Tim Karate Indonesia Bidik 5 Emas dari SEA Games 2021

Indonesia optimis borong emas dari SEA Games 2021

Jakarta, IDN Times - Tim karate Indonesia yakin bisa membawa pulang lima medali emas dari SEA Games 2021, Hanoi, yang digelar 12 hingga 23 Mei 2022 mendatang. Bermodalkan 19 karateka, tim Indonesia diklaim sudah siap tempur.

Pelatih timnas Karate Indonesia, Idris Taher Gusti, menegaskan persiapan timnas secara keseluruhan sudah mencapai 90 persen.

"Untuk saat ini sudah 90 persen persiapan sudah oke," ujar Idris ditemui pada sela latihan timnas Karate Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Tutup Time Trial Jelang SEA Games, Timnas Renang Catat Progres

1. Turnamen di Kamboja jadi tolak ukur

Tim Karate Indonesia Bidik 5 Emas dari SEA Games 2021Kepala pelatih timnas Karate Indonesia, Idris Taher Gusti (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Target ini diyakini bisa tercapai setelah Tim karate Indonesia sempat berlaga di Kejuaraan Asia Tenggara, SEAKF, di Kamboja, 21 hingga 28 Maret 2022 lalu. Dalam turnamen itu, Indonesia sukses menyabet lima emas, tiga perak, dan enam perunggu.

Lima emas lahir dari nomor Kata perorangan putra dan putri, Kumite -75 kilogram putra, Kumite +68 putri, dan Kumite beregu putri.

"Kami sudah menghadapi lawan kuat dari Vietnam dan Malaysia di Kamboja. Saat itu, kami berada di urutan kedua dengan raihan lima emas. Insya Allah, di Vietnam nanti kami pertahankan itu," ujar Idris.

2. Punya 19 karateka dalam satu skuad

Tim Karate Indonesia Bidik 5 Emas dari SEA Games 2021Timnas Karate Indonesia bersiap untuk SEA Games 2021 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Demi meraih target tersebut, Indonesia diperkuat 19 karateka dari berbagai nomor. Setidaknya, mereka akan turun di 15 kelas dari seluruh nomor.

Bahkan, dengan kekuatan seperti itu, Tim karate Indonesia yakin bisa melebihi target tiga emas yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Sebab, kami lihat dan ukur kekuatan di Kamboja, siap buat hadapi Vietnam serta Malaysia," ujar Idris.

3. Vietnam dan Malaysia memang pesaing tangguh

Tim Karate Indonesia Bidik 5 Emas dari SEA Games 2021Timnas Karate Indonesia bersiap untuk SEA Games 2021 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Vietnam dan Malaysia, disebut Idris, memang menjadi pesaing terkuat Indonesia di SEA Games 2021. Dari berbagai ajang, keduanya memang kerap merepotkan Indonesia.

Namun, Idris percaya diri Indonesia bisa mengatasi tekanan dua negara tersebut. Sebab, dalam beberapa kesempatan, Pasukan Garuda sudah membuktikan kekuatannya.

"Dua kali uji coba yang kami lakukan pada Desember 2021 di Almaty, Indonesia termasuk kuat. Kami persis berada di bawah Jepang dan Iran," ujar Idris.

Baca Juga: Edgar Jadi Andalan Tim Wushu Indonesia di SEA Games 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya