6 Pemain Olimpia Milano yang Bermain di FIBA World Cup 2023

Dihuni oleh pemain Italia dan Jerman

Olimpia Milano merupakan klub terbaik di daratan Italia dalam beberapa tahun terakhir. Tim asal Lombardia ini mendominasi gelar juara dan menjadi salah satu perwakilan Italia di ajang EuroLeague. Kejayaan ini didapatkan karena Olimpia Milano memiliki materi pemain yang cukup baik.

Bahkan, sejumlah pemain Olimpia Milano berhasil dipanggil negaranya ke FIBA World Cup 2023. Uniknya, enam pemain Olimpia Milano ini hanya dipanggil membela Timnas Italia dan Timnas Jerman. Siapa sajakah keenam nama tersebut?

1. Giampolo Ricci berjuang untuk Italia

6 Pemain Olimpia Milano yang Bermain di FIBA World Cup 2023Giampolo Ricci (fiba.basketball)

Giampolo Ricci merupakan salah satu pemain senior di skuad Italia dan Olimpia Milano. Power forward berusia 31 tahun ini memiliki kemampuan yang cukup apik dalam hal menembak tiga angka dan bertahan. Hal itulah yang membuat Ricci dipanggil Gianmarco Pozzeco ke FIBA World Cup 2023.

Saat ini, Ricci sedang berjuang membawa Italia berprestasi hingga masuk ke playoff. Sayangnya, Italia dan Ricci kalah di babak quarter finals kontra Amerika Serikat. Total, Ricci telah mencatatkan 53 poin, 2 assist, dan 17 rebound dari 5 laga dengan rincian 106 menit.

2. Turnamen basket terakhir Gigi Datome

6 Pemain Olimpia Milano yang Bermain di FIBA World Cup 2023Luigi Datome saat berseragam Timnas Italia. (instagram.com/gigidatome)

Luigi "Gigi" Datome telah memutuskan untuk pensiun di Olimpia Milano pada Juli 2023 lalu. Namun, ia menyempatkan untuk membela Timnas Italia pada akhir kariernya. Oleh karena itu, FIBA World Cup 2023 merupakan turnamen terakhir bagi small forward berusia 35 tahun ini dalam karier bola basketnya.

Pada turnamen terakhirnya ini, Datome tentu berharap Italia bisa menjadi juara. Sayangnya, Italia dan Datome hanya mencapai quarter finals. Jika dijumlahkan, Datome mencatatkan 41 poin, 4 assist, dan 7 rebound dari 6 laga dengan rincian 79 menit.

3. Nicolo Melli pimpin torehan rebound untuk Timnas Italia

6 Pemain Olimpia Milano yang Bermain di FIBA World Cup 2023Nicolo Melli saat berseragam Timnas Italia. (instagram.com/nikmelli)

Nicolo Melli hadir sebagai pentolan di posisi frontcourt Timnas Italia. Ia tampaknya sudah terbiasa dengan peran tersebut karena dirinya begitu diandalkan kala berseragam Olimpia Milano. Sebagai seorang power forward, Melli memiliki kemampuan rebound yang cukup baik dan juga hebat dalam mencetak angka.

Melli sendiri cukup hebat dalam urusan tembakan jarak jauh. Pada FIBA World Cup 2023, Melli hadir sebagai pemimpin rebound di Timnas Italia. Mantan pemain New Orleans Pelicans dan Dallas Mavericks ini mengoleksi 43 poin, 18 assist, dan 46 rebound dari 166 menit.

Baca Juga: 10 Pemain Tertinggi di FIBA World Cup 2023, Ada Zach Edey!

4. Stefano Tonut tampil seimbang di FIBA World Cup 2023

6 Pemain Olimpia Milano yang Bermain di FIBA World Cup 2023Stefano Tonut (fiba.basketball)

Stefano Tonut menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan Gianmarco Pozzeco untuk posisi guard. Tonut tampil cukup hebat dan bermain sangat seimbang. Tonut memperoleh memperoleh 68 poin, 12 assist, dan 12 rebound dari 142 menit.

Catatan poinnya itu merupakan yang terbanyak kedua di bawah Simone Fontecchio dan di atas Marco Spissu. Permainan apiknya ini tak jauh berbeda dengan permainannya bersama Olimpia Milano. Tonut bermain cepat, jago menembak, dan lihai dalam urusan lay up.

5. Maodo Lo cukup aktif mencetak poin dan assist

6 Pemain Olimpia Milano yang Bermain di FIBA World Cup 2023Maodo Lo (fiba.basketball)

Selain ada 4 pemain yang membela Timnas Italia, ada pula 2 pemain Olimpia Milano yang membela Timnas Jerman. Nama yang pertama ialah Maodo Lo, pemain yang berposisi sebagai guard. Pemain keturunan Senegal ini merupakan pendatang baru di skuad Olimpia Milano.

Sebelumnya, ia bermain untuk Alba Berlin di Liga Jerman. Permainan apik Maodo Lo sebelumnya membuat Olimpia Milano dan Timnas Jerman tertarik memakai jasanya. Oleh karena itu, Maodo bisa tampil di FIBA World Cup 2023. Ia tercatat cukup aktif dalam mencetak poin dan assist.

6. Johannes Voigtman perkasa di bawah rim

6 Pemain Olimpia Milano yang Bermain di FIBA World Cup 2023Johannes Voigtmann (fiba.basketball)

Sama seperti Maodo Lo, Johannes Voigtmann juga berasal dari Jerman. Voigtmann merupakan pemain yang telah berpengalaman membela Timnas Jerman. Tak heran ia dibawa untuk FIBA World Cup kali ini.

Penampilan Voigtmann di FIBA World Cup 2023 pun cukup baik. Bahkan, ia menjadi pencetak rebound terbanyak di skuad Jerman sejauh ini. Berkatnya, Jerman pun lolos dari ronde kedua untuk menghadapi Latvia di quarter finals. Pemain yang bermain di posisi center ini telah mencatatkan 22 poin, 15 assist, dan 28 rebound dari 96 menit.

Pemain Olimpia Milano ini bisa saja bertemu pada FIBA World Cup 2023. Namun, Timnas Jerman harus kalah terlebih dahulu dari Latvia. Akan tetapi, Maodo Lo dan Johannes Voigtmann tentu tak akan membiarkan hal tersebut terjadi.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya