5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBA

Serbia tak akan diperkuat beberapa pemain kunci

Serbia selalu menjadi unggulan di beberapa turnamen besar bola basket. Pemain berkualitas yang menghuni Timnas Serbia dari masa ke masa menjadi alasan utamanya. Untuk FIBA World Cup 2023 nanti, Serbia pun menurunkan beberapa pemain berkelas.

Dari 20 nama yang telah dipilih oleh Svetislav Pesic untuk FIBA World Cup 2023, lima di antaranya merupakan pemain yang pernah bergabung dengan tim NBA. Mereka terbukti cukup hebat meski tak selalu bersinar di NBA. Siapa sajakah enam nama yang dimaksud dan bagaimana kiprahnya di NBA? 

1. Marko Guduric

5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBAMarko Guduric (euroleaguebasketball.net)

Marko Guduric adalah opsi shooter hebat yang dimiliki Serbia saat ini. Guduric yang bermain untuk Fenerbahce ini pun bisa menjalankan peran sebagai shooting guard dan small forward dengan kualitas yang sama baiknya. Tak heran Guduric menjadi pemain langganan yang dipanggil untuk membela negaranya.

Sebelum bergabung dengan Fenerbahce pada 2020, Guduric sempat bermain untuk Memphis Grizzlies (2019/2020). Akan tetapi, ia lebih sering dikirim untuk membela Memphis Hustle di NBA G League. Guduric hanya mencatat 44 laga dengan rata-rata 3,9 poin, 1,7 rebound, dan 1 assist per laga di musim reguler.

2. Nikola Jovic

5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBANikola Jovic (nba.com)

Nikola Jovic ingin memberikan yang terbaik untuk Timnas Serbia pada FIBA World Cup 2023 mendatang. Piala Dunia Basket yang diadakan di Jepang, Filipina, dan Indonesia ini merupakan turnamen besar pertama yang diikuti Jovic bersama tim senior Serbia. Pada FIBA EuroBasket 2022 lalu, Jovic tak mendapatkan izin dari Miami Heat.

Pasalnya, Miami Heat menginginkan Jovic berfokus terlebih dahulu kepada persiapan menghadapi musim pertamanya. Jovic sendiri tak begitu cemerlang pada musim pertamanya di NBA (2022/2023). Power forward berusia 20 tahun ini hanya memainkan 15 laga di musim reguler dan lebih sering bermain di NBA G League untuk Sioux Falls Skyforce.

Baca Juga: Mengenal Nikola Jovic, Calon Penerus Kejayaan Pemain Serbia di NBA

3. Nemanja Nedovic

5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBANemanja Nedovic (kkcrvenazvezda.rs)

Nemanja Nedovic bisa disebut sebagai salah satu shooting guard terbaik di EuroLeague saat ini. Pemain Crvena Zvezda ini pun selalu dipanggil ke skuad Timnas Serbia dari turnamen ke turnamen. Namun, posisinya tak selalu sebagai pemain inti.

Di tengah karier panjangnya di EuroLeague, Nedovic pernah berkarier di NBA bersama Golden State Warriors (2013/2014). Sayangnya, ia gagal bersinar dan tertutup oleh Klay Thompson. Nedovic hanya mencatat rata-rata 1,1 poin, 0,6 rebound, dan 0,5 assist per laga dari 24 pertandingan.

4. Bogdan Bogdanovic

5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBABogdan Bogdanovic (nba.com)

Bogdan Bogdanovic memulai kariernya di NBA sejak 2017 dengan stabil. Ia selalu menjadi pemain penting meski tak pernah mencapai level pemain bintang. Selama berkarier di NBA, pemain Atlanta Hawks ini hanya sekali meraih penghargaan, yakni masuk NBA All-Rookie Second Team (2018).

Meski sangat diandalkan di NBA, Bogdan pun tak pernah lelah untuk membela Timnas Serbia. Ia tak pernah absen untuk membela Timnas Serbia, kecuali absen karena cedera. Pada FIBA World Cup 2023 mendatang, Bogdan diprediksi akan menjadi kekuatan utama Negara Balkan ini.

5. Alen Smailagic

5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBAAlen Smailagic (nba.com)

Sama seperti Nemanja Nedovic, Alen Smailagic pun bermain di NBA bersama Golden State Warriors. Momen tersebut terjadi pada musim (2019--2021). Sayangnya, ia lebih sering bermain di NBA G League dan hanya mencatat 29 laga di NBA selama 2 musim.

Setelah kembali ke Serbia untuk bergabung dengan Partizan Belgrade, permainan Smailagic membaik. Ia pun menjadi lebih sering dipanggil ke Timnas Serbia. Pada FIBA World Cup 2023 nanti, Smailagic diprediksi akan menjadi pemain pelapis di posisi power forward.

 

Meski cukup diunggulkan di beberapa turnamen basket terakhir, Timnas Serbia di FIBA World Cup 2023 akan tampil pincang. Pasalnya, beberapa pemain kunci mereka, seperti Vasilije Micic, Nikola Jokic, Nikola Kalinic, Nemanja Bjelica, Aleksej Pokusevski, dan Boban Marjanovic, tak akan ikut tampil. Kendati demikian, Serbia tetap sulit dikalahkan dan diunggulkan dalam turnamen ini.

Baca Juga: 4 Pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya