3 Mantan Pemain Zalgiris Kaunas yang Berkarier di NBA 2023/2024

Didikan tim terbaik Lithuania!

Rasanya sangat pantas jika Zalgiris Kaunas disebut sebagai tim bola basket terbaik asal Lithuania. Zalgiris Kaunas selalu mendapatkan gelar juara di kompetisi domestik hampir setiap tahun. Selain itu, Zalgiris Kaunas juga kerap menjadi perwakilan Lithuania di kompetisi EuroLeague dalam sedekade terakhir.

Kehebatan dan dominasi Zalgiris Kaunas juga didukung oleh pemain-pemain berkualitas yang mereka miliki. Bahkan, beberapa mantan pemain Zalgiris Kaunas sekarang bermain di NBA 2023/2024. Siapa sajakah mantan pemain Zalgiris Kaunas tersebut?

1. Vasilije Micic hadir sebagai pendatang baru NBA

3 Mantan Pemain Zalgiris Kaunas yang Berkarier di NBA 2023/2024Vasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Vasilije Micic adalah sosok pemain pendatang baru di industri bola basket NBA. Permainannya bersama Anadolu Efes dalam beberapa musim terakhir membuat Oklahoma City Thunder merekrutnya. Saat ini, Micic tampaknya masih melakukan adaptasi untuk bisa bertahan dan jadi pilihan utama di tim barunya.

Jauh sebelum itu, Micic pernah membela Zalgiris Kaunas selama setahun. Momen tersebut terjadi pada musim 2017/2018. Permainan Micic kala itu tergolong baik meski tak sementereng kariernya bersama Anadolu Efes. Point guard andalan Timnas Serbia ini mencatat rata-rata 8,9 poin, 2 rebound, dan 3,9 assist per laga dari 29 pertandingan untuk Zalgiris Kaunas.

2. Zalgiris Kaunas menjadi tim Eropa terakhir Isaiah Hartenstein sejauh ini

3 Mantan Pemain Zalgiris Kaunas yang Berkarier di NBA 2023/2024Isaiah Hartenstein (nba.com)

Isaiah Hartenstein merupakan pebasket kelahiran Amerika Serikat yang memiliki kewarganegaraan Jerman. Hartenstein tak memulai kariernya dari NCAA. Akan tetapi, ia memulai kariernya di bola basket bersama tim asal Jerman, Artland Dragons.

Setelah bermain selama semusim, Hartenstein direkrut oleh Zalgiris Kaunas untuk musim 2016/2017. Permainan Hartenstein terbilang cukup baik bersama Zalgiris Kaunas. Oleh karena itu, ia direkrut oleh tim G League, Rio Grande Valley untuk musim 2017/2018.

Seiring waktu, Hartenstein hadir sebagai salah satu pemain tetap di NBA. Namun, ia tak memiliki peran yang cukup baik. Di hampir semua tim yang pernah ia bela, Hartenstein hanya berperan sebagai pemain pelapis. Begitu juga yang ia rasakan saat ini sebagai pemain New York Knicks.

3. Boban Marjanovic hanya catatkan 11 laga di Zalgiris Kaunas

3 Mantan Pemain Zalgiris Kaunas yang Berkarier di NBA 2023/2024potret Boban Marjanovic di Timnas Serbia (instagram.com/boban)

Sebelum memulai kariernya di NBA pada 2015, Boban Marjanovic pernah membela beberapa tim Eropa. Zalgiris Kaunas menjadi salah satunya. Pemain bertubuh raksasa asal Serbia ini pernah membela Zalgiris Kaunas pada musim 2010/2011.

Sayangnya, Boban tak terlalu mentereng dan hanya mencatatkan 11 laga. Dalam kurun waktu tersebut, Boban hanya menorehkan rata-rata 4,4 poin, 3,4 rebound, dan 0,3 assist per laga. Ia pun hanya mencatat 9 menit per laga.

Seiring waktu, Boban pun pindah ke NBA. Ia pernah membela beberapa tim sebelum akhirnya bergabung dengan Houston Rockets, tim yang telah ia bela dalam 2 tahun terakhir. Sebagai salah satu pemain veteran, porsi Boban di dalam tim terhitung tak menguntungkan. Pasalnya, Boban hanya menjadi pelapis Alperen Sengun yang saat ini sedang naik daun.

Uniknya tak ada satu pun pemain Lithuania dalam daftar ini sebab dua pemain Lithuania di NBA saat ini, Jonas Valanciunas dan Domantas Sabonis, tak pernah berlaga bersama Zalgiris Kaunas. Namun, bila berkaca pada masa lalu, beberapa mantan pemain Zalgiris Kaunas asal Lithuania pernah berkarier di NBA. Sebut saja Arvydas Sabonis, Donatas Motiejunas, Mindaugas Kuzminskas, dan Martynas Andriuskevicius.

Baca Juga: 5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya