3 Mantan Pemain Fenerbahce yang Bermain di NBA 2023/2024

Fenerbahce menunjukkan kualitas melalui eks pemainnya!

Fenerbahce memiliki nama yang sangat besar di Turki sebagai sebuah klub olahraga. Selain di sepak bola, Fenerbahce juga besar di sektor bola basket. Bahkan, mereka terbilang cukup mendominasi Liga Turki karena memiliki deretan prestasi yang layak dibanggakan. Selain itu, Fenerbahce juga menjadi salah satu tim langganan dari Turki untuk berlaga di EuroLeague.

Tim asal Istanbul ini memiliki regenerasi pemain yang sangat baik. Dari musim ke musim, Fenerbahce selalu dihuni deretan pemain muda berbakat. Tak hanya dari Turki, mereka pun sanggup mengorbitkan pemain muda berbakat yang berasal dari luar negara mereka.

Hasilnya bisa dilihat dari adanya tiga mantan pemain Fenerbahce yang pada 2023/2024 ini bermain di NBA. Ketiga pemain tersebut memiliki peran dan kualitas yang berbeda, baik saat berseragam Fenerbahce dan bermain di NBA.

Penasaran dengan ketiga pemain tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Bojan Bogdanovic makin memanas meski tak lagi muda

3 Mantan Pemain Fenerbahce yang Bermain di NBA 2023/2024Bojan Bogdanovic (nba.com)

Bojan Bogdanovic sebetulnya terpilih di urutan ke-31 pada NBA Draft 2011. Namun, ia menunda kariernya di NBA demi bisa bermain bersama Fenerbahce Beko. Selepas bermain untuk Cibona, Bogdanovic pun bergabung dengan Fenerbahce.

Ia mengabdi di klub ini selama 3 tahun (2011--2014) dan mendapatkan karier yang sangat gemilang. Bogdanovic tumbuh sebagai seorang small forward yang mampu diandalkan, tetapi tergolong underrated. Hal itu yang mendorongnya siap kala mulai bermain di NBA untuk Brooklyn Nets pada 2014/2015.

Musim ini merupakan musim kesembilan bagi Bogdanovic. Usia yang makin tua tampaknya bukan menjadi masalah bagi pria asal Kroasia ini. Pasalnya, Bogdanovic mampu tampil sangat hebat dan menjadi andalan Detroit Pistons. Sayangnya, penampilan cemerlang Bogdanovic tak sejalan dengan performa Detroit Pistons yang begitu buruk pada 2023/2024.

Baca Juga: Performa 6 Pemain Jerman di NBA 2023/2024

2. Bogdan Bogdanovic jadi bagian penting Atlanta Hawks

3 Mantan Pemain Fenerbahce yang Bermain di NBA 2023/2024Bogdan Bogdanovic (nba.com)

Bogdan Bogdanovic bukanlah ikon dan sorotan utama di Atlanta Hawks. Namun, ia memiliki peran yang sangat penting di lapangan. Bersama Dejounte Murray, Clint Capelo, dan Trae Young, Bogdanovic mampu tampil menakutkan sebagai seorang penembak jitu.

Bogdanovic baru mencatatkan rekor individunya di NBA pada 2023/2024 ketika Atlanta Hawks bertemu Denver Nuggets pada 12 Desember 2023. Kala itu, pemain asal Serbia ini mencetak 40 poin yang 30 poin di antaranya didapatkan dari 10 tembakan 3 angka. Itu adalah salah satu titik hebat Bogdanovic selama berkarier di NBA.

Karier Bogdanovic juga cukup bersinar sebelum masuk NBA. Bogdanovic pernah menjadi tulang punggung Fenerbahce Beko selama 3 tahun (2014--2017). Bahkan, ia sukses meraih 1 gelar juara EuroLeague (2017) dan 2 kali terpilih sebagai EuroLeague Rising Star (2014 dan 2015).

3. Omer Yurtseven jadi pemain pelengkap di Utah Jazz

3 Mantan Pemain Fenerbahce yang Bermain di NBA 2023/2024Omer Yurtseven (nba.com)

Omer Faruk Yurtseven memulai karier profesionalnya bersama Fenerbahce Beko pada 2013. Setelah 3 tahun, center asal Turki ini justru melanjutkan kariernya di bola basket dengan bergabung bersama tim universitas. Tim tersebut adalah NC State Wolfpack (2016--2018) dari North Carolina State University dan Georgetown Hoyas dari Georgetown University (2019--2020).

Sejak 2021, Yurtseven telah berkarier di NBA. Sempat membela Oklahoma City Thunder dan Miami Heat, kini Yurtseven berseragam Utah Jazz. Namun, posisinya belum menjadi pemain utama. Yurtseven harus bekerja keras agar bisa menggeser beberapa bigman ternama, seperti Lauri Markkanen, John Collins, Kelly Olynyk, dan Walker Kessler.

Selain ketiga nama ini, Fenerbahce Beko juga cukup sering memasok mantan pemainnya ke NBA tiap musimnya. Enes Kanter, Luigi Datome, Omer Asik, dan Nemanja Bjelica menjadi beberapa contohnya. Itu membuktikan jika Fenerbahce adalah tim bola basket yang kompeten dan memiliki kemampuan mumpuni.

Baca Juga: 5 Eks Pemain NBA yang Berseragam Crvena Zvezda pada 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya