Comscore Tracker

Putus Dominiasi Marin, Tai Tzu Ying Juara BWF World Tour Finals 2020

Tai Tzu Ying putus kesempatan Hattrick Carolina Marin

Jakarta, IDN Times - Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying keluar sebagai juara BWF World Tour Finals 2020. Ia berhasil menaklukkan wakil Spanyol, Carolina Marin, Minggu (31/1/2021).

Tai Tzu Ying memenangkan laga lewat pertarungan rubber set dengan skor 14-21, 21-8, 21-19 dalam pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Pertemuan di babak final BWF World Tour Finals ini jadi pertemuan ketiga beruntun Marin dan Tai Tzu Ying dalam tiga pekan terakhir. Ini merupakan kemenangan pertama bagi Tai Tzu Ying, setelah sebelumnya kalah di dua final turnamen BWF terakhir yang digelar di Bangkok, Thailand.

1. Carolina Marin menang mudah di set pertama

Putus Dominiasi Marin, Tai Tzu Ying Juara BWF World Tour Finals 2020Tunggal putri Spanyol, Carolina Marin, di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Tak ada halangan berarti yang dihadapi Carolina Marin saat menjalani set pertama. Tak ada perlawanan yang bisa ditunjukkan Tai Tzu Ying di set ini. Ia dengan mudah melenggang hingga unggul 8-5.

Ia pun berhasil mengamankan interval set ini dengan skor 11-9.

Usai turun minum, Marin terus mempertebal keunggulan. Poin demi poin diraih untuk memperlebar jarak skor dengan Tai Tzu Ying. Ia pun mencapai game point lebih dulu setelah smash kerasnya tak mampu dikembalikan Tai Tzu Ying dengan sempurna.

Pukulan Tai Tzu Ying gagal memberikan poin. Walhasil, laga pun terhenti dengan skor 21-14 untuk Carolina Marin di set pertama ini.

Baca Juga: Kalah, Hendra/Ahsan Cuma Jadi Runner-up di BWF World Tour Finals 2020

2. Tai Tzu Ying samakan kedudukan di set kedua

Putus Dominiasi Marin, Tai Tzu Ying Juara BWF World Tour Finals 2020Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying, di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Tunggal putri peringkat satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying memegang kontrol penuh permainan di set kedua. Pukulan-pukulan kerasnya membuat Carolina Marin kesulitan. Ia pun unggul jauh dengan skor 9-2.

Dia kembali tancap gas dengan memperlebar jarak. Hasilnya, interval set kedua berhasil diamankan Tai Tzu Ying dengan skor 11-3.

Usai jeda, tak ada perlawanan berarti dari Marin yang menyusahkan Tai Tzu Ying. Kebanggan Taiwan itu terus unggul hingga game point 20-8.

Pada perebutan poin penentu, pukulan Marin di menit ke-16 malah tersangkut di net. Hal itu membuat Tai Tzu Ying mampu merebut set kedua dengan skot 21-8. 

Pertarungan melawan juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu pun berlanjut ke set penentu.

3. Tai Tzu Ying keluar jadi juara usai menang di set ketiga

Putus Dominiasi Marin, Tai Tzu Ying Juara BWF World Tour Finals 2020Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying, di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Pertandingan berlangsung ketat di set penentuan. Kekuatan Marin dan Tai Tzu Ying terbilang imbang di set ketiga ini.

Keduanya terus berkejaran poin mulai dari 8-8 hingga 10-10. Pukulan keras Tai Tzu Ying tersangkut karena tak menyebrangi net. Sehingga, Marin mengamankan interval set penentuan dengan skor unggul tipis 11-10.

Usai jeda interval, Marin terus menyerang pertahanan Tai Tzu Ying. Pukulan-pukulan ciamiknya membuatnya terus unggul hingga 15-10. Namun, Tai Tzu Ying bukan tanpa perlawanan. Ia juga berusaha mengejar ketertinggalan.

Hal itu perlahan membuahkan hasil. Beberapa kesalahan Marin bisa menguntungkan Tai Tzu Ying untuk mempertipis skor. Ia pun akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 19-19 setelah pukulan drop shot-nya tak mampu dikembalikan Marin.

Rali panjang sempat terjadi di waktu krusial. Tai Tzu Ying ternyata mampu mencapai match point dengan skor 20-19.

Pada pertarungan di poin penentu, pukulan Tai Tzu Ying jatuh di lapangan Marin bagian belakang. Walhasil, ia mampu mengunci kemenangan dengan skor 21-19 dan keluar sebagai juara di BWF World Tour Finals 2020.

Baca Juga: 9 Potret Manis Tai Tzu Ying, Atlet Bulu Tangkis Peringkat Satu Dunia

Topic:

Berita Terkini Lainnya