5 Tim Tertua di Kompetisi NBA, Ternyata Bukan LA Lakers!

Tim-tim basket yang awali kiprah format NBA

NBA merupakan salah satu kompetisi olahraga terbesar dan terpopuler di Negeri Paman Sam. Tidak hanya tersohor di Amerika Serikat, popul;aritas NBA juga tersebar hingga ke seluruh dunia. Sehingga, tak mengherankan jika hampir seluruh penggemar bola basket memiliki tim jagoannya di NBA.

Tim-tim besar, berprestasi, dan bertitel legendaris jelas menjadi tim yang banyak diidolai oleh para penggemar. Namun, tahukah kamu tim aktif mana sajakah yang menjadi tim NBA tertua hingga saat ini? Untukmu yang penasaran, yuk, langsung aja simak ulasannya berikut ini! 

1. Sacramento Kings

5 Tim Tertua di Kompetisi NBA, Ternyata Bukan LA Lakers!Sacramento Kings (ca.nba.com)

Tim aktif NBA tertua saat ini ialah Sacramento Kings. Tim yang berasal dari wilayah California ini tercatat berdiri pada tahun 1923 dengan nama Ronchester Seagrams. Umur tim ini justru lebih tua ketimbang kompetisi NBA itu sendiri.

Total, sudah delapan kali Sacramento Kings berganti nama sekaligus markas, sebelum akhirnya pada tahun 1985 mereka konsisten dengan nama Sacramento Kings. Namun, untuk urusan gelar juara, Sacramento Kings bisa disebut kurang beruntung. Pasalnya, sejak mengikuti NBA di tahun 1948, mereka belum pernah sekalipun merengkuh gelar juara.

2. Detroit Pistons

5 Tim Tertua di Kompetisi NBA, Ternyata Bukan LA Lakers!nba.com

Sebagai tim tertua nomor dua di NBA, prestasi Detroit Pistons justru lebih baik dari Sacramento Kings. Sejak mengikuti kompetisi NBA pada tahun 1948, Detroit Pistons telah berhasil menjadi juara sebanyak 3 kali, yakni pada tahun 1989, 1990, dan 2004.

Detroit Pistons pertama kali bermarkas di Fort Wayne, Indiana, pada tahun 1937 dengan nama Fort Wayne Zollner Pistons. Hingga saat ini, Pistons tercatat baru menggunakan tiga nama saja. Penggunaan Detroit Pistons baru digunakan sejak tahun 1957 dan bertahan hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

3. Boston Celtics

5 Tim Tertua di Kompetisi NBA, Ternyata Bukan LA Lakers!Jayson Tatum (nba.com)

Dalam sejarah NBA, Boston Celtics merupakan tim tersukses di NBA bersama dengan Los Angeles Lakers. Sejak mengikuti musim pertama NBA tahun 1946, Boston Celtics telah sukses merengkuh 17 gelar juara. Boston Celtics juga menjadi salah satu tim tertua yang belum pernah berganti nama.

Tim asal negara bagian Masschussetts ini didirkan pada tahun 1946 di wilayah mayoritas penduduk imigran asal Irlandia. Hal tersebutlah yang menjadi alasan Boston memilih nama panjang Celtics sebagai nama franchise-nya.

4. New York Knicks

5 Tim Tertua di Kompetisi NBA, Ternyata Bukan LA Lakers!Patrick Ewing (chicagocrusader.com)

Sejak lama wilayah New York telah menjadi pusat populasi dan ekonomi Amerika Serikat. Hal inilah yang menjadi alasan New York Knicks berdiri di wilayah ini. New York Knicks juga tidak pernah mengganti namanya sejak beridiri tahun 1946.

Sama seperti Boston Celtics, New York Knicks juga ikut serta di NBA sejak kompetisi ini didirikan. Sejauh ini, New York Knicks sukses merengkuh dua kali juara NBA dari empat kali kesempatan bertanding di babak final.

5. Golden State Warriors

5 Tim Tertua di Kompetisi NBA, Ternyata Bukan LA Lakers!Klay Thompson (warriorswire.usatoday.com)

Sama seperti Boston Celtics dan New York Knicks, Golden State Warriors juga pertama kali didirikan pada tahun 1946. Namun, pada tahun tersebut mereka belum bermarkas di San Fransisco, California, melainkan masih bermarkas di Kota Philadelphia.

Golden State Warriors tercatat pernah menggunakan tiga nama yang berbeda, yakni Philadelphia Warriors, San Fransisco Warriors, dan Golden State Warriors yang mereka gunakan sejak tahun 1971 hingga sekarang.

Untuk urusan prestasi Warriors juga bisa dikatakan sangat baik, khususnya dalam beberapa tahun terakhir. Warriors tercatat telah menangi gelar juara NBA sebanyak enam kali.

Selain kelima nama tersebut, nama-nama tim seperti Philadelphia 76ers, Los Angeles Lakers, Washington Wizards, hingga Atlanta Hawks juga tergolong sebagai tim tertua di NBA. Dari sederet nama tim basket NBA tersebut, adakah tim favoritmu?

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya