7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007

Hanya Al Horford dan Joakim Noah yang setara

Status legenda yang didapat Marc Gasol di Memphis Grizzlies semakin lengkap. Pasalnya, Memphis Grizzlies memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung 33 yang pernah dipakai Gasol. Momen tersebut terjadi pada Minggu (7/4/2024).

Gasol sendiri merupakan salah satu pemain bintang yang didapat dari sebuah steal draft. Pemain asal Spanyol ini terpilih di urutan ke-48 pada NBA Draft 2007. Urutan tersebut jelas tak mencerminkan Gasol sebagai seorang pemain hebat.

Namun, Gasol mampu membalikkan keadaan dan berhasil tampil lebih hebat dari beberapa center yang terpilih sebelum dirinya pada NBA Draft 2007. Sebelum dirinya, ada tujuh center yang terpilih pada NBA Draft 2007. Siapa sajakah mereka dan seperti apa kiprahnya?

1. Karier Greg Oden (1) hancur akibat cedera

7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007Greg Oden (nba.com)

Greg Oden adalah potensi besar yang gagal tersalurkan di NBA. Pada NBA Draft 2007, Oden terpilih di urutan pertama, namun kariernya gagal bersinar. Hal ini terjadi karena Oden mengalami rentetan cedera lutut. Alhasil, Oden hanya bisa bertahan selama 3 musim dengan mencatat 105 laga di NBA.

2. Al Horford (3) memiliki reputasi sebagai center berkualitas

7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007Al Horford (nba.com)

Al Horford menjadi satu-satunya nama dalam daftar ini yang masih aktif bermain. Pemain asal Republik Dominika ini memiliki reputasi sebagai center berkualitas. Ia merupakan pemain bintang yang telah terbukti kehebatannya bersama Atlanta Hawks, Boston Celtics, Philadelphia 76ers, dan Oklahoma City Thunder. Pada 2023/2024 ini, pemain yang terpilih di urutan ketiga pada NBA Draft 2007 ini bermain untuk Boston Celtics.

3. Joakim Noah (9) dikenal sebagai defender elit NBA

7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007Joakim Noah (nba.com)

Tak jauh berbeda dengan Marc Gasol, Joakim Noah juga dikenal sebagai salah satu defender elite di NBA. Penghargaan NBA Defensive Player of the Year (2014) dan tiga kali jadi bagian dari All NBA Defensive Team menjadi bukti kehebatan pemain yang terpilih di urutan kesembilan pada NBA Draft 2007 ini. Meski kuat dalam bertahan, Noah tak begitu hebat dalam mencetak angka. Itulah yang membedakan Noah dan Gasol di NBA.

Baca Juga: Pau Gasol Datang di NBA Sebagai Pemain, Pergi Sebagai Legenda Lakers 

4. Spencer Hawes (10) adalah seorang journeyman

7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007Spencer Hawes (nba.com)

Dipilih oleh Sacramento Kings di urutan kesepuluh NBA Draft 2007, Spencer Hawes dikenal sebagai seorang journeyman di NBA. Selama 8 tahun berkarier, Hawes pernah membela 6 tim berbeda. Sacramento Kings, Philadelphia 76ers, Los Angeles Clippers, Cleveland Cavaliers, Charlotte Hornets, dan Milwaukee Bucks menjadi deretan tim yang pernah Hawes bela. Meski tampil baik di NBA, Hawes tak pernah mencapai level pemain bintang.

5. Tiago Splitter (28) sempat tampil gemilang di San Antonio Spurs

7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007Tiago Splitter (nba.com)

Tiago Splitter memiliki reputasi tak jauh berbeda dengan Spencer Hawes. Pemain asal Brasil yang terpilih di urutan ke-28 pada NBA Draft 2007 ini hanya tercatat tampil gemilang kala bermain untuk San Antonio Spurs (2010--2015). Kala itu, Splitter sukses menjadi center utama di tengah deretan pemain bintang, seperti Tim Duncan, Kawhi Leonard, Tony Parker, dan Manu Ginobili. Splitter juga pernah meraih gelar juara NBA pada 2014 bersama Spurs.

6. Kyrylo Fesenko (38) hanya bertahan selama 4 musim

7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007Kyrylo Fesenko (kanan) (nba.com)

Nama selanjutnya ialah Kyrylo Fesenko, pemain yang terpilih di urutan ke-38 pada NBA Draft 2007. Pemain asal Ukraina ini tak memiliki umur yang panjang di NBA. Pasalnya, ia hanya bertahan selama 4 musim bersama Utah Jazz (2007--2011) dan Indiana Pacers (2012). Pendeknya karier Fesenko di NBA disebabkan oleh permainannya yang kurang memuaskan.

7. Stanko Barac (39) tak pernah bermain di NBA

7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007Adam Silver dan Stanko Barac (nba.com)

Stanko Barac menjadi satu-satunya pemain yang tak pernah bermain di NBA dalam daftar ini. Center asal Kroasia ini terpilih di urutan ke-39 pada NBA Draft 2007 oleh Miami Heat. Akan tetapi, tak ada satu pun klub yang memberikannya kontrak di NBA hingga ia pensiun pada 2016. Karier Barac sepenuhnya berjalan bersama tim-tim dari EuroLeague.

Al Horford dan Joakim Noah menjadi dua nama yang memiliki karier setara dengan Marc Gasol di NBA. Keduanya merupakan seorang pemain bintang dan punya reputasi baik sebagai seorang defender, persis seperti Gasol. Namun, Gasol memiliki keunggulan karena nomornya telah dipensiunkan oleh salah satu tim NBA.

Baca Juga: Kiprah Marc Gasol yang Buat Memphis Grizzlies Pensiunkan Nomor 33

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya