6 Pemain Bintang NBA yang Absen di FIBA EuroBasket 2022

Cedera jadi masalah

Total 24 kontestan FIBA EuroBasket 2022 telah mengumumkan roster mereka. Pemain-pemain terbaik siap diturunkan guna mencapai tujuan menjadi juara turnamen ini. Namun, tak semua pemain terbaik di negara mereka ikut serta dalam gelaran tahun ini.

Beberapa pemain bintang, khususnya yang berlaga di NBA, harus absen dengan berbagai alasan. Berikut ini ulasan enam pemain bintang NBA yang absen di FIBA EuroBasket 2022.

1. Bogdan Bogdanovic

6 Pemain Bintang NBA yang Absen di FIBA EuroBasket 2022Bogdan Bogdanovic (nba.com)

Bogdan Bogdanovic (Serbia) dipastikan absen di FIBA EuroBasket 2022. Cedera lutut yang ia derita pada Mei 2022 menjadi alasannya absen pada gelaran kali ini.

Shooting guard Atalanta Hawks ini memilih untuk melakukan pemulihan menjelang musim baru NBA. Absennya Bogdanovic jelas menjadi kehilangan besar bagi Timnas Serbia yang membutuhkan sosok guard senior nan berkualitas.

2. Nicolas Batum

6 Pemain Bintang NBA yang Absen di FIBA EuroBasket 2022Nicolas Batum (nba.com)

Setelah bertahun-tahun selalu hadir membela Timnas Prancis, Nicolas Batum terpaksa absen untuk membela negaranya. Prancis tampaknya sedang melakukan regenerasi tim sehingga Batum akhirnya tak masuk roster.

Selain Batum, Timnas Prancis juga tak memanggil Nando de Colo yang notabene pemain andalan yang telah berusia tua. Pada musim panas kali ini, Batum sendiri fokus untuk menyiapkan diri menjelang musim baru NBA.

3. Nikola Vucevic

6 Pemain Bintang NBA yang Absen di FIBA EuroBasket 2022Nikola Vucevic (nba.com)

Istirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga menjadi prioritas Nikola Vucevic pada jeda musim ini. Ia tidak mengambil bagian sebagai salah satu pemain Timnas Montenegro di FIBA EuroBasket 2022.

Padahal kehadiran center yang bermain untuk Chicago Bulls ini akan sangat dibutuhkan Montenegro. Hal ini terjadi karena Vucevic merupakan pemain senior dan jadi satu-satunya pemain Montenegro yang bermain di NBA.

Baca Juga: 5 EuroBasket MVP dalam 5 Edisi Terakhir, Pau Gasol 2 Kali!

4. Ricky Rubio

6 Pemain Bintang NBA yang Absen di FIBA EuroBasket 2022Ricky Rubio (nba.com)

Cedera yang ia derita sejak 2021 membuat Ricky Rubio menepi lama dari dunia bola basket. Hal ini juga memaksanya absen membela Timnas Spanyol di FIBA EuroBasket 2022.

Padahal Ricky Rubio merupakan tulang punggung Timnas Spanyol dalam beberapa turnamen terakhir. Rubio selalu mencatatkan rataan statistik yang fantastis untuk negaranya tersebut. Namun, pemulihan cedera kini jadi fokus utamanya.

5. Danilo Gallinari

6 Pemain Bintang NBA yang Absen di FIBA EuroBasket 2022Danilo Gallinari (nba.com)

Cedera lutut yang menimpa Danilo Gallinari pada kualifikasi FIBA World Cup, Agustus 2022 lalu, mengharuskannya absen dari FIBA EuroBasket. Padahal Danilo Gallinari awalnya masu roster Timnas Italia.

Cedera tersebut mengharuskannya istirahat total guna menghadapi musim baru. Kehilangan Gallinari jelas menjadi kerugian besar bagi Timnas Italia yang membutuhkan sosok pemimpin di tim mereka.

6. Paolo Banchero

6 Pemain Bintang NBA yang Absen di FIBA EuroBasket 2022Paolo Banchero (ncaa.com)

Pick pertama pada NBA Draft 2022, Paolo Banchero, juga harus absen membela Timnas Italia pada FIBA EuroBasket 2022. Fokus menjelang musim pertamanya di NBA menjadi alasan ia absen membela negaranya.

Sebetulnya, Banchero belum pernah melakukan debut bersama Timnas Italia. Power forward Orlando Magic ini akan melakukan debut jika Timnas Italia lolos ke FIBA World Cup 2023.

Selain kelima nama di atas, beberapa pemain NBA seperti Boban Marjanovic, Moritz Wagner, Maxi Kleber, Omer Yurtseven, dan OG Anunouby juga absen dengan berbagai alasan. Apakah kehadiran nama-nama di atas akan mengganggu performa tim di FIBA EuroBasket 2022?

Baca Juga: 6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya