3 Pemain Basket Italia yang Berkarier di NBA 2023/2024

Ketiganya pernah membela Detroit Pistons

Italia memang dikenal sebagai negara yang memiliki pamor cukup mentereng dalam dunia sepak bola. Namun, sepak bola tentu saja bukan satu-satunya olahraga populer di Negeri Piza. Selain sepak bola, olahraga bola basket juga punya peminat yang sangat banyak di sana.

Hal tersebut tercermin dari banyaknya pemain basket hebat yang berasal dari Italia. Tak jarang, pemain basket tersebut punya prestasi mentereng dan diminati oleh tim-tim NBA yang terkenal kuat dan punya kompetisi ketat. Pada 2023/2024 saja, ada tiga pemain basket Italia yang berkarier di NBA. Siapa saja mereka? Coba intip sosok-sosoknya di bawah ini!

1. Simone Fontecchio bermain untuk Utah Jazz dan Detroit Pistons di NBA 2023/2024

3 Pemain Basket Italia yang Berkarier di NBA 2023/2024Simone Fontecchio (nba.com)

Musim 2023/2024 merupakan musim kedua Simone Fontecchio di NBA. Meski telah berusia 28 tahun, Fontecchio tak ragu untuk melanjutkan karier di Amerika Serikat dan bisa tampil percaya diri pada tahun sophomore-nya. Hal ini terbukti dari rata-rata statistiknya yang cukup meningkat dibandingkan musim sebelumnya.

Hingga Maret 2023, Fontecchio sendiri telah membela dua tim NBA selama 2023/2024. Utah Jazz menjadi tim pertamanya musim ini, melanjutkan kariernya pada musim lalu. Ia tampil cukup apik dalam 50 pertandingan dengan rata-rata 8,9 poin, 3,5 rebound, dan 1,5 assist per laga sebagai seorang small forward.

Pada 8 Februari 2024, Simone Fontecchio di-trade ke Detroit Pistons oleh Utah Jazz. Bersama tim ini, Fontecchio makin matang dengan mencatatkan rata-rata 15,4 poin, 4,4 rebound, dan 1,8 assist dari 16 pertandingan. Sayangnya, kiprah Fontecchio di Detroit Pistons sedikit terganggu akibat cedera kaki yang ia derita pada 22 Maret 2024.

Baca Juga: 4 Forward sebelum Giannis Antetokounmpo di NBA Draft 2013

2. Ryan Arcidiacono telah dilepas Detroit Pistons pada 10 Februari 2024

3 Pemain Basket Italia yang Berkarier di NBA 2023/2024Ryan Arcidiacono (nba.com)

Ryan Arcidiacono memulai 2023/2024 dengan berseragam New York Knicks. Akan tetapi, ia gagal tampil gemilang. Hal ini bisa diterima karena Arcidiacono hanya bisa bermain dengan rata-rata 2,3 menit per pertandingan dari 20 laga yang ia jalani musim ini.

Pada 8 Februari 2024, Arcidiacono pun dimasukkan ke sebuah paket trade ke Detroit Pistons bersama Malachi Flynn, Evan Fournier, Quentin Grimes, dan dua second round pick. Akan tetapi, ia justru dilepas Detroit Pistons 2 hari setelahnya. Arcidiacono tak masuk skema permainan Detroit Pistons saat itu.

Ryan Arcidiacono sendiri lahir di Philadelphia, Amerika Serikat. Namun, ia bisa mendapatkan kewarganegaraan Italia karena memiliki keturunan dari leluhurnya. Sayangnya, ia belum pernah membela Timnas Italia di ajang resmi.

3. Danilo Gallinari (Milwaukee Bucks) penuh pengalaman di NBA

3 Pemain Basket Italia yang Berkarier di NBA 2023/2024Danilo Gallinari (nba.com)

Di antara tiga pemain dalam daftar ini, Danilo Gallinari menjadi yang paling senior. Power forward berusia 35 tahun ini telah berada di NBA sejak 2008. Ia pernah menjadi bintang tim hingga akhirnya merasakan menjadi pemain pelengkap seperti pada 2023/2024 ini.

Pada musim ini, Gallinari pernah bermain untuk tiga tim berbeda. Washington Wizards, Detroit Pistons, dan Milwaukee Bucks menjadi deretan tim yang telah ia bela. Per 23 Maret 2024, Gallinari sedang membela Milwaukee Bucks dan mengumpulkan rata-rata 2,3 poin, 0,8 rebound, dan 0,8 assist per laga. Ia menjadi pemain cadangan yang pengalamannya akan berguna untuk Bucks.

Sebetulnya Paolo Banchero juga memiliki kewarganegaraan Italia. Power forward Orlando Magic itu juga sempat digadang-gadang akan menjadi bintang Timnas Italia. Akan tetapi, Banchero akhirnya lebih memilih membela Timnas Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023. Hal tersebut memantik kegaduhan besar, khususnya di federasi bola basket Italia. Maka, hanya tiga pemain di ataslah yang menjadi wakil mereka di NBA.

Baca Juga: 3 Pemain Cadangan Terpenting Milwaukee Bucks di NBA 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya