6 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Toronto Raptors

Spanyol dan Toronto Raptors punya kedekatan

Toronto Raptors menjadi salah satu tim NBA yang sangat sering mendatangkan pemain asing. Sebagai representasi Kanada, Toronto Raptors tak segan mendatangkan pemain dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya ialah pebasket asal Spanyol yang sudah terbiasa hadir di NBA dari musim ke musim.

Sejak berdiri pada 1995, Toronto Raptors pernah dibela oleh enam pebasket asal Spanyol. Itu membuat mereka menjadi tim yang paling sering dibela oleh pemain asal Negeri Matador. Siapa sajakah keenam pemain yang dimaksud dan seperti apa kiprahnya kala membela Toronto Raptors? Yuk, ketahui lebih banyak lewat ulasan berikut ini!

1. Jose Calderon jadi pionir pebasket Spanyol di Torp

6 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Toronto RaptorsJose Calderon (nba.com)

Pebasket Spanyol pertama yang membela Toronto Raptors adalah Jose Calderon. Pemain yang berposisi sebagai point guard ini sengaja direkrut Toronto Raptors dari Tau Ceramica pada 2005.

Keputusan Toronto Raptors mengontrak Calderon ternyata tak sia-sia. Pasalnya, Calderon mampu tampil apik selama 8 musim berseragam tim asal Kanada ini. Permainannya itu juga memberikan kedekatan tersendiri antara Toronto Raptors dan pebasket asal Spanyol.

2. Jorge Garbajosa menghabiskan 2 musim di NBA untuk berseragam Toronto Raptors

6 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Toronto RaptorsJose Garbajosa (fiba.basketball)

Setahun setelah mendatangkan Jose Calderon, Toronto Raptors mendatangkan Jorge Garbajosa dari Unicaja Malaga. Akan tetapi, Garbajosa tak memiliki umur lama di NBA. Ia hanya bertahan selama 2 tahun, tepatnya dari 2006--2008. Dua musim tersebut Garbajosa habiskan untuk menjadi power forward Toronto Raptors.

3. Lorenzo Brown merupakan pemain naturalisasi Spanyol

6 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Toronto RaptorsLorenzo Brown tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Sejatinya, Lorenzo Brown lahir dan besar sebagai warga negara Amerika Serikat. Namun, sejak 2022, ia telah resmi menjadi warga negara Spanyol karena dinaturalisasi menjelang EuroBasket 2022.

Brown sendiri pernah bermain di Toronto Raptors pada 2017--2019. Akan tetapi, ia gagal tampil gemilang dan hanya bisa mencatat 40 laga dalam 2 musim. Oleh karena itu, ia hijrah ke EuroLeague yang membuka jalannya untuk menjadi warga negara Spanyol.

Baca Juga: 4 Pemain Penting Toronto Raptors pada Paruh Musim NBA 2023/2024

4. Serge Ibaka jadi aktor penting yang membawa Toronto Raptors juara NBA 2019

6 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Toronto RaptorsSerge Ibaka (nba.com)

Serge Ibaka tampil gemilang selama 4 musim (2016--2020) berseragam Toronto Raptors. Pemain keturunan Kongo ini tampil hebat dalam urusan bertahan dan menyerang. Ia juga hadir sebagai aktor penting Toronto Raptors kala menjadi juara NBA 2019. Hingga saat ini, Ibaka sangat layak disebut sebagai pebasket Spanyol terbaik yang pernah bermain untuk Toronto Raptors.

5. Marc Gasol turut membawa Toronto Raptors juara NBA

6 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Toronto RaptorsMarc Gasol (nba.com)

Setelah 10,5 tahun berseragam Memphis Grizzlies, Marc Gasol pindah ke Toronto Raptors pada 2018/2019. Mantan center andalan Timnas Spanyol ini juga turut andil dalam membawa Toronto Raptors juara NBA. Gasol menjadi center yang kuat, tetapi tak begitu hebat dalam mencetak angka kala itu. Kendati demikian, Gasol sangat diandalkan meski menjadi pelapis dari Serge Ibaka.

6. Toronto Raptors jadi tim terakhir Juancho Hernangomez di NBA

6 Pebasket Spanyol yang Pernah Bermain untuk Toronto RaptorsJuancho Hernangomez (fiba.basketball)

Toronto Raptors menjadi tim NBA terakhir yang dibela Juancho Hernangomez. Pemain yang berposisi sebagai forward ini membela Toronto Raptors dalam kurun waktu semusim (2022/2023).

Namun, penampilan Hernangomez jauh dari kata memuaskan. Oleh karena itu, kontraknya tak diperpanjang dan Hernangomez pun pindah ke EuroLeague untuk musim 2023/2024.

Dengan track record yang cukup baik, Toronto Raptors tampaknya akan menjadi tempat yang nyaman bagi pebasket Spanyol. Hal ini sama seperti kedekatan antara San Antonio Spurs dan Prancis. Layak untuk ditunggu, siapa yang akan menjadi penerus estafet pebasket Spanyol di Toronto Raptors.

Baca Juga: 10 Fakta Juan Hernangomez, Pebasket yang Jadi Tokoh Utama Film Hustle

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya