Comscore Tracker

Tanpa Apriyani, Fadia/Ribka Andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

Fadia/Ribka jadi satu-satunya wakil ganda putri Indonesia

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva berpisah sementara dengan Apriyani Rahayu di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Fadia akan berlaga bersama pasangan lamanya, Ribka Sugiarto di ajang bergengsi tersebut.

Fadia/Ribka pun dipastikan menjadi satu-satunya wakil ganda putri Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 yang berlangsung di Tokyo pada 22-28 Agustus 2022 mendatang.

1. Fadia/Ribka ditargetkan tembus semifinal

Tanpa Apriyani, Fadia/Ribka Andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dalam Mola TV PBSI Home Tournament (Dok. IDN Times/PBSI)

Lama tak lagi main sebagai pasangan, PBSI tak khawatir kembali memainkan Fadia/Ribka di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Keduanya bahkan ditargetkan bisa menembus babak semifinal.

"Kalau untuk ganda putri sepertinya tidak mungkin ditarget juara, mungkin kita harapkan masuk semifinal," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky ditemui di Pelatnas PBSI, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: WD Andalan Indonesia, 10 Adu Gaya Greys/Apri dan Siti Fadia/Ribka

2. Wakil tunggal sektor ganda putri Indonesia

Tanpa Apriyani, Fadia/Ribka Andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dalam Simulasi Piala Uber 2020 (Dok.IDN Times/PBSI)

Berdasarkan daftar BWF, Fadia/Ribka jadi satu-satunya wakil ganda putri Indonesia yang lolos kualifikasi bertanding di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Sebenarnya ada juga nama lain yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Namun pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut dipastikan tidak akan ikut serta dalam ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

"Di ganda putri hanya Fadia/Ribka. Karena Greysia sudah pensiun," kata Rionny.

3. Pisah sementara dengan Apriyani Rahayu

Tanpa Apriyani, Fadia/Ribka Andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juara di Singapore Open 2022 (dok. PP PBSI)

Sejak SEA Games 2021 yang berlangsung pada Mei 2022 lalu, Fadia resmi berpasangan dengan Apriyani Rahayu. Baru jalani duet dua bulan, Apriyani/Fadia berhasil tampil apik. Mereka bahkan menjalani enam kejuaraan dengan baik.

Dari enam turnamen, Apriyani/Fadia sudah mengantongi medali emas SEA Games, dua gelar juara (Malaysia Open 2022, Singapore Open 2022), satu gelar runner-up (Indonesia Masters 2022), dan dua babak semifinal.

Namun demikian, Fadia sementara waktu harus dipisahkan dengan Apriani Rahayu untuk mentas di ajang ini. Hal itu pun tak jadi soal bagi  bagi Fadia yang tampil dengan pasangan lamanya di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 nanti. 

"Pemain sudah komitmen, tidak ada masalah," kata Rionny.

Baca Juga: Apriyani/Fadia Diprediksi Tembus Ranking 42 Dunia?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya