Rahasia Jonatan Christie Tak Terkalahkan di 16 Laga

Apa resepnya punya win rate 100 persen?

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Jonatan Christie menorehkan catatan istimewa. Dia tercatat belum pernah terkalahkan dalam 16 pertandingan terakhir sejak All England 2024.

Bahkan, Jonatan jadi satu-satunya wakil Indonesia yang mencatat rate kemenangan 100 persen saat ikut berlaga di Thomas Cup 2024 pekan lalu.

Namun demikian, skuad beregu putra Indonesia harus berpuas diri pulang dengan medali perak dari Thomas Cup 2024 usai kalah 1-3 melawan China di final.

Satu-satunya poin yang berhasil dicetak skuad Garuda dalam laga final disumbangkan Jonatan Christie.

1. Resep Jonatan raih unbeaten

Rahasia Jonatan Christie Tak Terkalahkan di 16 LagaTunggal putra Indonesia, Jonatan Christie (IDN Times/Margith Damanik)

Jonatan Christie mencapai puncak performa pada All England 2024 dengan meraih gelar juara. Dalam duel final, dia mengalahkan rekan se-pelatnas-nya, Anthony Sinisuka Ginting di final dengan skor 21-15, 21-14.

Setelahnya, Jonatan juga berhasil menyabet gelar Juara Asia 2024. Jonatan berhasil memetik lima kemenangan sepanjang All England 2024, lima kemenangan di Kejuaraan Asia 2024, dan enam kemenangan dalam pertandingan Thomas Cup 2024.

Jonatan membagikan kunci suksesnya menjadi tak terkalahkan di tiga turnamen terakhir. "Kuncinya berserah sama Tuhan. Sudah," kata Jonatan ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung pada Rabu (8/5/2024).

Baca Juga: Kalah di Final, Ricky Soebagdja Puji Tim Thomas Uber Indonesia

2. Buah usaha dan kerja keras

Bagi Jonatan, keberhasilannya mencatatkan 16 pertandingan tanpa kekalahan merupakan buah dari kerja keras. Sebab, dalam beberapa turnamen sebelum All England 2024, Jonatan kerap tumbang di laga-laga awal.

"Dari dulu ketika kita kalah ya latihannya lebih gila lagi, kalo kalah lagi ya jauh lebih gila lagi latihannya. Ya begitu terus memang dari dulu. Ya mungkin hasilnya baru dikasih sekarang ya bersyukur aja," kata Jonatan.

3. Apresiasi Jonatan untuk para pendukungnya

Rahasia Jonatan Christie Tak Terkalahkan di 16 LagaJonatan Christie di final Thomas Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Jonatan tercatat sudah bermain selama 852 menit tanpa kekalahan. Atas capaian epiknya, Jonatan mengutarakan apresiasnya pada para penggemar yang bersabar menunggu Jonatan bangkit dari keterpurukan.

"Bersyukur, berterima kasih juga buat temen-teman yang selalu ada ketika saya di bawah, itu jauh lebih berarti ketimbang mereka yang ada ketika saya di atas aja gitu lho. Dan apresiasi buat penggemar saya juga yang dari awal tahun sebenarnya (penampilan saya) gak bagus-bagus juga, kalah di babak pertama, babak kedua, jadi enggak mudah ngelewatin proses itu," kata Jonatan.

Baca Juga: Jonatan Christie Cs Mundur dari Thailand Open 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya