3 Mantan Pemain Alba Berlin yang Berkarier di NBA 2023/2024

Ada Wagner bersaudara!

Alba Berlin adalah salah satu tim bola basket terkuat di Jerman. Hampir setiap tahun, mereka selalu ikut EuroLeague untuk mewakili negaranya. Akan tetapi, hasil kurang memuaskan kerap membayangi Alba Berlin di kompetisi EuroLeague setiap musimnya,

Selain performanya, Alba Berlin juga patut disorot karena kemampuannya mengorbitkan pemain berkualitas. Bahkan, sejumlah tim NBA percaya dengan mantan pemain Alba Berlin. Hal tersebut bisa dilihat dari keberadaan tiga mantan pemain Alba Berlin yang pada musim 2023/2024 bermain di NBA. Siapa sajakah ketiga nama tersebut?

1. Moritz Wagner kembali bertaji bersama Orlando Magic

3 Mantan Pemain Alba Berlin yang Berkarier di NBA 2023/2024Moritz Wagner (nba.com)

Karier Moritz Wagner di NBA tak terlalu baik sebelum pindah ke Orlando Magic. Namun, sejak bergabung dengan tim asal Florida ini, Moritz kembali tampil hebat sebagai seorang rebounder. Seiring waktu, penampilan Moritz semakin meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan torehan poin dan rebound yang ia torehkan dalam 3 musim terakhir.

Moritz sendiri masuk ke NBA pada NBA Draft 2018 setelah terpilih di urutan ke-25 oleh Los Angeles Lakers. Saat NBA Draft, ia masuk sebagai salah satu alumnus dari Michigan Wolverines. Memang benar, Moritz pernah membela tim NCAA tersebut selama 3 tahun.

Akan tetapi, kariernya di dunia bola basket dimulai bersama Alba Berlin. Ia membela klub asal tanah kelahirannya itu tepat pada musim 2014/2015. Meski tampak potensial, Moritz tak terlalu hebat dan tak sering tampil bersama Alba Berlin.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain Alba Berlin yang Bermain di FIBA World Cup 2023

2. Franz Wagner menjadi tulang punggung utama Orlando Magic

3 Mantan Pemain Alba Berlin yang Berkarier di NBA 2023/2024Franz Wagner (fiba.basketball)

Franz Wagner juga mengikuti jejak sang kakak, Moritz Wagner, dalam karier bola basketnya. Pemain andalan Timnas Jerman ini juga memulai kariernya bersama Alba Berlin (2017--2019). Setelah itu, ia pindah ke Michigan Wolverines dan bermain selama 2 musim. Barulah pada NBA Draft 2021, Franz terpilih di urutan ke-8 oleh Orlando Magic yang jadi timnya sekarang.

Potensi Franz memang lebih baik ketimbang sang kakak. Hal tersebut berlanjut hingga keduanya berkarier secara profesional bersama Orlando Magic di mana Franz lebih gemilang ketimbang Moritz. Bahkan, Franz telah dianggap sebagai tulang punggung utama Orlando Magic.

3. Peran yang pas untuk Simone Fontecchio di Utah Jazz

3 Mantan Pemain Alba Berlin yang Berkarier di NBA 2023/2024Simone Fontecchio (nba.com)

Simone Fontecchio masuk ke NBA pada musim 2022/2023 setelah diberi kontrak oleh Utah Jazz. Pria asal Italia ini pun tak membuang kesempatan tersebut. Hingga kini, ia masih bertahan di Utah Jazz dan memiliki peran yang pas sebagai pemain pengganti yang tergolong penting.

Sebelum bermain di NBA, Fontecchio pernah membela beberapa klub Eropa. Salah satunya ialah Alba Berlin, tim asal Jerman yang dibela Fontecchio selama setahun (2020/2021). Dalam kurun waktu tersebut, Fontecchio mampu menampilkan hal yang sangat hebat dengan torehan statistik yang juga mentereng.

Meski singkat, Fontecchio sendiri patutnya berterima kasih kepada Alba Berlin. Sebab, tim ini adalah tim yang sukses meningkatkan kembali permainannya setelah gagal bermain ciamik kala membela Emperio Milano (2019/2020). Namun, Alba Berlin bukan klub terbaiknya di Eropa. 

Terlepas dari performa Alba Berlin yang mengecewakan di kompetisi Eropa, mereka dinilai mampu mengorbitkan pemain hebat. Bahkan, ketiga pemain ini memiliki peran yang cukup di timnya masing-masing. Sedangkan di kompetisi EuroLeague sendiri, cukup banyak tim EuroLeague yang mengandalkan mantan pemain Alba Berlin.

Baca Juga: 10 Potret Luke Sikma, Penguasa Statistik Alba Berlin di EuroLeague

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya