7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi Degradasi

Tidak mampu bertahan lama di Premier League

Sheffield United harus kembali bermain di Championship pada 2024/2025 setelah terbenam di dasar klasemen English Premier League 2023/2024. Kepastian tersebut diperoleh usai kalah menyakitkan dari Newcastle United pada pekan ke-35.

Dalam 1 dekade terakhir, Sheffield United hanya 3 musim bertahan di Premier League, yakni pada 2019/2020, 2020/2021, dan 2023/2024. Pada musim ini, dari 36 laga, The Blades meraih 3 kemenangan, 7 imbang, dan 26 kekalahan.

Dari 36 laga tersebut, 7 di antaranya merupakan laga dengan kekalahan terbesar yang diperoleh dari tim-tim lain. Berikut adalah tujuh kekalahan besar Sheffield United di Premier League 2023/2024.

1. Sheffield United menjadi lumbung gol Newcastle United

7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi DegradasiDuel udara antara pemain Newcastle United dengan Sheffield United. (instagram.com/elliotandersonn)

Setelah menelan lima kekalahan beruntun, Sheffield United kembali mendapat hasil buruk usai kalah dari Newcastle United pada pekan ke-6 Premier League 2023/2024. Bermain di Bramall Lane, The Blades kalah dengan skor 0-8 dari The Magpies. Kekalahan tersebut menjadi yang terbesar bagi Sheffield United musim ini.

Menariknya, semua gol dicetak oleh delapan pemain yang berbeda. Mereka adalah Sean Longstaff, Dan Burn, Sven Botman, Callum Wilson, Anthony Gordon, Miguel Almiron, Bruno Guimaraes, dan Alexander Isak. Meski tidak ikut mencetak gol, Kieran Trippier terpilih sebagai Man of the Match karena memberi tiga assist.

2. Eddie Nketiah mencetak hattrick ke gawang Sheffield United

7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi DegradasiEddie Nketiah mencetak hattrick di Emirates Stadium. (instagram.com/eddienketiah)

Sheffield United kembali menerima hasil pahit setelah takluk dari anak asuh Mikel Arteta pada pekan ke-10 Premier League. Pertandingan yang digelar di Emirates Stadium berakhir 5-0 untuk kemenangan Arsenal. Bagi Sheffield United, kekalahan tersebut menjadi yang ke-9 dari 10 pertandingan pada awal musim.

Lima gol Arsenal dicetak oleh Eddie Nketiah, Fabio Vieira, dan Takehiro Tomiyasu. Nketiah keluar sebagai bintang pada pertandingan tersebut karena mencetak tiga gol. Bagi The Gunners, kemenangan besar atas Sheffield United menjadi yang kedua setelah sebelumnya sukses melumat AFC Bournemouth empat gol tanpa balas.

3. Kalah memalukan dari Burnley yang juga baru promosi ke Premier League

7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi DegradasiJay Rodriguez berhadapan dengan pemain Sheffield United. (instagram.com/jayrodriguez_9)

Kekalahan dari Arsenal menjadi pelecut bagi pasukan Paul Heckingbottom untuk meraih kemenangan atas Wolverhampton Wanderers pada pertandingan selanjutnya. Namun, 3 pekan setelahnya, yakni pada pekan ke-14, Sheffield United kembali menjadi bulan-bulanan tim lain. Bertandang ke Turf Moor, The Blades harus menyerah 0-5 dari The Clarets.

Kemenangan atas Sheffield United menjadi yang terbesar Burnley di Premier League musim ini. Kelima gol dicetak oleh lima pemain yang berbeda, yakni Jay Rodriguez, Jacob Bruun Larsen, Zeki Amdouni, Luca Koleosho, dan Josh Brownhill. Sorotan tertuju pada Zeki Amdouni karena mencetak 1 gol dan 1 assist.

Baca Juga: Salah Kesal dengan Klopp saat Liverpool Gilas Sheffield

4. Babak belur setelah dihajar Aston Villa

7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi DegradasiOllie Watkins dan Matty Cash. (instagram.com/olliewatkins)

Rangkaian kekalahan yang diterima Sheffield United membuat Paul Heckingbottom harus meninggalkan kursi kepelatihan. Namun, meski sudah menunjuk Chris Wilder sebagai pengganti, Sheffield United tidak kunjung meraih hasil positif. Pada pekan ke-23 Premier League, The Blades takluk 0-5 dari Aston Villa di Bramall Lane.

Ollie Watkins yang sedang bersinar bersama Aston Villa, mencetak 1 gol dan 2 assist pada pertandingan tersebut. Empat gol lainnya disumbangkan oleh John McGinn, Leon Bailey, Youri Tielemans, dan Alex Moreno. Bagi Chris Wilder, kekalahan tersebut menjadi yang ke-6 dari 9 pertandingan awal melatih Sheffield United.

5. Makin terpuruk karena Brighton and Hove Albion

7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi DegradasiDanny Welbeck usai mencetak gol gawang Sheffield United. (instagram.com/dannywelbeck)

Berhasil menahan imbang di pertemuan pertama, Sheffield United justru takluk saat menjamu Brighton pada pekan ke-25 Premier League. Oliver McBurnie dan kawan-kawan kalah 0-5 saat bermain di Bramall Lane. Kekalahan tersebut membuat Sheffield United kemasukan 10 gol dari 2 pertandingan beruntun di kandang.

Kelima gol pada pertandingan tersebut ditorehkan oleh Facundo Buonanotte, Danny Welbeck, dan Simon Adingra. Satu gol lainnya merupakan hasil bunuh diri dari Jack Robinson. Meski hanya menyumbang satu assist, Pascal Gross terpilih sebagai pemain terbaik pada pertandingan tersebut.

6. Arsenal selalu menjadi momok bagi Sheffield United

7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi DegradasiPara pemain Arsenal berkumpul usai mencetak gol. (instagram.com/odegaard.98)

Tidak cukup setelah berhasil menang telak di Emirates Stadium, Arsenal kembali mengalahkan Sheffield United pada pekan ke-27 Premier League. Bertandang ke Bramall Lane, The Gunners mencukur habis The Blades enam gol tanpa balas. Itu menjadi kekalahan kandang yang kesepuluh bagi Sheffield United musim ini.

Keenam gol Arsenal disumbangkan oleh Martin Odegaard, Gabriel Martinelli, Kai Havertz, Declan Rice, dan Ben White. Satu gol lainnya dicatatkan oleh Jayden Bogle, pemain Sheffield United lewat gol bunuh diri. Skor tersebut menjadi kemenangan terbesar Arsenal di Premier League musim ini.

7. Kembali harus menyerah dari Newcastle United

7 Kekalahan Besar Sheffield United di EPL 2023/2024, Resmi DegradasiNewcastle United melawan Sheffield United di St. James' Park. (twitter.com/elljanderson)

Bertandang ke St James’ Park, Sheffield United kembali harus mengakui keganasan Newcastle United pada pekan ke-35 Premier League. Bermain dengan skuad yang tidak jauh berbeda dari pertemuan pertama, Sheffield United kalah 1-5. Kekalahan tersebut membuat mereka terdegradasi dari Premier League musim ini.

Tiga pemain andalan The Magpies, yakni Alexander Isak, Bruno Guimaraes, dan Callum Wilson kembali merobek gawang Wes Foderingham. Berkat dua golnya pada pertandingan tersebut, Alexander Isak masuk empat besar pencetak gol terbanyak Premier League musim ini. Sementara, gol tunggal Sheffield United dicetak oleh Anel Ahmedhodzic.

Sheffied United menjadi tim pertama Premier League 2023/2024 yang terdegradasi ke Championship musim depan. Meski sudah berganti pelatih, The Blades tidak menunjukkan penampilan terbaiknya. Akankah mereka hanya butuh 1 musim untuk kembali ke Premier League seperti Leicester City?

Baca Juga: 5 Pemain Depan Sheffield United pada 2023/2024, Terancam Degradasi

Moh Ikhsani Photo Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya