4 Pemain NBA asal Spanyol yang Pindah ke EuroLeague 2023/2024

Pemain senior dengan nama besar

Pebasket asal Spanyol biasanya ramai menghiasi persaingan di NBA. Akan tetapi, hal tersebut tak terjadi pada 2023/2024 ini. Hanya tersisa Usman Garuba dan Santiago Aldama yang masih berkarier di liga basket tersohor sedunia.

Ini bisa terjadi karena banyak pemain senior Spanyol pindah dari NBA sejak awal hingga pertengahan musim 2023/2024. Para nama besar merasa NBA sudah tak lagi menjadi tempat yang pas untuk mereka menunjukkan kualitas.

Oleh karena itu, mereka pindah ke Eropa dan bermain bersama tim EuroLeague. Untukmu yang penasaran, inilah empat pemain NBA asal Spanyol yang pindah ke EuroLeague 2023/2024 itu!

1. Juancho Hernangomez pindah pada awal musim ke Panathinaikos

4 Pemain NBA asal Spanyol yang Pindah ke EuroLeague 2023/2024Juancho Hernangomez (kiri hijau) (euroleaguebasketball.net)

Karier yang tak menentu selama 2 musim terakhir (2021--2023) di NBA membuat Juancho Hernangomez memilih pulang ke Eropa. Pemain andalan Timnas Spanyol ini memilih untuk bergabung dengan Panathinaikos pada awal musim 2023/2024. Ia akan bermain bersama deretan bintang yang dipimpin pelatih asal Turki, Ergin Ataman.

Setelah pindah ke Panathinaikos, penampilan Juancho makin membaik. Ia memiliki peran yang cukup vital bersama tim asal Yunani tersebut. Selain itu, statistiknya meningkat ketimbang 2 musim terakhirnya di NBA bersama Boston Celtics (2021/2022), San Antonio Spurs (2022), Utah Jazz (2022), dan Toronto Raptors (2022/2023).

2. Willy Hernangomez pulang ke Spanyol untuk bergabung dengan Barcelona

4 Pemain NBA asal Spanyol yang Pindah ke EuroLeague 2023/2024Willy Hernangomez (euroleaguebasketball.net)

Serupa dengan sang adik, Willy Hernangomez hengkang dari NBA pada awal musim 2023/2024. Sebetulnya, Willy selalu tampil gemilang ketika membela Timnas Spanyol di berbagai ajang. Akan tetapi, potensinya selalu gagal terpancar ketika bermain di NBA. Hal tersebut membuat Willy selalu menjadi pemain cadangan di liga basket tersohor sedunia.

Berbeda dengan sang adik yang hengkang ke Yunani, Willy sendiri memilih pindah dari New Orleans Pelicans ke Barcelona. Bintang utama Timnas Spanyol ini langsung meroket bersama mereka. Pasalnya, Willy memiliki torehan poin dan rebound yang sangat dominan sekembalinya ke Spanyol.

Baca Juga: 8 Juara NBA yang Bermain di EuroLeague 2023/2024

3. Serge Ibaka jadi monster baru di skema permainan Bayern Munich

4 Pemain NBA asal Spanyol yang Pindah ke EuroLeague 2023/2024Serge Ibaka (euroleaguebasketball.net)

Serge Ibaka memiliki popularitas yang sangat mentereng ketika berkarier di NBA. Pemain Spanyol yang lahir di RD Kongo ini bermain selama 14 tahun (2009--2023) dan dikenal sebagai seorang pemain bertahan kelas atas. Berhasil 3 kali masuk All NBA Defensive Team dan 2 kali jadi NBA Block Leader menjadi bukti kehebatannya selama di NBA.

Kejutan pun datang pada awal musim 2023/2024 ketika Serge Ibaka memutuskan keluar dari NBA. Pemain berposisi center ini pindah ke tim raksasa Jerman, Bayern Munich. Meski tak lagi muda, Ibaka ternyata memiliki peran yang cukup besar di tim barunya di Jerman.

Ibaka sukses menjadi seorang pemain yang menampilkan kualitas menyerang dan bertahan yang sama baiknya. Bahkan, ia berhasil menjadi raja rebound Bayern Munich saat ini. Dengan kualitas yang ditunjukkan, seharusnya Ibaka masih layak untuk bermain di NBA.

4. Ricky Rubio pulang ke tim yang membesarkan namanya, Barcelona

4 Pemain NBA asal Spanyol yang Pindah ke EuroLeague 2023/2024Ricky Rubio (euroleaguebasketball.net)

Ricky Rubio sempat absen membela Cleveland Cavaliers pada awal musim 2023/2024. Masalah kesehatan dan cedera yang ia alami menjadi alasan utama dirinya absen. Pemain berposisi point guard ini pun sempat memikirkan untuk mengakhiri kariernya.

Rubio lalu berubah pikiran dan segera kembali bermain basket pada awal 2024. Namun, ia memilih untuk tidak lagi bermain di NBA dengan bergabung ke tim yang membesarkan namanya, Barcelona. Rubio kembali ke Spanyol dan bermain untuk mereka pada pertengahan musim ini. Kedatangannya disambut hangat banyak orang, terutama mereka yang mendukung Barcelona.

Meski ditinggal banyak pemain pada 2023/2024, Spanyol tidak akan berhenti menyumbang talenta ke NBA. Selalu saja ada pemain muda berbakat yang mentereng dan menjadi sorotan dari sana. Bahkan, beberapa pemain dari negara lain yang tumbuh di Negeri Matador juga mampu menjadi pemain bintang di NBA. Contohnya Luka Doncic (Slovenia) yang sempat ditempa Real Madrid di EuroLeague dan kini menjadi bintang utama Dallas Mavericks.

Baca Juga: 5 Pebasket Terbaik yang Main di NBA setelah Lulus SMA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya