4 Pelatih Baru yang Ditunjuk Menangani Tim EuroLeague 2023/2024

Roger Grimau merapat ke Barcelona

Gagal memenuhi target, baik di kompetisi domestik maupun EuroLeague, membuat beberapa tim berbenah. Sama seperti tim NBA, tim EuroLeague pun mendatangkan pemain berkelas demi memperkuat tim. Selain itu, beberapa dari mereka pun mengganti pelatih demi taktik yang lebih baik.

Ada total empat tim EuroLeague yang mengganti pelatihnya untuk mengarungi musim 2023/2024. Tim apa sajakah itu dan siapa pelatih yang mereka tunjuk? Berikut pelatih baru yang ditunjuk menangani tim EuroLeague 2023/2024.

1. Pablo Laso melatih Bayern Munich setelah meninggalkan Real Madrid

4 Pelatih Baru yang Ditunjuk Menangani Tim EuroLeague 2023/2024Pablo Laso (realmadrid.com)

Untuk mengarungi 2023/2024, Bayer Munich menunjuk mantan pelatih Real Madrid Baloncesto, Pablo Laso, sebagai pelatih baru. Pelatih asal Spanyol ini resmi ditunjuk pada 12 Juni 2023 untuk menggantikan Andrea Trinchieri. Misi Laso dalam melatih Bayern Munich adalah meningkatkan prestasi.

Pasalnya, Bayern Munich gagal menjadi juara di liga domestik musim lalu. Sedangkan, di EuroLeague, mereka terpuruk dengan mengakhiri kompetisi di posisi tiga terbawah. Tim asal Jerman ini hanya meraih 32,4 persen kemenangan dan gagal lolos ke babak playoff EuroLeague 2022/2023.

2. Ergin Ataman menangani Panathinaikos dan memboyong beberapa bintang

4 Pelatih Baru yang Ditunjuk Menangani Tim EuroLeague 2023/2024Ergin Ataman (euroleaguebasketball.net)

Ergin Ataman yang dua kali (2021 & 2022) membawa Anadolu Efes juara EuroLeague dipinang Panathinaikos. Pelatih Timnas Turki ini menandatangani kontrak pada 20 Juni 2023. Di bawah arahan Ataman, Panathinaikos telah mendatangkan beberapa pemain bintang, seperti Matthias Lessort, Kostas Antetokounmpo, Luca Vildoza, hingga Juan Hernangomez.

Dengan tim yang bertabur bintang, harapan besar penggemar Panathinaikos jelas ada dalam diri Ergin Ataman. Penggemar Panathinaikos tak ingin kembali kecewa seperti pada 2022/2023. Pasalnya, mereka hanya bercokol di peringkat ke-15 EuroLeague dengan persentase 32,4 persen.

Baca Juga: 10 Potret Luke Sikma, Penguasa Statistik Alba Berlin di EuroLeague

3. Erdem Can menggantikan Ergin Ataman di Anadolu Efes

4 Pelatih Baru yang Ditunjuk Menangani Tim EuroLeague 2023/2024Erdem Can (euroleaguebasketball.net)

Untuk menggantikan Ergin Ataman yang memilih hengkang ke Panathinaikos, Anadolu Efes menunjuk Erdem Can. Pelatih berkebangsaan Turki ini memang tak memiliki pengalaman melatih tim EuroLeague sebagai kepala pelatih. Namun, ia cukup sukses bersama Turk Telekom di liga domestik Turki.

Jika dilihat dari pengalamannya, maka Can berpengalaman dalam mengatur tim besar. Can pernah menjadi asisten Fenerbahce di EuroLeague dan Utah Jazz di NBA. Kedatangannya diproyeksikan untuk meningkatkan prestasi Anadolu Efes. Sebab, tim asal Turki ini gagal masuk ke babak playoff pada 2022/2023 lalu. 

Sejauh ini, Erdem Can telah mendatangkan lima pemain, yakni Darius Thompson, Tyrique Jones, Erkan Yilmaz, Derek Wilis, dan Dogus Ozdemiroglu. Namun, hanya Darius Thompson yang terhitung sebagai nama besar. Sisanya tidak begitu besar.

4. Roger Grimau mengambil alih Barcelona

4 Pelatih Baru yang Ditunjuk Menangani Tim EuroLeague 2023/2024Roger Grimau (euroleaguebasketball.net)

Sarunas Jasikevicius memilih untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih Barcelona pada 26 Juni 2023. Padahal, Barcelona cukup mentereng musim lalu. Sayangnya, mereka gagal meraih gelar juara EuroLeague dan hanya bisa menjadi juara Liga ACB.

Pada hari yang sama dengan mundurnya Jasikevicius, Roger Grimau ditunjuk sebagai pelatih. Melatih Barcelona menjadi pengalaman baru bagi Grimau dalam melatih tim besar. Pasalnya, sejak menjadi pelatih pada 2019, Grimau tak pernah melatih tim besar, baik sebagai kepala pelatih maupun asisten pelatih.

Untuk membangun skuad yang diinginkannya, Grimau telah mendatangkan beberapa pemain hebat. Mereka adalah Willy Hernangomez, Joel Parra, Dario Brizuela, dan Jabari Parker. Aksi Barcelona di bawah asuhan Grimau layak untuk dinantikan.

Kehadiran empat pelatih bersama tim barunya ini cukup menarik perhatian. Pasalnya, mereka bergerak cepat dengan mendatangkan pemain yang diinginkan. Beberapa transfer luar biasa pun terjadi pada musim panas 2023 ini.

Baca Juga: 4 Pebasket Spanyol yang Pernah Meraih EuroLeague MVP, Mendominasi!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya