Siap-siap! BWF Gelar Turnamen Para Badminton di Solo

Ada hadiah uang tunai

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) bakal menggelar turnamen internasional bertajuk Indonesia Para Badminton International 2023 pada 5-10 September 2023 mendatang di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah.

Sebanyak 131 atlet dari 16 negara akan datang ke Indonesia untuk berlaga di turnamen . Indonesia Para Badminton International 2023 akan menggelar laga untuk grade dua level tiga dalam kalender resmi BWF lewat 22 nomor yang dipertandingkan mulai dari WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, dan SS 6.

1. Ada hadiah uang tunai

Siap-siap! BWF Gelar Turnamen Para Badminton di SoloKonferensi pers FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 (dok. istimewa)

Ratusan atlet dari 16 negara itu turun berlaga untuk berebut gelar juara dan total hadiah sebesar 10 ribu dolar Amerika Seriat atau sekitar Rp150 juta.

Dengan begitu, ajang yang digelar FOX ini menjadi satu-satunya turnamen para-badminton resmi BWF berhadiah uang tunai kepada para juaranya.

Pun, turnamen ini menjadi media bagi atlet mengumpulkan poin demi lolos ke Paralimpiade Paris pada 2024 mendatang.

Turnamen FOX's Indonesia Para Badminton International 2023 diikuti oleh Australia, India, Bangladesh, Indonesia, Iran, Kuwait, Kyrgyzstan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Timor Leste, dan Turki.

Baca Juga: Putri KW Tantang Akane Yamaguchi di China Open, Ini Harapan Pelatih

2. Turunkan atlet terbaik

Siap-siap! BWF Gelar Turnamen Para Badminton di SoloAtlet para-badminton di konferensi pers FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 (dok. istimewa)

NPC Indonesia menurukan atlet para-badminton terbaiknya di turnamen ini, termasuk peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila. Ini jadi kali pertama Ratri turun di FOX's Indonesia Para Badminton International. Tahun lalu, Ratri absen berlaga karena baru melahirkan.

Tak hanya Ratri, skuad Indonesia juga akan diperkuat oleh peraih perunggu Paralimpiade 2020 Tokyo, Suryo Nugroho. Pemain tunggal putra SU5 tersebut punya target besar di ajang ini.

"Target saya pribadi, di turnamen ini adalah bermain sebaik mungkin sehingga bisa meraih podium tertinggi karena itu juga berarti memudahkan jalan berlaga di Paris 2024 nanti. Saya sudah mempersiapkan berlaga di turnamen ini sejak awal tahun. Mohon doanya semoga saya bisa bermain bagus di hadapan para pecinta bulu tangkis Indonesia nanti," ujar Suryo.

3. Jadi media persiapan Paralimpiade

Siap-siap! BWF Gelar Turnamen Para Badminton di SoloKonferensi pers FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 (dok. istimewa)

FOX ingin turnamen ini menjadi momentum para atlet unjuk kemampuan dan mengasah potensi diri sehingga mampu meningkatkan prestasi di level internasional guna menyongsong hajatan olahraga disabilitas terbesar di dunia yakni Paralimpiade Paris 2024.

"Tahun ini kami mengusung tema yang sama dengan sebelumnya, yaitu Sparkle Your Energy. Kami yakin atlet para badminton dapat memberikan motivasi untuk kita. Kita tidak bisa lari dari kelemahan, namun mampu mengenali dan mengatasinya dengan memancarkan kilau prestasi," ujar Head of Corporate Affair PT Savoria Kreasi Rasa, Ryne Anggia Prawesti.

Penyelenggaraan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 juga tak lepas dari dukungan penuh Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, ingin para atlet mempertahankan gelar juara umum di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 nanti.

"Tahun ini, targetnya memang mempertahankan juara umum dan memperoleh tambahan poin race to Paris 2024. Walaupun peserta jauh lebih banyak dibanding tahun kemarin, kami optimistis bisa mencapai target tersebut," ujar Rima.

Baca Juga: Leani Ratri Oktilla Cetak Sejarah Baru

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya