Puja-puji Pelatih UEA untuk Indonesia Patriot di Test Event FIBA 2023

Jadi laga dengan pelajaran terpenting untuk timnas UEA

Jakarta, IDN Times - Pelatih timnas Basket Uni Emirat Arab (UEA), Mounir Ben Slimane, melontarkan pujian bagi tim Indonesia Patriot. Pujian dilontarkan setelah Timnas UEA memenangkan laga test event FIBA 2023 melawan Indonesia Patriot dengan skor 74-86 di Indonesia Arena pada Sabtu (5/8/2023) malam.

Mounir mengatakan, dari tiga laga yang dijalani dalam ajang ini, melawan Tim Indonesia Patriot memberi pelajaran paling berharga untuk Timnas UEA. Bukan perihal masalah teknis, masalah pemikiran di lapangan menjadi pelajaran yang paling dipetik dari pertemuan Timnas UEA dengan pasukan muda basket Indonesia.

1. Pertandingan paling bermakna untuk timnas UEA

Puja-puji Pelatih UEA untuk Indonesia Patriot di Test Event FIBA 2023Konfere si pers bersama pemain dan pelatih timnas Uni Emirat Arab usai jalani laga kontra Tim Indonesia Patriot di test event FIBA 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Mounir dan anak-anak asuhnya menjalani tiga laga dalam ajang test event FIBA 2023. Timnas UEA melawan timnas Suriah, timnas Indonesia, dan tim Indonesia Patriot.

Menurut Mounir, dari tiga laga yang dijalani, pertandingan melawan tim Indonesia Patriot jadi lafa yang memberi pelajaran paling berarti untuk timnas UEA.

"Dari tiga game yang kami jalani di turnamen ini, game hari ini lebih bermanfaat untuk kami bahwa mindset lebih penting di olahraga," kata Mounir dalam konferensi pers usai pertandingan.

Baca Juga: 3 Pemain Georgia di FIBA World Cup 2023 Yang Pernah Mencicipi NBA

2. Soal mindset tak anggap remeh lawan

Puja-puji Pelatih UEA untuk Indonesia Patriot di Test Event FIBA 2023Test Event FIBA 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Mounir menyadari tim Indonesia Patriot tampil lebih lepas dan tanpa beban. Laga yang semula disangka Mounir akan jadi laga mudah, malah menjadi laga tersulit yang mereka jalani.

"Kredit untuk Patriots, saya menyalahkan pemain kami terutama karena mindset mereka. Saat Anda berpikir game akan mudah untuk Anda, di situlah Anda sudah mendapatkan masalah. Ini pelajaran besar," kata Mounir.

3. Indonesia Patriot tanpa kemenangan

Puja-puji Pelatih UEA untuk Indonesia Patriot di Test Event FIBA 2023Indonesia Patriots lawan Suriah di tes event Piala Dunia Basket 2023. (Dok. IIBI)

Indonesia Patriots mencatatkan rekor buruk di test event Piala Dunia Basket 2023. Mereka kalah dalam tiga laga. Selain lawan UEA, Indonesia Patriots juga kalah dari Timnas basket Indonesia dan Suriah.

Menghadapi Suriah, Indonesia Patriots kalah 43-84. Sementara, ketika melawan Timnas basket, yang notabenenya para senior, Indonesia Patriots dibekap 56-82.

Namun performa para pemain dinilai sang pelatih mengalami peningkatan.

"Puji Tuhan, senang sekali melihat perkembangan anak-anak. Mereka lebih bertarung dibandingkan dua kuarter awal. Mereka lebih percaya diri dan berkembang dibandingkan sebelumnya," kata pelatih Patriots, Youbel Sondakh.

Baca Juga: Indonesia Patriots Kalah di 3 Laga Test Event Piala Dunia Basket

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya