5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1996

Terbaik dalam sejarah?

NBA Draft 1984 dan NBA Draft 2003 sering kali disebut sebagai kelas terbaik dalam sejarah penyelenggaraan NBA. Selain dua kelas tersebut, terdapat NBA Draft 1996 yang dikenal berhasil menorehkan banyak sekali pemain bintang.

Terhitung lebih dari 10 nama pemain bintang nan melegenda lahir dari kelas NBA Draft 1996. Bahkan beberapa di antaranya, berhasil meraih penghargaan NBA MVP. Berikut kami sajikan ulasan 5 yang terbaik dari kelas NBA Draft satu ini!

1. Kobe Bryant

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1996Kobe Bryant (nba.com)

Kobe Bryant sangat layak disebut sebagai steal draft dan pemain terbaik yang dipilih pada NBA Draft 1996. Kobe Bryant sebetulnya dipilih oleh Charlotte Hornets di posisi ke-16. Namun, tim asal California tersebut justru menukar Kobe ke Los Angeles Lakers yang menjadi satu-satunya tim NBA yang Kobe bela.

Sebagai sosok legenda, Kobe benar-benar banyak mempengaruhi permainan pebasket NBA saat ini. Tak ada lagi yang ragu dengan sosok kebintangannya. Torehan 5 kali gelar juara NBA, 18 kali masuk dalam NBA All-Star Game, 15 kali masuk All-NBA Team serta menjadi NBA MVP pada 2008 adalah bukti kehebatan Kobe selama berada di NBA.

Berkat torehan tersebut, nomor punggung 8 dan 24 yang ia biasa gunakan akhirnya dipensiunkan oleh LA Lakers. Selain itu, ia pun masuk dalam daftar 75 pemain terbaik NBA sepanjang masa.

2. Allen Iverson

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1996Allen Iverson (sports.yahoo.com)

Pick pertama pada NBA Draft 1996 menjadi milik Allen Iverson. Guard yang berkarier di NBA selama 14 tahun ini dipilih oleh Philadelphia 76ers yang pernah ia bela selama 11 tahun. Walaupun hanya memiliki tinggi 183 cm, Iverson sangatlah hebat sebagai seorang pebasket profesional NBA.

Iverson dikenal karena kemampuannya yang sangat luar biasa. Ia mampu bermain di NBA layaknya seperti bermain streetball.

Pria kelahiran Virginia ini juga pernah menjadi NBA MVP pada tahun 2001. Selain itu, ia juga pernah mengikuti 11 kali NBA All-Star Game, 4 kali menjadi NBA Scoring Champion dan 6 kali masuk All-NBA Team.

Torehan tersebut membuat nomor punggung 3 Allen Iverson dipensiunkan oleh Philadelphia 76ers. Ia juga menjadi salah satu pemain yang masuk dalam daftar 75 pemain terbaik NBA

Baca Juga: 5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draft

3. Steve Nash

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1996Steve Nash (nba.com)

Nama selanjutnya ialah Steve Nash yang saat ini menjabat sebagai pelatih dari Brooklyn Nets. Point guard berkebangsaan Kanada ini terpilih di urutan ke-15 oleh Pheonix Suns pada NBA Draft 1996.

Selama berkarier, Steve Nash dikenal sebagai pemain hebat dengan kemampuan passing yang luar biasa. Sehinngga tak mengherankan jika ia memimpin torehan NBA Assist Leader sebanyak 5 kali.

Selain itu, ia juga pernah dinobatkan sebagai NBA MVP sebanyak 2 kali, masuk NBA All-Star Team sebanyak 8 kali dan masuk 7 kali masuk NBA All-Team. Nash juga termasuk dalam 75 pemain terbaik NBA sepanjang masa.

4. Ray Allen

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1996Ray Allen (slamonline.com)

Ray Allen dipilih di urutan ke-5 pada NBA Draft 1996 oleh Milwaukee Bucks yang ia bela selama 7 tahun. Akan tetapi, kariernya justru lebih menonjol ketika ia menjadi pemain dari Boston Celtics dan Miami Heat. Pasalnya, dua tim tersebut berhasil membawa Ray Allen menjadi juara NBA.

Selama berkarier di NBA, Ray Allen dikenal sebagai shooting guard yang hebat dengan kemampuan tembakan 3 angka yang ciamik. Ia juga sempat memimpin torehan tembakan 3 poin terbanyak NBA, sebelum rekornya dipatahkan Stephen Curry pada akhir tahun 2021.

Selain dua kali menjadi juara NBA, Ray Allen juga pernah berpartisipasi sebanyak 10 kali pada NBA All-Star Game, 2 kali masuk All-NBA Team Selections dan termasuk dalam 75 pemain terbaik NBA sepanjang masa.

5. Ben Wallace

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1996Ben Wallace (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Ben Wallace yang sangat melegenda ketika membela Detroit Pistons. Ben Wallace memang tergabung dalam NBA Draft 1996, namun ia gagal terpilih pada tahun tersebut. Beruntung baginya, karena Washington Wizards kemudian mengontraknya.

Selama berkarier di NBA, Ben Wallace dikenal sebagai seorang defender yang sangat hebat. Total 4 kali ia terpilih menjadi NBA Player of the Year dan 5 kali masuk dalam NBA All-Defensive First Team. Wallace juga pernah menjadi juara NBA bersama Detroit Pistons dan 4 kali mengikuti NBA All-Star Game.

Walaupun tidak masuk dalam daftar 75 pemain terbaik NBA, namun kariernya cukup dikenang banyak penggemar NBA dan nomor punggung 3 yang biasa ia gunakan akhirnya dipensiunkan Detroit Pistons.

 

Kelas NBA Draft 1996 memang sangat mentereng dan bisa disebut sebagai yang terbaik. Selain kelima nama di atas, terdapat pula nama Antoine Walker, Stephon Marbury, Peja Stojakovic dan beberapa nama lainnya yang cukup melegenda di NBA dan berasal dari kelas ini.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen Curry

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya