Rian Ardianto Berharap Ganda Putra Punya 2 Wakil di Olimpiade

Bagas/Fikri masih punya peluang

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto berharap kontingen tanah air mengirim dua wakil di sektornya dalam Olimpiade 2024 Paris mendatang.

Hal ini disampaikan Rian Ardianto setelah menjuarai All England 2024.

Fajar/Rian sendiri sudah mengamankan satu tempat di sektor ganda putra di Olimpiade 2024 Paris. Tiket itu mereka raih usai jadi juara di turnamen BWF Super 1000.

1. Ingin ada teman di Olimpiade

Rian Ardianto Berharap Ganda Putra Punya 2 Wakil di OlimpiadeGanda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses memepertahankan gelar juara di All England 2024 (dok. PP PBSI)

Hingga saat ini, hanya pasangan Fajar/Rian yang memastikan diri tampil di Olimpiade 2024 Paris. Mereka lolos karena berada di ranking tujuh race to Olympic 2024 per 26 Maret 2024 lalu.

Meski demikian, Rian Ardianto berharap dia dan Fajar bisa punya teman untuk berlaga mewakili Indonesia di Olimpiade mendatang.

"Ya pastinya pengennya ada temennya ya. Apalagi kalau misalkan sendiri tuh kayak bebannya terlalu berat banget," kata Rian Ardianto ditemui di Pelatnas PBSI pada Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: Target Fajar/Rian Ternyata Cuma Amankan Diri di All England

2. Belajar dari kegagalan Hendra/Ahsan

Rian Ardianto Berharap Ganda Putra Punya 2 Wakil di OlimpiadeHendra Setiawan/Mohammad Ahsan mundur dari Kejuaraan Asia 2024 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Rian mengaku belajar dari pengalaman seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro lalu, pasangan gaek itu menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia yang mampu menembus kualifikasi Olimpiade.

Kala itu, performa prima Hendra/Ahsan yang moncer, membuat ekspektasi mengembalikan tradisi emas Olimpiade dari cabang olahraga bulu tangkis terbebankan ke mereka. Namun, pasangan yang akrab disapa The Daddies itu tak mampu memenuhi tingginya ekspektasi tersebut.

"Kita juga melihat dulu ko Hendra (Setiawan) dan bang (Mohammad Ahsan) kan di 2016 mereka berangkat sendiri. Mungkin terlalu ekspektasinya ke mereka semua. Apalagi waktu itu kan mereka juga lagi bagus-bagusnya juga kan, jadi ekspektasinya terlalu tinggi dan cuman satu pasang, jadinya malah mungkin terlalu beban," kata Rian.

3. Bagas/Fikri masih punya harapan

Rian Ardianto Berharap Ganda Putra Punya 2 Wakil di OlimpiadeBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berlaga di All England 2024 (dok. PP PBSI)

Saat ini, Indonesia berpeluang mengirim satu lagi wakil ganda putra. Pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berpeluang lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Dalam klasemen race to Olympic 2024, Bagas/Fikri bersainga ketat dengan pasangan China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Pasangan Indonesia ini berada di peringkat kesembilan, sementara Liu/Ou berada di posisi kedelapan.

Sementara, berdasarkan aturan yang berlaku, tiap negara diizinkan mengirim maksimal dua wakil sektor ganda jika keduanya berada dalam daftar delapan besar Race to Olympic.

Baca Juga: Fajar/Rian Selektif Pilih Turnamen Jelang Olimpiade 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya