobile Prologa 2024” akan berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada 25 April 2024 mendatang.

Proliga 2024 akan digelar di sembilan kota, yakni Yogyakarta, Semarang, Palembang, Gresik, Bandung, Malang, Pontianak, Kediri dan Solo.

Hingga saat ini, final Proliga 2024 rencananya akan berlangsung di Yogyakarta pada 20-21 Juli 2024 mendatang. Namun, federasi masih mengupayakan agar partai final dapat berlangsung di Indonesia Arena, GBK, Jakarta.

1. Aturan baru yang diterapkan

Proliga 2024 Digelar di 9 Kota, Ada Aturan Baru!Konferensi pers Proliga 2024 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memberlakukan dua aturan baru di Proliga 2024. Video challenge yang biasanya berlaku sejak pertengahan turnamen dipastikan dapat dimanfaatkan dari babak pertama Proliga 2024 dimulai.

Selain itu, Proliga 2024 akan memberlakukan sistem teknikal time out di tiap pertandingan. Dua aspek ini dianggap jadi pembeda paling signifikan Proliga 2024 dengan edisi-edisi sebelumnya.

Baca Juga: Bey Harap Tim Voli BJB Tandamata Bisa Hattrick Raih Proliga 2024

2. Ada total 14 tim yang ikut bertanding

Proliga 2024 Digelar di 9 Kota, Ada Aturan Baru!Konferensi pers Proliga 2024 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tujuh tim putra dan tujuh tim putri akan berkompetisi di tahun ke-22 Proliga. Adapun tim putra yang bergabung adalah Jakarta LavAni Allobank, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, dan pendatang baru Jakarta Garuda Jaya.

Sementara tujuh tim putri yang akan bertanding adalah Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Elektrik PLN, dan pendatang baru Jakarta Livin Mandiri.

Tim Jakarta LavAni Allobank dan Bandung Bank bjb Tandamata akan bertanding dengan status juara bertahan putra dan juara bertahan putri.

3. Libatkan pemain asing kenamaan

Proliga 2024 Digelar di 9 Kota, Ada Aturan Baru!Giovanna Milana memperkuat Jakarta Pertamina Enduro di Proliga 2024 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kompetisi Proliga 2024 diprediksi akan berlangsung panas. Apalagi mayoritas dari klub yang berpartisipasi menggandeng pemain-pemain asing kenamaan bahkan pelatih asing untuk membantu skuadnya berebut titel juara.

“Apalagi, gelaran ini melibatkan pemain-pemain asing dari beberapa negara yang memiliki pemain bola voli ternama, tentunya akan menambah semaraknya kompetisi ini," kata Ketua Umum PP PBVSI, Imam Sudarjwo.

Baca Juga: Jelang Digelarnya Proliga 2024, Mandiri Umumkan Tim Voli Putri JLM

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya