Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Cleveland Cavaliers 30 Tahun Terakhir

LeBron James menjadi yang terbaik

Cleveland Cavaliers merupakan salah satu tim legendaris yang ada di NBA. Namun, sejak berdiri tahun 1970, tim asal negara bagian Ohio ini baru sekali merasakan menjadi juara NBA, yakni pada tahun 2016.

Salah satu kunci keberhasilan Cleveland Cavaliers meraih juara NBA saat itu adalah kombinasi antara pemain muda dan para pemain berpengalaman yang memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Salah satu pemain yang paling berperan adalah LeBron James yang menjadi komando dalam pemimpin rekan-rekan setimnya kala itu.

Dengan semangat dan kualitas yang dimiliki LeBron James, tim yang biasa disebut Cavs ini akhirnya bisa menjuarai NBA 2016. Mendapatkan pemain hebat seperti LeBron James adalah buah kerja dari para scout Cleveland Cavaliers yang sangat jeli untuk memilih para pemain terbaik di setiap gelaran NBA Draft.

Tidak hanya LeBron, dalam 30 tahun terakhir Cleveland berhasil men-draft beberapa nama besar dan berprestasi di NBA. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan 5 daftar pemain terbaik yang berhasil di-draft Cleveland Cavaliers dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, check this out!

1. Zydrunas Ilgauskas

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Cleveland Cavaliers 30 Tahun Terakhircavsnation.com

Center jangkung asal Lithuania, Zydrunas Ilgauskas, menjadi nama pertama dalam daftar ini. Pada gelaran NBA Draft tahun 1996, Zydrunas di-draft di urutan ke-20 oleh Cleveland Cavaliers. Namun, setelah di-draft, Zydrunas tidak langsung bermain bersama Cavaliers. Ia harus absen selama 1 tahun karena mengalami cedera.

Barulah pada bulan Oktober 1997, Zydrunas menjalani debutnya bersama Cavaliers. Zydrunas menghabiskan 14 musim berseragam Cavaliers dari 15 musim yang ia habiskan di NBA. Zydrunas dikenal sebagai center yang kuat dan jago dalam bola rebound.

Penampilan hebatnya bersama Cavaliers membuat Zydrunas terpilih sebagai bagian dari tim NBA All-Star tahun 2003 dan 2005. Dengan jasa besar dan kesetiaannya kepada Cavaliers, nomor punggung 11 yang Zydrunas gunakan selama berkarier akhirnya dipensiunkan oleh Cleveland Cavaliers.

2. Jamal Crawford 

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Cleveland Cavaliers 30 Tahun Terakhirnetsdaily.com/USA Today

Nama berikutnya adalah Jamal Crawford yang dikenal sebagai salah satu pemain cadangan tersukses di NBA. Pada gelaran NBA Draft tahun 2000, Crawford dipilih oleh Cleveland Cavaliers di urutan ke-21 sebelum di-trade ke Chicago Bulls.

Total ada 9 tim yang pernah dibela oleh Jamal Crawford selama 20 musim kariernya di NBA. Walaupun jarang dipasang sebagai starter, Jamal Crawford dikenal sebagai pemain pelapis yang hebat dan sebanding kualitasnya. Raihan 3 kali gelar Sixth Man of the Year pada tahun 2010, 2014, dan 2018 adalah bukti kehebatan Crawford sebagai seorang pebasket profesional.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Di-draft Chicago Bulls dalam 30 Tahun Terakhir

3. Carlos Boozer

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Cleveland Cavaliers 30 Tahun Terakhircavsnation.com

Mantan pebasket tim nasional Amerika Serikat yang lahir di Jerman, Carlos Boozer, adalah nama ketiga dalam daftar ini. Setelah lulus dari Duke University, Carlos Boozer akhirnya ikut serta dalam ajang NBA Draft tahun 2002 dan berhasil di-draft di urutan ke-35 oleh Cleveland Cavaliers.

Bersama Cavs, Boozer hanya bermain selama dua musim sebelum pindah ke Utah Jazz yang menjadi tim terbaik dalam kariernya. Selama di Utah Jazz, Boozer berhasil menjadi bagian dari All-NBA Third Team di tahun 2008 serta berhasil terpilih sebagai NBA All-Star pada tahun 2007 dan 2008.

Walaupun tidak pernah juara di level tim, di tim nasional ia sangat berprestasi. Bersama tim nasional Amerika Serikat, Ia berhasil memberikan medali perunggu di Olimpiade Athena 2004 dan medali emas di Olimpiade Beijing 2008. Boozer hanya berkarier selama 13 musim di NBA dan kemudian mencoba peruntungan ke Liga Tiongkok pada tahun 2016.

4. LeBron James

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Cleveland Cavaliers 30 Tahun Terakhirexpress.co.uk/Getty Images

Tidak perlu diragukan lagi bahwa LeBron James adalah salah satu pemain terbaik NBA sepanjang masa. Seluruh gelar prestisius sudah berhasil ia dapatkan selama kariernya di NBA. Total 4 gelar juara NBA, 4 gelar NBA MVP, dan 17 kali keikutsertaannya dalam NBA All-Star Game adalah bukti kedigdayaannya selama berkarier di NBA.

Bakat seorang LeBron James yang muncul sejak highschool memang menarik banyak perhatian scout tim NBA kala itu. Tanpa mengikuti NCAA atau tanpa memasuki college, LeBron James sudah mampu masuk ke NBA setelah lulus highschool.

Dengan penyaringan dan pemilihan yang ketat, bakat LeBron James akhirnya terpilih oleh Cleveland Cavaliers di urutan pertama pada NBA Draft 2003. Sungguh keputusan yang brilian.

5. Kyrie Irving

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Cleveland Cavaliers 30 Tahun Terakhirnba.nbcsports.com/gettyimages

Selain LeBron James, Kyrie Irving juga sudah sangat pantas untuk disebut sebagai salah satu pebasket terbaik NBA saat ini. Kemampuan shoot 3 points dan ball handling yang di atas rata-rata adalah kehebatan paling menonjol dari pemain yang kini bermain untuk Brooklyn Nets ini.

Kyrie Irving di-draft oleh Cleveland Cavaliers di urutan pertama pada gelaran NBA Draft tahun 2011. Kyrie Irving juga memiliki peranan besar kala Cavs merengkuh gelar juara NBA tahun 2016. Kombinasi yang baik antara LeBron James, Kyrie Irving, dan Kevin Love adalah senjata terbesar Cavs kala itu.

Selain menjadi juara NBA, Kyrie juga berhasil meraih beberapa gelar prestisius di NBA, Di antaranya NBA Rookie of The Year 2012, Juara Three Point Contest 2013, dan NBA All-Star Game MVP tahun 2014.

 

Itulah 5 pemain terbaik yang di-draft oleh Cleveland Cavaliers dalam 30 edisi NBA Draft terakhir. Dengan pencapaiannya kini, sudahkah LeBron James melebihi kehebatan Michael Jordan dan Kobe Bryant di NBA?

Baca Juga: 7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya