5 Pemain Baru Panathinaikos 2023/2024 dari Sesama Tim EuroLeague

Panathinaikos jor-joran menghadapi musim baru

Panathinaikos tampaknya sangat serius untuk mengejar gelar juara EuroLeague 2023/2024. Tim asal Yunani ini menunjuk pelatih berpengalaman asal Turki, Ergin Ataman, sebagai pelatih baru. Selain itu, deretan pemain berkelas pun didatangkan untuk mendukung usaha mereka untuk tampil lebih baik.

Pada jeda musim panas 2023, beberapa pemain baru didatangkan dari sesama klub EuroLeague. Pemain-pemain ini tentu diharapkan bisa bersinar dan cocok dengan racikan Ergin Ataman.

Lalu, siapa sajakah pemain baru Panathinaikos yang diboyong dari sesama tim EuroLeague?

1. Kostas Antetokounmpo pulang ke Yunani

5 Pemain Baru Panathinaikos 2023/2024 dari Sesama Tim EuroLeagueKostas Antetokounmpo (nba.com)

Setelah kurang lebih 5 tahun berkarier di luar Yunani, Kostas Antetokounmpo pun pulang ke negaranya. Ia resmi bergabung dengan Panathinaikos dari Fenerbahce. Faktanya, klub Yunani pertama yang dibela Kostas. Kesepakatan antara Panathinaikos dan Kostas terjadi pada 22 Juni 2023.

Adik dari Giannis Antetokounmpo ini dikontrak selama 2 tahun tanpa opsi perpanjangan kontrak. Namun, jika dilihat dari kondisi skuad saat ini, Kostas tampaknya akan sering menjadi pemain cadangan. Hal itu telah terlihat dari pekan pertama EuroLeague di mana Ergin Ataman lebih suka memainkan Mathias Lessort dan Aleksander Balcerowski di posisi center.

2. Luca Vildoza jadi andalan baru di posisi guard

5 Pemain Baru Panathinaikos 2023/2024 dari Sesama Tim EuroLeagueLuca Vildoza saat membela Timnas Argentina. (instagram.com/lucavildoza)

Mendatangkan Luca Vildoza dari Crvena Zvezda merupakan langkah brilian yang diambil Ergin Ataman. Pasalnya, Vildoza merupakan salah satu guard terbaik di EuroLeague saat ini. Bahkan, ia mampu bermain versatile sebagai point guard dan shooting guard dengan kemampuan sama baiknya.

Pria asal Argentina ini diikat dengan kontrak selama 3 tahun pada 26 Juni 2023 oleh Panathinaikos. Perannya pun cukup memuaskan sejauh ini, meski menempati dua posisi berbeda. Vildoza layak menjadi pilihan utama di Panathinaikos.

Baca Juga: 6 Pemain NBA yang Hijrah ke EuroLeague pada Musim Panas 2023

3. Matthias Lessort berstatus bintang di Partizan Belgrade

5 Pemain Baru Panathinaikos 2023/2024 dari Sesama Tim EuroLeagueMathias Lessort (euroleaguebasketball.net)

Untuk memperkuat posisi di bawah rim, Panathinaikos mendatangkan raja rebound EuroLeague 2022/2023. Sosok tersebut adalah Matthias Lessort, center berkebangsaan Prancis yang diboyong dari Partizan Belgrade. Lessort sendiri datang pada 27 Juni 2023 dengan kontrak berdurasi 2 tahun.

Ia diproyeksikan untuk menjadi center utama Panathinaikos beberapa musim ke depan. Hal itu telah terlihat sejak pekan pertama EuroLeague. Lessort mendapatkan menit bermain terbanyak di antara center Panathinaikos lain, seperti Aleksander Balcerowski dan Kostas Antetokounmpo.

4. Ioannis Papapetrou kembali berseragam Panathinaikos

5 Pemain Baru Panathinaikos 2023/2024 dari Sesama Tim EuroLeagueIonnis Papapetrou (fiba.basketball)

Ionnis Papapetrou kembali ke Yunani setelah mendapatkan kontrak berdurasi 2 tahun dari Panathinaikos pada 12 Juli 2023. Papapetrou bukanlah sosok baru di skuad Panathinaikos. Sebelum bermain di Partizan Belgrade (2022/2023), Papapetrou pernah menjadi pemain andalan dari Panathinaikos selama 4 tahun (2018--2022).

Belum terlihat bagaimana peran Papapetrou pada pertandingan pertama Panathinaikos di EuroLeague 2023/2024. Pasalnya, ia tak berada di skuad tersebut karena masih mengalami cedera. Namun, untuk mendapatkan tempat utama di posisi small forward, Papapetrou harus bersaing dengan Juancho Hernangomez dan Lefteris Manzoukas.

5. Kostas Sloukas menyebrang dari Olympiacos

5 Pemain Baru Panathinaikos 2023/2024 dari Sesama Tim EuroLeagueKostas Sloukas tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Kostas Sloukas adalah ikon besar dari Olympiacos Pireus. Point guard berkebangsaan Yunani ini telah membela Olympiacos selama 10 tahun. Namun, pada 8 Juli 2023, Sloukas justru menyebrang ke Panathinaikos, klub yang notabene menjadi rival ketat dair Olympiacos.

Hal ini sempat membuat pendukung Olympiacos kecewa dan memprotes keputusan Sloukas. Namun, pria berusia 33 tahun ini tetap mengambil keputusannya. Meski tak lagi muda, Sloukas tetap dipercaya untuk mendapatkan menit bermain yang baik di klub barunya.

Selain mendatangkan beberapa pemain dari sesama tim EuroLeague, Panathinaikos pun merekrut pemain dari liga lain. Mereka tak kalah hebat dari pemain-pemain yang sudah biasa berlaga di EuroLeague. Sebut saja Dimitris Moraitis, Dinos Mitrolgou, Aleksander Balcerowski, Kyle Guy, Jerian Grant, dan Juancho Hernangomez.

Baca Juga: 7 Pemain Baru Crvena Zvezda 2023 dari Tim EuroLeague

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya