4 Pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Rata-rata gagal bersinar di NBA

Tim Nasional Italia merilis 15 pemain pertama yang dipilih untuk membela Gli Azzurri di FIBA World Cup 2023. Dari 15 pemain tersebut, 12 pemain akan dipilih untuk dibawa berlaga ke Manila, Filipina. Kebetulan mereka berada di Grup A, yang akan bertarung dengan Angola, Republik Dominika, dan tuan rumah, Filipina.

Dengan materi pemain yang ada, Italia tentu optimistis bisa melangkah jauh di turnamen ini. Pebasket Italia merupakan salah satu yang berada di level terbaik. Sebab, 4 dari 15 pemain yang dipilih merupakan pemain hebat yang pernah berlaga di NBA.

Siapa sajakah pemain itu? Berikut pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang pernah main di NBA.

1. Luigi Datome akan membuat FIBA World Cup 2023 sebagai ajang perpisahan

4 Pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBALuigi Datome (nba.com)

Luigi Datome merupakan salah satu pemain veteran yang dibawa Gianmarco Pozzecco, pelatih Italia, ke FIBA World Cup 2023. Usia pemain yang berposisi sebagai small forward ini telah menginjak 35 tahun. Jika terpilih masuk skuad Italia untuk FIBA World Cup 2023, maka turnamen ini akan menjadi panggung terakhirnya. Sebab, Datome telah mengumumkan untuk pensiun sebagai pebasket profesional di level klub.

Saat masih aktif bermain, Datome pernah membela beberapa klub Eropa dan Amerika Serikat (NBA). Saat berkarier di NBA, Datome berseragam Detroit Pistons (2013--2015) dan Boston Celtics (2015). Namun, permainan dan statistiknya kurang mengesankan kala itu.

2. Nico Mannion sempat jadi wonderkid bola basket Italia

4 Pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBANiccolo Mannion (euroleaguebasketball.net)

Nico Mannion pernah dianggap sebagai wonderkid-nya bola basket Italia. Pemain yang pada musim depan akan membela Saski Baskonia ini telah berhasil menembus NBA pada usia 19 tahun. Ia berkarier setelah dipilih oleh Golden State Warriors pada NBA Draft 2020. Sayangnya, Mannion tak bisa berkembang karena selalu kalah dari sosok Stephen Curry.

Mannion pun melanjutkan kariernya di EuroLeague demi mendapatkan kembali kestabilan performa. Alhasil, ia pun mendapatkan hal tersebut dan mulai rajin dipanggil Timnas Italia. Pada FIBA World Cup 2023, Mannion akan menjadi salah satu opsi kuat Gianmarco Pozzecco di posisi playmaker.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

3. Nicolo Melli punya tembakan tiga angka yang baik

4 Pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBANicolo Melli (euroleaguebasketball.net)

Meski telah berusia 32 tahun, Nicolo Melli diprediksi akan menjadi kekuatan utama Timnas Italia untuk posisi frontcourt. Pemain yang bermain untuk Olimpia Milano ini cukup kuat dalam hal rebound dan cukup aktif dalam mencetak poin. Hebatnya, Melli memiliki kemampuan tembakan jauh yang apik walaupun berposisi sebagai power forward.

Sebelum mulai membela Olimpia Milano, Melli pernah berkarier di NBA selama 3 tahun (2019--2021). Dalam kurun waktu tersebut, ia pernah membela New Orleans Pelicans (2019--2021) dan Dallas Mavericks (2021). Sayangnya, Melli hanya memiliki statistik bagus pada musim pertamanya.

4. Simone Fontecchio mendapat menit bermain yang cukup banyak bersama Utah Jazz

4 Pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBASimone Fontecchio saat membela Timnas Italia. (instagram.com/simonfonte_)

Simone Fontecchio merupakan rookie yang baru berlaga di NBA pada 2022/2023. Pada musim pertamanya itu, small forward berusia 27 tahun ini cukup sering dimainkan dengan rata-rata 14,7 menit dari 52 pertandingan untuk Utah Jazz. Sayangnya, rata-rata poin yang dimiliki Fontecchio pada musim pertamanya hanya ada di angka 6,7 poin, 1,7 rebound, dan 0,8 assist per laga.

Kendati demikian, Fontecchio merupakan salah satu yang terbaik di Timnas Italia. Hal itu dibuktikan pada EuroBasket 2022, di mana Fontecchio tampil paling menonjol untuk negaranya. Hal itulah yang diharapkan bisa terjadi di FIBA World Cup 2023 mendatang.

Italia sebetulnya bisa menambah kekuatan dari pebasket aktif NBA di FIBA World Cup 2023. Sayangnya, pemain veteran mereka, Danilo Gallinari, harus absen karena cedera. Sedangkan, Paolo Banchero akhirnya lebih memilih untuk membela Timnas Amerika Serikat ketimbang membela Timnas Italia. Padahal, Banchero sempat berkomitmen untuk membela Italia di FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: 10 Pemain NBA yang Membela Timnas Kanada di FIBA World Cup 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya