Selandia Baru Mundur dari Thomas Cup, Digantikan Amerika Serikat

Badai COVID-19 menimpa skuad Thomas Selandia Baru

Jakarta, IDN Times - Skuad bulu tangkis beregu putra Selandia Baru menyatakan diri mundur dari ajang Thomas Cup 2022. Keputusan ini diambil lantaran banyak atlet yang terpapar COVID-19 jelang keberangkatan menuju turnamen yang digelar pada 8-15 Mei 2022 di Bangkok, Thailand.

Keputusan untuk mundur dari Thomas Cup diumumkan Asosiasi Bulu Tangkis Selandia Baru pada Rabu (4/5/2022). Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan tim Selandia Baru akan digantikan tim Amerika Serikat.

1. Skuad Selandia Baru mundur dari Thomas Cup

Selandia Baru Mundur dari Thomas Cup, Digantikan Amerika SerikatIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Badai COVID-19 menerpa skuad beregu putra Selandia Baru. Banyak pemain Selandia Baru dinyatakan positif COVID-19 usai mengikuti Kejuaraan Oseania 2022 beberapa waktu lalu.

"Hal ini membuat tim sangat terkuras, dan ada kemungkinan kasus positif bertambah setibanya kami di Thailand. Keputusan sulit untuk menarik tim kami telah dibuat," tulis Asosiasi Bulu Tangkis Selandia Baru di akun Instagramnya (@badmintonnewzealand).

Walhasil, Selandia Baru memutuskan untuk mundur dari Thomas Cup 2022.

Baca Juga: Lee Zii Jia Jadi Kapten, Ini Daftar Skuad Malaysia di Thomas Cup 2022

2. Selandia Baru digantikan Amerika Serikat

Selandia Baru Mundur dari Thomas Cup, Digantikan Amerika SerikatIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Selandia Baru resmi digantikan oleh Amerika Serikat di ajang Thomas Cup 2022.

"Tidak ada anggota asosiasi Oceania lainnya yang memenuhi kuota kontinental. Hong Kong dan Spanyol berada dalam list selanjutnya berdasarkan peringkat dunia namun mereka juga menolak (tampil). Tim Amerika Serikat mengonfirmasi mereka akan berpartisipasi," tulis BWF di laman resminya.

Amerika Serikat kini masuk dalam grup neraka di Grup D Thomas Cup 2022. Amerika Serikat akan berhadapan dengan raksasa-raksasa bulu tangkis seperti Jepang, Malaysia, dan Inggris.

3. Indonesia bertanding sebagai juara bertahan

Selandia Baru Mundur dari Thomas Cup, Digantikan Amerika SerikatMarcus Fernaldi Gideon unggah foto kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 (instagram.com/marcusfernaldig)

Sementara itu di skuad beregu putra Indonesia, PBSI menurunkan skuad terbaiknya. Meskipun skuad ini tak sempurna lantaran absennya Marcus Fernaldi Gideon yang masih dalam tahap pemulihan pasca operasi.

Bagi tim beregu putra, pertandingan Thomas Cup 2022 mendatang bukan sekadar jadi laga beregu biasa. Target mereka sudah jelas, mempertahankan gelar juara Thomas Cup 2020.

"Mereka persiapan baik. Karena kita mempertahankan (gelar juara), yang berangkat tim yang terkuat," kata Kabinpres PP PBSI, Rionny Mainaky ditemui di Pelatnas PBSI, Selasa (19/4/2022).

Berikut daftar atlet yang akan diturunkan di ajang Piala Thomas 2022:
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Shesar Hiren Rhustavito
4. Syabda Perkasa Belawa
5. Tegar Sulistio
6. Kevin Sanjaya Sukamuljo
7. Mohammad Ahsan
8. Hendra Setiawan
9. Fajar Alfian
10. Muhammad Rian Ardianto
11. Bagas Maulana
12. Muhammad Shohibul Fikri

Baca Juga: Thomas Doll Bawa Gerbong ke Persija, Siapa Saja?

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya