5 Mantan Pemain Union Olimpija yang Bermain di NBA 2023/2024

Danny Green pernah bermain di sini!

Slovenia dikenal sebagai salah satu kekuatan bola basket di Eropa. Di negara pecahan Yugoslavia ini, Union Olimpija hadir sebagai salah satu klub paling populer dan paling berprestasi. Torehan 17 kali juara Premier A Slovenian Basketball League, 20 kali juara Slovenian Cup, dan menjadi langganan EuroCup menjadi bukti kehebatan tim ini.

Tak hanya itu, Union Olimpija pun menjadi rumah bagi beberapa pebasket hebat yang saat ini berlaga di NBA. Total, ada lima mantan pemain Union Olimpija yang kini berlaga di kompetisi bola basket Amerika Serikat tersebut. Siapa sajakah mereka?

1. Vlatko Cancar terbuang dari Union Olimpija

5 Mantan Pemain Union Olimpija yang Bermain di NBA 2023/2024Vlatko Cancar (nba.com)

Lahir sebagai seorang pebasket Slovenia yang berbakat, Vlatko Cancar tentu punya kesempatan besar untuk membela klub terbesar di sana. Alhasil, bakatnya pun tercium oleh tim scouting Union Olimpija. Itu membuat Cancar direkrut oleh tim tersebut. Sayangnya, karier power forward Denver Nuggets itu tak berjalan mulus di Union Olimpija.

Dalam kontraknya selama 5 musim, Cancar hanya bermain selama 9 laga. Pasalnya, Cancar dipinjamkan ke LTH Casting selama 2 tahun (2014--2016). Dengan karier yang tak menentu, Cancar pun menyudahi kontrak 5 tahunnya di Union Olimpija dengan pindah ke Mega Basket pada musim ke-3 (2016).

2. Goran Dragic berkembang pesat di Union Olimpija

5 Mantan Pemain Union Olimpija yang Bermain di NBA 2023/2024Goran Dragic (nba.com)

Goran Dragic dikenal sebagai salah satu pebasket terbaik Slovenia sepanjang masa. Pria yang terakhir kali membela Milwaukee Bucks ini pernah menjabat sebagai kapten Timnas Slovenia dan pentolan utama negaranya sebelum Luka Doncic bersinar. Tak heran namanya sangat besar di Slovenia.

Sebelum mulai bermain di NBA, Dragic pernah bermain di Union Olimpija (2007--2008). Bersama klub tersebut, Dragic berkembang pesat sebagai salah satu playmaker yang bisa diandalkan. Berkat permainannya yang menarik, Dragic pun bisa terpilih pada NBA Draft 2008 dan bisa meraih banyak prestasi di NBA.

Baca Juga: 10 Potret Goran Dragic, Pebasket Senior Asal Slovenia yang Berkarisma

3. Davis Bertans tetap konsisten di NBA

5 Mantan Pemain Union Olimpija yang Bermain di NBA 2023/2024Davis Bertans (nba.com)

Union Olimpija juga pernah disinggahi oleh pemain di luar Slovenia. Salah satu yang terbaik adalah Davis Bertans yang saat ini menjadi bagian dari Oklahoma City Thunder. Pria asal Latvia ini bermain selama 2 tahun (2010--2012) bersama Union Olimpija.

Penampilannya cukup mentereng dan membawanya terpilih di NBA Draft 2011. Namun, Bertans tak langsung bermain di NBA setelah itu. Ia sempat berseragam Union Olimpija lagi, kemudian membela Partizan Belgrade dan Saski Baskonia, sebelum pindah ke San Antonio Spurs pada 2016.

4. Union Olimpija jadi jalan Luka Samanic menembus NBA

5 Mantan Pemain Union Olimpija yang Bermain di NBA 2023/2024Luka Samanic (nba.com)

Sama seperti Davis Bertans, Luka Samanic pun tidak berasal dari Slovenia. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini berasal dari Kroasia. Dalam kariernya, Union Olimpija sangat berpengaruh besar.

Pasalnya, tim ini memberikan jalan bagi Samanic untuk menembus NBA. Ia terpilih di urutan ke-19 pada NBA Draft 2019 oleh San Antonio Spurs yang pernah menjadi timnya selama 2 tahun (2019--2021). Untuk musim 2023/2024 ini, Samanic akan bermain untuk Utah Jazz.

5. Danny Green mainkan sembilan laga

5 Mantan Pemain Union Olimpija yang Bermain di NBA 2023/2024Danny Green (nba.com)

Tak banyak yang sadar bahwa Danny Green pernah berlaga di Eropa. Pasalnya, pemain Philadelphia 76ers ini merupakan pemain asal Amerika Serikat yang tampak tak pernah absen dari NBA. Padahal, Green pernah berseragam Union Olimpija pada tahun 2011.

Green sebetulnya dikontrak selama setahun oleh Union Olimpija. Namun, ia memiliki klausul 2011 NBA Lockout kala itu. Alhasil, Green pun hanya memainkan sembilan laga dan kembali ke NBA dalam waktu cepat karena San Antonio Spurs memanggilnya kembali.

Selain kelima nama ini, ada pula beberapa mantan pemain Union Olimpija yang pernah bermain di NBA. Sebut saja Marko Milic, Vladimir Stepania, Jiri Welsch, dan Primoz Brezec. Namun, secara prestasi, Danny Green dan Goran Dragic tetap menjadi yang terbaik.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Houston Rockets pada 2023/2024, Ada Jalen Green!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya