Juara Bertahan EuroBasket Tumbang, Prancis Menangi Duel Bersejarah

EuroBasket 2022 kembali hadirkan kejutan

Berlin Arena di Berlin, Jerman, kembali mengeluarkan magisnya. Dalam laga FIBA EuroBasket 2022 yang berlangsung pada Kamis (15/9/2022), Slovenia tumbang pada babak delapan besar di sana. Sang juara bertahan takluk dari Polandia yang berstatus nonunggulan.

Pada pertandingan lain, duel dua negara tetangga berjalan sangat seru hingga pertandingan berakhir pada babak overtime. Berikut catatan menarik jura bertahan EuroBasket tumbang dan Prancis menangi duel bersejarah.

1. Akhir perjalanan sang juara bertahan

Juara Bertahan EuroBasket Tumbang, Prancis Menangi Duel BersejarahMateusz Ponitka tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Setelah Serbia dan Yunani, kini giliran Slovenia yang tumbang pada babak playoff EuroBasket 2022. Banyak pihak awalnya meyakini jika Slovenia bisa mempertahankan gelar juara.

Meski begitu, pada babak delapan besar, mereka harus mengakui kemenangan Polandia dengan skor tipis 87-90. Mateusz Ponitka menjadi pahlawan bagi Polandia dengan catatan triple-double 26 poin, 16 rebound, dan 10 assist.

Baca Juga: Yunani Kalah pada Delapan Besar EuroBasket 2022, Spanyol Lolos

2. Prancis menangi duel penuh sejarah

Juara Bertahan EuroBasket Tumbang, Prancis Menangi Duel BersejarahGuerschon Yabusele tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Duel dua negara tetangga yang dibalut dengan sejarah masa lalu terjadi pada babak delapan besar EuroBasket 2022. Pada laga yang berlangsung di Berlin Arena ini, Prancis sukses mengungguli Italia dengan skor 93-85.

Overtime lagi-lagi menjadi momen kemenangan bagi Prancis pada babak playoff EuroBasket 2022. Center andalan mereka, Rudy Gobert, muncul sebagai pahlawan dengan catatan 19 poin, 14 rebound, dan 2 assist.

3. Analisis babak semifinal

Juara Bertahan EuroBasket Tumbang, Prancis Menangi Duel BersejarahRudy Gobert tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Dari hasil dua laga babak delapan besar, Polandia dan Prancis dipastikan lolos ke babak semifinal. Keduanya saling berhadapan pada babak selanjutnya. Lalu, siapakah yang lebih diunggulkan?

Berbicara soal kualitas pemain dan pengalaman di turnamen EuroBasket, Prancis jelas lebih diunggulkan. Roster mereka di EuroBasket 2022 dihuni pemain-pemain top, seperti Evan Fournier, Guerschon Yabusele, Thomas Huertel, hingga Rudy Gobert.

Sedangkan, Polandia tetap memegang titel sebagai tim kuda hitam. Kejutan yang mereka lakukan kala menundukkan Slovenia patut diwaspadai Prancis. Untuk laga semifinal, Polandia akan kembali mengandalkan Mateusz Ponitka, Michal Sokolowski, dan AJ Slaughter.  

Meski di atas kertas Prancis lebih diunggulkan, kejutan bisa saja terjadi pada babak semifinal nanti. Pasalnya, titel tim unggulan tampaknya tak berlaku di EuroBasket 2022 jika melihat kekalahan yang dialami Serbia, Yunani, Lithuania, dan Slovenia.

Baca Juga: 5 Calon Kuat Pemenang Penghargaan EuroBasket MVP 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya