Rizki Juniansyah Tak Sangka Bisa Tembus Olimpiade 2024

Rizki sempat vakum latihan lima bulan

Jakarta, IDN Times - Lifter muda Indonesia, Rizki Juniansyah, secara mengejutkan berhasil mengunci tiket Olimpiade 2024 Paris. Rizki mengaku tak pernah menyangka bisa lolos mewakili Indonesia ke multi event paling bergengsi dunia tersebut.

Dalam IWF World Cup 2024, Phuket, Thailand, Kamis (4/4/2024), Rizki berhasil mematahkan prediksi banyak orang. Dia mengalahkan rekan sepelatnasnya yang lebih difavoritkan lolos, Rahmat Erwin Abdullah, untuk melaju ke Paris.

1. Sempat vakum lima bulan

Rizki Juniansyah Tak Sangka Bisa Tembus Olimpiade 2024Lifter muda Indonesia, Rizki Juniansyah (instagram.com/rjuniansyah_)

Rizki ternyata sempat vakum lima bulan dari latihan. Ini terjadi lantaran Rizki menjalani masa pemulihan pasca operasi usus buntu. Oleh sebab itu, Rizki tak menyangka bisa menembus Olimpiade kali ini.

"Alhamdulillah, tidak menyangka bisa sesenang ini. Semua karena kuasa Allah. Perjuangan di latihan dan setelah operasi usus buntu tidak latihan lima bulan bisa bertarung di sini, pecah rekor," kata Rizki dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Masih Ada 4 Turnamen Sisa Buat Fajar/Rian Jelang Olimpiade

2. Diminta untuk tidak terlena

Rizki Juniansyah Tak Sangka Bisa Tembus Olimpiade 2024Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari. (Dok. KOI).

Penampilan Rizki memang menuai sorotan. Dia juga mendulang pujian dari Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Dia menilai, persaingan yang ditunjukkan Rizki dan Rahmat Erwin membanggakan Indonesia.

Okto berpesan agar Rizki tak berpuas diri dan bisa ikut menyumbang hasil terbaik untuk Indonesia di Olimpiade 2024 mendatang.

"Selamat untuk Rizki sudah bisa menunjukkan kelasnya, jangan terlena dan peak performance dijaga sampai di Paris nanti," kata Okto.

3. Dibawa santai

Bukan jadi yang paling diunggulkan, Rizki punya modal sederhana memenangkan pertandingan kali ini. Dia merasa lebih lepas dan santai karena statusnya masih underdog.

"Saya mau lepas saja tadi, fokus tujuannya apa. Saya angkat juga dibawa happy saja. Apalagi, ini kan kualifikasi terakhir jadi habis-habisan,” kata Rizki.

Rizki tampil apik dan membukukan total angkatan 365 kilogram. Rizki unggul 10 kilogram atas Erwin yang harus puas dengan total angkatan 355 kilogram.

Rizki memiliki rincian angkatan snatch 164 kilogram dan clean and jerk 201 kilogram. Sementara, Erwin menorehkan catatan snatch 160 kilogram dan clean and jerk 195 kilogram.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Lifter Rizki Juniansyah Kunci Tiket Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya