5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBA

Jonas Valanciunas siap memimpin rekan setimnya

Uni Soviet dahulunya merupakan negara yang sangat unggul dalam urusan bola basket. Namun, sejak runtuh pada 1991, prestasi bola basket Uni Soviet mulai dilupakan dan bakat pemainnya menyebar ke berbagai negara pecahan. Di antara banyaknya negara pecahan mereka, Lithuania menjadi yang terkuat.

Lithuania memiliki materi pemain yang hebat dan sering dipercaya untuk bermain di NBA. Hal tersebut terbukti dari lima pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang pernah berkarier di NBA. Siapa sajakah mereka?

1. Deividas Sirvydis

5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBADeividas Sirvydis (fiba.basketball)

Deividas Sirvydis tak memiliki karier yang gemilang selama 2 musim (2020--2022) bermain di NBA. Ia hanya mencatatkan 23 pertandingan untuk Detroit Pistons dalam kurun waktu tersebut. Pemain yang berposisi sebagai shooting guard ini lebih sering dikirim ke G League dibandingkan bermain di NBA.

Hingga 2022/2023, Deividas masih berkarier di G League bersama Wisconsin Herd. Penampilannya ini mampu menarik minat Kazys Maksvytis untuk memanggilnya ke skuad Lithuania pada FIBA World Cup 2023. Ia diprediksi akan menjadi pemain pelapis untuk Tomas Dimsa di posisi shooting guard. 

2. Ignas Brazdeikis

5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBAIgnas Brazdeikis tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball.com)

Ignas Brazdeikis sempat menjadi warga negara Kanada. Namun, sejak Mei 2022, Brazdeikis yang lahir di Kaunas ini resmi menjadi warga negara Lithuania. Oleh karena itu, ia bisa membela Lithuania untuk FIBA World Cup 2023 mendatang.

Pemain yang berposisi sebagai small forward ini memiliki pengalaman yang cukup untuk berkontribusi kepada negaranya. Ignas pernah bermain di NBA untuk tiga tim berbeda, yakni New York Knicks (2019--2021), Philadelphia 76ers (2021), dan Orlando Magic (2021--2022). Namun, statistiknya tak begitu menarik.

Baca Juga: 4 Pemain Slovenia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

3. Mindaugas Kuzminskas

5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBAMindaugas Kuzminkas (fiba.basketball)

Mindaugas Kuzminskas terbiasa dipanggil Timnas Lithuania. Ia telah berlaga di berbagai ajang resmi dan pernah menorehkan dua prestasi di EuroBasket. Mindaugas pun menjadi salah satu pemain yang dibawa ke FIBA World Cup 2023.

Mindaugas pernah berkarier di NBA pada 2016/2017 bersama New York Knicks. Permainannya kala itu tak begitu menarik perhatian. Ia tampil biasa saja dengan mencatat rata-rata 6,3 poin, 1,9 rebound, dan 1 assist per laga dari 68 pertandingan.

4. Donatas Motiejunas

5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBADonatas Motiejunas (euroleaguebasketball.net)

Donatas Motiejunas merupakan bigman asal Lithuania yang pernah berkarier di NBA untuk tiga tim. Houston Rockets (2012—2016), New Orleans Pelicans (2017), dan San Antonio Spurs (2019) jadi deretan tim yang pernah ia bela. Selama berkarier di NBA, Motiejunas hanya bersinar pada 2014/2015. Ia mencatat rata-rata 12 poin, 5,9 rebound, dan 1,8 assist dari 71 pertandingan.

Pada musim-musim lainnya, Motiejunas tampak biasa saja. Kendati demikian, ia kembali tampil hebat ketika bermain di EuroLeague. Oleh karena itu, Kazys Maksvytis selaku pelatih Lithuania memanggil Motiejunas untuk FIBA World Cup 2023. Ia diprediksi akan menjadi pemain utama untuk posisi power forward.

5. Jonas Valanciunas

5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBAJonas Valanciunas tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Sebagai satu-satunya pemain aktif NBA dalam daftar ini, Jonas Valanciunas tentu sangat diandalkan. Pemain New Orleans Pelicans ini akan dipercaya sebagai center utama untuk Lithuania di FIBA World Cup 2023. Sebab, pengalaman dan kemampuan Valanciunas telah teruji.

Karier Valanciunas di NBA pun terhitung stabil. Ia tak pernah memiliki musim yang buruk, tetapi tak pernah meraih prestasi secara individu maupun tim. Valanciunas memiliki karier yang ideal dalam kariernya sebagai pendatang di NBA.

Lithuania sebetulnya masih memiliki Domantas Sabonis yang menjadi bintang di NBA bersama Sacramento Kings. Namun, Sabonis tak akan berlaga di FIBA World Cup 2023 mendatang. Pasalnya, ia mengalami cedera dan harus istirahat pada jeda musim panas 2023 ini. Absennya Sabonis merupakan kehilangan besar bagi Lithuania.

Baca Juga: 4 Pemain Italia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya