4 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Portland Trail Blazers

Keempatnya memulai karier di Portland Trail Blazers

Dalam sejarah keikutsertaannya di NBA, Portland Trail Blazers pernah diperkuat oleh empat pebasket asal Spanyol. Keempat nama tersebut merupakan pemain besar yang berhasil melegenda di Timnas Spanyol dan tim lain. Akan tetapi, mereka tak punya kiprah yang baik saat berseragam tim asal Oregon tersebut.

Keempat pemain tersebut memiliki kiprah yang terhitung singkat. Pasalnya, permainan mereka tak begitu mengesankan. Lantas, siapa sajakah keempat pemain tersebut? Untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Fernando Martin merupakan pebasket asli Spanyol pertama di NBA

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Portland Trail BlazersFernando Martin (realmadrid.com)

Fernando Martin merupakan pebasket asli Spanyol pertama di NBA. Ia masuk ke NBA setelah terpilih di urutan ke-38 pada NBA Draft 1985 oleh New Jersey Nets. Namun, ia ditukar ke Portland Trail Blazers. Oleh karena itu, Martin bisa bermain bersama tim kebanggaan negara bagian Oregon tersebut.

Akan tetapi, kiprah Martin di NBA hanya bertahan selama setahun. Bermain pada musim 1986/1986 untuk Portland Trail Blazers, Martin tampil jauh dari kata bersinar. Pemain yang berposisi sebagai center ini hanya mencatat 24 pertandingan dengan rata-rata 6,1 menit per laga. Dalam kurun waktu tersebut, Martin hanya bisa mencatat rata-rata 0,9 poin, 1,2 rebound, dan 0,4 assist.

2. Rudy Fernandez menjalani peran sebagai pemain pelapis dengan baik

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Portland Trail BlazersRudy Fernandez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Rudy Fernandez layak disebut sebagai pebasket Spanyol terbaik di Portland Trail Blazers. Hal ini cukup beralasan karena Fernandez sukses menjalani peran yang sangat baik sebagai pemain pelapis. Bahkan, Fernandez menjadi satu-satunya pebasket Spanyol yang pernah meraih penghargaan. Ia terpilih masuk ke All NBA Rookie Second Team 2009.

Fernandez berkiprah selama 3 tahun (2008--2011) bersama Portland Trail Blazers. Ia mencatat rata-rata 9,1 poin, 2,5 rebound, dan 2,2 assist per laga. Sempat membela Denver Nuggets pada tahun keempatnya di NBA, Fernandez pun memutuskan untuk pulang ke Spanyol guna berseragam Real Madrid Baloncesto. Kini, ia menjadi legenda di tim tersebut.

Baca Juga: 4 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Memphis Grizzlies

3. Victor Claver menghabiskan 3 tahun di NBA hanya untuk Portland Trail Blazers

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Portland Trail BlazersVictor Claver dengan saat berseragam Timnas Spanyol. (instagram.com/victorclaver)

Saat ini, Victor Claver dikenal sebagai nama besar dan pentolan di Valencia Basket. Namun, hal yang sama tak bisa ia lakukan kala bermain di NBA. Pasalnya, Claver hanya bertahan selama 3 tahun di NBA dengan permainan yang tak begitu mengesankan.

Tiga tahun karier Claver di NBA ia habiskan bersama Portland Trail Blazers (2012--2015). Pemain yang berposisi sebagai small forward ini hanya mencatat 80 laga dengan rata-rata 13,4 menit bermain selama 3 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Claver hanya menorehkan 3,2 poin, 2,2 rebound, dan 0,7 assist per laga.

4. Portland Trail Blazers jadi tim NBA terlama yang dibela Sergio Rodriguez

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Portland Trail BlazersSergio Rodriguez (euroleaguebasketball.net)

Serupa dengan tiga nama lain, Sergio Rodriguez juga memulai kariernya di NBA bersama Portland Trail Blazers. Ia memulainya pada 2006 dan berakhir pada tahun 2009. Dalam kurun waktu tersebut, Rodriguez mencetak rata-rata 3,6 poin, 1,3 rebound, dan 2,9 assist per laga dari 219 pertandingan yang ia jalani.

Selain membela Portland Trail Blazers, Rodriguez juga pernah bermain untuk Sacramento Kings, New York Knicks, dan Philadelphia 76ers. Namun, Portland Trail Blazers tetap menjadi tim yang paling lama ia bela. Pasalnya, Rodriguez hanya bertahan selama setahun bersama tiga tim lainnya.

Keempat pemain ini memiliki kesamaan, yakni memulai kariernya di NBA bersama Portland Trail Blazers. Akan tetapi, keempatnya tak begitu bersinar dan tak ada yang menjadi pemain berlevel bintang di NBA. Namun, saat berlaga di klub lain, mereka sukses menjadi legenda.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Portland Trail Blazers di NBA 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya