Tim Dayung Indonesia Incar Tiket Olimpiade 2024 Paris

Masih punya tiga turnamen kualifikasi lainnya

Jakarta, IDN Times - Tim dayung Indonesia mengincar tiket untuk tampil di panggung Olimpiade 2024 Paris. Masih ada tiga ajang kualifikasi yang bisa diikuti tim dayung Indonesia dari dua nomor, yakni rawing dan canoeing.

Guna menunjang persiapan kualifikasi Olimpiade, Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) menerima bantuan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp13,9 miliar. PODSI jadi federasi cabang olahraga penerima dan bantuan dengan nominal paling banyak.

Baca Juga: Kemenpora Kucurkan Dana Rp81,3 Miliar untuk Kualifikasi Olimpiade

1. Target loloskan sebanyak-banyaknya atlet ke olimpiade

Tim Dayung Indonesia Incar Tiket Olimpiade 2024 ParisSekretaris Jendral Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Edy Suyono (iDN Times/Margith Juita Damanik)

Tim dayung Indonesia punya target bisa mengirimkan wakil sebanyak-banyaknya untuk berlaga di Olimpiade 2024 Paris.

Tim rowing Indonesia akan mengikuti ajang kualifikasi di Chungju, Korea Selatan pada 19-21 April 2024 dan kualifikasi di Swiss pada Mei 2024 mendatang.

Sementara, tim kano Indonesia akan menjalani kualifikasi di Tokyo, Jepang pada 16-28 April 2024.

"Kalau untuk target olimpiade, kita memang belum sampai ke level (meraih) medali. Fokusnya meloloskan dulu sebanyak mungkin atlet," ujar Sekjen PB PODSI, Edy Suyono ditemui di gedung Kemenpora pada Kamis (29/2/2024).

Baca Juga: Apriyani/Fadia Gak Kejar Status Unggulan di Olimpiade 2024

2. Punya 23 atlet yang disiapkan untuk olimpiade

Tim Dayung Indonesia Incar Tiket Olimpiade 2024 ParisTim dayung Indonesia di Asian Games 2022. (Dok. NOC Indonesia)

Saat ini, tim dayung Indonesia punya total 23 atlet yang difokuskan untuk mengejar tiket Olimpiade 2024 Paris. Seluruhnya dari nomor rowing dan kano.

"Kalau untuk olimpiade, canoeing kita persiapkan 8 orang, semuanya putri. Rowing kita persiapkan 15 orang. Putrinya ada empat," ujar Edy.

3. Tim dayung belum punya wakil di olimpiade

Tim Dayung Indonesia Incar Tiket Olimpiade 2024 ParisGanda putri dayung Indonesia, Melani Putri/Mutaira Rahma Putri (Instragram.com/mutia.rp)

Tim dayung Indonesia belum punya satu wakil pun untuk berlaga di Olimpiade 2024 Paris. PB PODSI berharap, tim Indonesia bisa menempati peringkat dua terbaik pada tiap nomor yang diturunkan agar bisa mengantongi tiket ke olimpiade.

Bicara soal peluang untuk lolos Olimpiade, tim dayung Indonesia mengaku persaingan sangat ketat.

"Untuk neagra Asia, (saingan berat) ada China, Iran, Korea Selatan, Uzbekistan. Negara-negara Asia Timur itu sangat-sangat kuat semua. Ada Jepang juga yang nanti jadi tuan rumah (kualifikasi). Makanya ramai (ketat)," ujar Edy.

Pada Olimpiade 2020 Tokyo lalu, dayung meloloskan dua wakil ke ajang empat tahunan tersebut. Yakni, Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri.

Baca Juga: Tim Indonesia Jajal Lokasi TC Olimpiade di Prancis

Baca Juga: Asian Games 2022: Tim Dayung ke Final, Voli Pantai Menang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya