Putri KW dan Fajar/Rian Kalah, Indonesia Tak Aman di BAMTC 2023

Masih ada harapan untuk skuad Garuda

Jakarta, IDN Times - Posisi skuad Indonesia di Kejuaraan Beregu Campuran (BAMTC) Asia 2023 sedang tidak aman. Jalani babak perempat final, skuad Garuda tengah tertinggal 1-2 melawan Korea Selatan di Dubai Exhibition Centre, Dubai pada Jumat (17/2/2023).

Mengantongi poin pertama dalam laga, Indonesia berbalik tertinggal setelah Putri Kusuma Wardani dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menaklukkan lawan.

Posisi ini jelas tak menguntungkan Indonesia. Sebab, di perempat final ini, Korea Selatan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk melaju ke semifinal BAMTC 2023.

1. Putri KW mengaku main terburu-buru

Putri KW dan Fajar/Rian Kalah, Indonesia Tak Aman di BAMTC 2023Putri Kusuma Wardani di Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 Dubai (dok. PP PBSI)

Tampil di partai kedua, Putri harus melawan tunggal putri Korea Selatan, Kim Ga Eun. Putri kalah lewat drama tiga game, dengan skor 17-21, 21-14, 12-21.

Kekalahan Putri memperpanjang napas tim Korea Selatan karena kedudukan berubah jadi imbang 1-1. Putri mengaku tak merasa tegang saat bermain. Namun, dia tak menampik main terburu-buru dan justru menguntungkan lawan.

"Saya bermain kurang tenang dan buru-buru saja mainnya. Saya ingin segera mematikan. Ternyata pola ini malah jadi bumerang," kata Putri.

Baca Juga: Line Up Indonesia Vs Korea Selatan di Kejuaraan Beregu Asia 2023

2. Fajar/Rian gagal kembalikan keadaan

Putri KW dan Fajar/Rian Kalah, Indonesia Tak Aman di BAMTC 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023 (dok. PP PBSI)

Di partai ketiga, ganda putra ranking satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto diturunkan. Skuad Indonesia jelas menaruh harapan besar pada Fajar/Rian untuk bisa membalik keadaan.

Tapi, harapannya tak sejalan dengan hasil akhirnya. Mereka malah keok dari ganda Korea Selatan, Kim Won Ho/Na Sung Seung, yang tampil tanpa beban.

"Setelah itu, kami banyak mati sendiri. Lawan juga bisa bangkit dan lebih berkembang permainannya," kata Fajar.

3. Hasil tiga partai pertama

Putri KW dan Fajar/Rian Kalah, Indonesia Tak Aman di BAMTC 2023Chico Aura Dwi Wardoyo di Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 Dubai (dok. PP PBSI)

Berikut hasil pertandingan tiga partai pertama Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023:

Indonesia vs Korea Selatan
Chico Aura Dwi Wardoyo vs Lee Yun Gyu
21-17, 21-16

Putri Kusuma Wardani vs Kim Ga Eun
17-21, 21-14, 12-21

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Kim Won Ho/Na Sung Seung
21-16, 13-21, 16-21

Saat berita ini dituliskan, ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tengah jalani laga kontra pasangan Baek Ha Na/Lee So Hee. Di game pertama, Apriyani/Fadia kalah 14-21.

Baca Juga: Line Up Indonesia Vs Korea Selatan di Kejuaraan Beregu Asia 2023

Baca Juga: 4 Negara yang Jadi Juara Grup Kejuaraan Beregu Asia 2023

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya