5 Pebasket Prancis yang Membela San Antonio Spurs sebelum Wembanyama

Prancis dan Spurs punya koneksi kuat

San Antonio Spurs menjadi tim yang berhak memilih pemain di urutan pertama NBA Draft 2023. Kesempatan emas ini tentu tak dibuang sia-sia. Mereka menggunakannya untuk memilih Victor Wembanyama, pemain muda yang sering disebut sebagai prospek paling panas di NBA Draft, setidaknya dalam sedekade terakhir.

Center asal Prancis ini memiliki kemampuan komplet dan dinilai akan tumbuh sebagai superstar di NBA. Faktanya, Victor Wembanyama bukanlah satu-satunya pemain asal Prancis yang pernah bergabung dengan San Antonio Spurs. Sebab, San Antonio Spurs sudah sangat akrab dengan pemain Prancis.

Sebelum dirinya, pernah ada lima pemain asal Prancis di tim asal Texas ini. Lalu, siapa sajakah mereka? Berikut pebasket Prancis yang membela San Antonio Spurs sebelum Wembanyama.

1. Tony Parker

5 Pebasket Prancis yang Membela San Antonio Spurs sebelum WembanyamaTony Parker (nba.com)

Tony Parker merupakan pebasket berkebangsaan Prancis pertama yang membela San Antonio Spurs. Ia sangat mentereng sebagai point guard hebat yang membawa banyak kesuksesan. Parker berhasil membentuk salah satu big three terbaik dalam sejarah NBA bersama Tim Duncan dan Manu Ginobili.

Tony Parker sendiri bermain selama 17 musim (2001--2018) dengan mencatat 1.198 pertandingan pada musim reguler. Ia mencatat torehan yang fantastis dengan rata-rata statistik yang baik serta empat gelar juara dan belasan penghargaan individu,. Kiprah cemerlang Parker mungkin menjadi menjadi alasan San Antonio Spurs gemar mendatangkan pemain asal Prancis.

2. Boris Diaw

5 Pebasket Prancis yang Membela San Antonio Spurs sebelum WembanyamaBoris Diaw (nba.com)

Setelah Tony Parker, Boris Diaw layak disebut sebagai pebasket Prancis terbaik di San Antonio Spurs. Ia juga bermain sangat apik sebagai salah satu pemain kunci di samping big three San Antonio Spurs. Ia memiliki peran aktif ketika Spurs juara NBA pada 2014.

San Antonio Spurs sendiri merupakan tim terlama yang dibela Boris Diaw. Pemain berposisi power forward ini mencatat 331 laga pada musim reguler selama 4,5 musim (2011--2016). Akan tetapi, kiprah Diaw di San Antonio masih kalah mentereng dengan kiprahnya saat membela Charlotte Bobcats.

Baca Juga: 6 Draft Pick Pertama pada NBA Draft 2023, Victor Wembanyama Teratas!

3. Ian Mahinmi

5 Pebasket Prancis yang Membela San Antonio Spurs sebelum WembanyamaIan Mahinmi (nba.com)

Pada NBA Draft 2005, San Antonio Spurs memilih Ian Mahinmi di urutan ke-28. Namun, Mahinmi baru menandatangani kontrak profesional bersama mereka pada 2007. Sebab, ia lebih dahulu menghabiskan kontraknya bersama EB Pau-Orthez.

Kiprah Mahinmi di Spurs tak terlalu hebat. Pemain berposisi center ini lebih banyak menghabiskan waktunya di tim G League, Austin Toros. Mahinmi hanya mencatatkan 32 laga pada musim reguler untuk Spurs dalam kurun waktu 2 tahun (2007--2009).

4. Nando de Colo

5 Pebasket Prancis yang Membela San Antonio Spurs sebelum WembanyamaNando de Colo (euroleaguebasketball.net)

Nando de Colo dikenal sebagai salah satu pemain terbaik Prancis yang berlaga di EuroLeague. Sebab, ia menghasilkan banyak prestasi, baik untuk individu maupun tim. Akan tetapi, kariernya di NBA tak begitu mentereng.

Nando de Colo hanya menjalani 2 musim di NBA, yakni bersama San Antonio Spurs (2012--2014) dan Toronto Raptors (2014). Saat berkiprah di San Antonio, De Colo kalah saing dengan seniornya, Tony Parker. Oleh karena itu, ia hanya bisa mencatat 98 laga pada musim reguler.

5. Joffrey Lauvergne

5 Pebasket Prancis yang Membela San Antonio Spurs sebelum WembanyamaJoffrey Lauvergne (nba.com)

San Antonio Spurs merupakan tim terakhir yang dibela Joffrey Lauvergne sebelum kembali ke EuroLeague. Momen tersebut terjadi selama semusim (2017--2018). Sayangnya, pemain berposisi center ini tak begitu mentereng di Spurs.

Ia hanya mencatatkan 55 pertandingan pada musim reguler. Dari catatan pertandingan tersebut, Lauvergne menorehkan rata-rata 4,1 poin, 3,1 rebound, dan 0,7 assist per laga. Itu merupakan catatan terbaik keduanya di NBA setelah catatannya di Denver Nuggets (2014--2016).

Harapan besar penggemar bola basket Prancis dan San Antonio Spurs jelas ada di benak Victor Wembanyama saat ini. Ia diharapkan bisa bersinar dan membawa nama Prancis makin harum di NBA. Selain itu, permainan apik yang nantinya ditunjukkan Wembanyama bisa membuat koneksi San Antonio Spurs dan Prancis makin lancar.

Baca Juga: NBA Draft 2023, San Antonio Spurs Dapatkan Wembanyama

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya