Siap-siap, Menpora Buka Peluang Diaspora Bela Timnas di Level Dunia

Yakin tak kikis talenta lokal

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengungkapkan niatan pemerintah memberikan kesempatan bagi diaspora Indonesia untuk tampil bersama timnas di berbagai ajang olahraga level internasional. Termasuk pada ajang Asian Games dan juga Olimpiade mendatang.

Hal ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan prestasi skuad Merah-Putih di ajang-ajang besar. Menpora mengatakan, saat ini pendataan terhadap para Diaspora yang bertalenta tengah dikumpulkan.

1. Siapkan data base untuk lihat potensi diaspora

Siap-siap, Menpora Buka Peluang Diaspora Bela Timnas di Level DuniaMenteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Menpora Dito mengatakan, pihaknya kini tengah mempersiapkan pemusatan data dari diaspora Indonesia yang potensial memperkuat timnas Indonesia apapun cabang olahraganya.

Kepada IDN Times, Dito bercerita hingga saat ini sudah ada setidaknya 400an diaspora yang terdata.

"Semangat kita sekarang mau membuat sebuah data terpusat melihat potensi warga diaspora yang sudah berkiprah di luar negeri, cabor apa saja, kalau memang bisa dilakukan, saatnya untuk ikut membantu timnas di Olimpiade maupun Asian Games," ujar Dito ditemui IDN Times pada Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: PSSI dan Menpora Segera Duduk Bareng Bahas Piala Dunia U-17

2. Tidak akan kikis talenta lokal

Siap-siap, Menpora Buka Peluang Diaspora Bela Timnas di Level DuniaMenpora Dito Ariotedjo di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Memberi peluang kepada para diaspora Indonesia untuk masuk dalam skuad tim nasional, Dito yakin hal itu tidak akan mengikis peluang talenta lokal untuk dapat unjuk gigi.

Dito mengingatkan, diaspora yang akan diajak bergabung dengan timnas adalah mereka yang berstatus Warga Negara Indonesia dan dipastikan memiliki darah keturunan Indonesia.

"Tidak akan mengikis talenta lokal. Karena ini (diaspora) kan WNI juga. Half blood," ujar Dito.

3. Potensi diaspora Indonesia besar

Siap-siap, Menpora Buka Peluang Diaspora Bela Timnas di Level Duniailustrasi atlet renang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Tenaga Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan, mengatakan potensi diaspora Indonesia menjadi aspek yang belum tergali secara maksimal.

"Diaspora, atau orang Indonesia atau keturunan Indonesia di luar negeri, dipandang sebagai potensi yang masih belum optimal digali. Padahal, banyak dari mereka sudah dan siap kontribusi untuk ibu pertiwi," ujar Hamdan dalam akun Instagram pribadinya pada Mei 2023 lalu.

Padahal, menurut Hamdan populasi diaspora Indonesia di luar negeri cukup banyak. Sebagian dari mereka bahkan diketahui berprofesi sebagai atlet olahraga.

Baca Juga: Potensi Atlet Diaspora Indonesia Belum Tergali Maksimal

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Afrika Utara Non-Diaspora, Mulai Karier di Negara Asal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya