5 Pemain Terakhir yang Memenangi Penghargaan EuroLeague Best Defender

Edy Tavares dan Kyle Hines mendominasi 4 tahun terakhir

Bertahan merupakan salah satu aspek penting dalam olahraga basket. Beberapa pebasket hebat, seperti Anthony Davis, Rudy Gobert, Kawhi Leonard, Dwight Howard, dan Kevin Garnett menjadi beberapa pebasket NBA yang hebat dalam hal ini.

Di kompetisi EuroLeague, beberapa pebasket juga memiliki titel sebagai seorang defender hebat. Untuk mengetahui beberapa di antaranya, berikut kami hadirkan lima pemian terakhir yang memenangkan penghargaan EuroLeague Best Defender.

1. Kyle Hines

5 Pemain Terakhir yang Memenangi Penghargaan EuroLeague Best DefenderKyle Hines (euroleaguebasketball.net)

Pemain terakhir yang merengkuh penghargaan EuroLeague Best Defender adalah Kyle Hines. Pemain berkebangsaan Amerika Serikat ini meraihnya sebanyak 3 kali, yakni pada 2016, 2018, dan 2022.

Tiga gelar tersebut berhasil Hines dapatkan bersama dua tim berbeda, yakni CSKA Moscow (2013—2020) dan Olimpia Milano (2020—2022). Dengan hal ini, Hines menjadi salah satu pemain yang memenangkan penghargaan EuroLeague Best Defender lebih dari satu kali.

2. Edy Tavares

5 Pemain Terakhir yang Memenangi Penghargaan EuroLeague Best DefenderEdy Tavares saat berseragam Real Madrid. (instagram.com/22edy22)

Jika bisa dibilang, Edy Tavares merupakan saingan terkuat Kyle Hines dalam meraih penghargaan EuroLeague Best Defender. Sejak mulai berkarier di Eropa pada 2017, Tavares telah dua kali memenangkan penghargaan ini.

Momen tersebut terjadi pada tahun 2019 dan 2021 bersama Real Madrid. Atribut utamanya dalam hal block menjadi kekuatan pemain asal Cape Verde ini dalam bermain bola basket, khususnya dalam bertahan.

Baca Juga: 11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!

3. Adam Hanga

5 Pemain Terakhir yang Memenangi Penghargaan EuroLeague Best DefenderAdam Hanga (fcbarcelona.com)

Satu-satunya pebasket asal Eropa yang masuk dalam daftar ini adalah Adam Hanga. Small forward asal Hungaria ini menjadi salah satu kekuatan utama Real Madrid Baloncesto saat ini dalam hal bertahan bersama Edy Tavares.

Sebelum bergabung dengan Real madrid pada 2021, Adam Hanga pernah berseragam Barcelona selama 4 tahun (2017—2021). Dalam kurun waktu tersebut, Hanga berhasil meraih penghargaan EuroLeague Best Defender pada 2017.

4. Bryant Dunston

5 Pemain Terakhir yang Memenangi Penghargaan EuroLeague Best DefenderBryant Dunston (anadoluefessk.org)

Pebasket asal Amerika Serikat lain yang masuk dalam daftar ini adalah Bryant Dunston. Center yang kini bermain untuk Anadolu Efes ini pernah memenangkan penghargaan EuroLeague Best Defender sebanyak dua kali.

Akan tetapi, dua penghargaan tersebut tak Dunston dapatkan kala bermain untuk Anadolu Efes. Ia memenangkannya pada 2014 dan 2015 kala masih bermain untuk Olympiacos Pireus.

5. Stephane Lasme

5 Pemain Terakhir yang Memenangi Penghargaan EuroLeague Best DefenderStephane Lasme (fiba.basketball)

Stephane Lasme merupakan center asal Gabon yang pernah bermain untuk Golden State Warriors (2007) dan Miami Heat (2008). Sejak pindah dari Miami Heat, Lasme memulai kariernya di EuroLeague.

Dari karier panjangnya tersebut, Lasme sukses merengkuh satu penghargaan EuroLeague Best Defender 2013. Catatan membanggakan tersebut berhasil Lasme dapatkan kala berseragam Panathinaikos.

 

Sejak penghargaan ini mulai diadakan pada 2004, hanya ada delapan pemain yang pernah memenangkan penghargaan EuroLeague Best Defender. Selain lima nama dalam daftar, Dimitris Diamantidis, Andrei Kirilenko, dan Victor Khryapa menjadi beberapa nama lain.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pensiun dari Timnas Usai EuroBasket 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya