Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024

Kebanyakan tampil sebagai pelengkap

Nigeria tampaknya menjadi negara Afrika yang memiliki potensi dan bakat besar di olahraga bola basket. Pasalnya, pebasket asal Nigeria selalu hadir dan dipercaya tim-tim NBA dari masa ke masa. Itu berlaku bagi pemain yang lahir di Nigeria ataupun pemain keturunan yang lahir di negara lain.

Pada NBA 2023/2024, ada delapan warga negara Nigeria yang berlaga di NBA. Namun, tak banyak yang bersinar. Untuk mengetahui lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Precious Achiuwa berhasil membawa New York Knicks ke babak playoff

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Precious Achiuwa (nba.com)

Precious Achiuwa bermain untuk New York Knicks dan Toronto Raptors pada musim ini. Ia berperan sebagai pelapis untuk posisi power forward untuk kedua tim. Sepanjang musim reguler 2023/2024, Achiuwa tampil dalam 74 laga dengan rata-rata 21,9 menit per laga. Kontribusinya itu cukup untuk membawa New York Knicks lolos ke playoff. Akan tetapi, ia belum tampil sekalipun di babak playoff untuk New York Knicks.

2. Chimezie Metu bermain untuk Phoenix Suns dan Detroit Pistons pada 2023/2024

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Chemezie Metu (nba.com)

Chemezie Metu bermain untuk Phoenix Suns pada awal musim 2023/2024. Namun, ia di-trade ke Memphis Grizzlies pada 8 Februari 2024 dan dilepas pada hari selanjutnya. Beruntung baginya karena Detroit Pistons memberikan kontrak pada 20 Maret 2024. Jika dibandingkan, Metu lebih bersinar saat berseragam Detroit Pistons ketimbang saat berseragam Phoenis Suns pada 2023/2024.

3. Jordan Nwora ditukar oleh Indiana Pacers ke Toronto Raptors

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Jordan Nwora (nba.com)

Jordan Nwora sempat bermain 18 pertandingan untuk Indiana Pacers musim ini. Namun, ia ditukar ke Toronto Raptors dalam sebuah paket untuk Pascal Siakam. Oleh karena itu, Nwora bisa tampil dalam 35 laga untuk Toronto Raptors musim ini. Baik saat berseragam Indiana Pacers maupun Toronto Raptors, Nwora tak terlalu menonjol.

4. Gabe Vincent meredup bersama Los Angeles Lakers

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Gabe Vincent (nba.com)

Gabe Vincent memutuskan untuk bergabung dengan Los Angeles Lakers setelah 4 musim berseragam Miami Heat. Akan tetapi, penampilan Vincent justru menurun drastis. Ia hanya mencatat sebelas laga dengan torehan statistik yang rendah. Hal ini bisa terjadi karena Vincent beberapa kali mengalami cedera, khususnya cedera engkel dan lutut.

Baca Juga: 3 Nomine Defensive Player of the Year NBA 2023/2024

5. Udoka Azubuike berperan sebagai center ketiga di Phoenix Suns

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Udoka Azubuike (nba.com)

Udoka Azubuike bermain untuk Phoenix Suns musim ini. Ia berperan sebagai center ketiga tim di bawah Jusuf Nurkic dan Drew Eubanks. Hal tersebut membuat Azubuike hanya bisa mencatat 16 laga dengan rata-rata 7,1 menit per laga. Namun, ia masih berkesempatan tampil di babak playoff karena Phoenix Suns berhasil lolos.

6. Josh Okogie berada di bawah bayang-bayang Devin Booker dan Bradley Beal di Phoenix Suns

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Josh Okogie (kiri) (nba.com)

Serupa dengan Udoka Azubuike, Josh Okogie juga menjadi pemain pelapis di Phoenix Suns. Shooting guard  berusia 25 tahun ini tampak berada di bawah bayang-bayang Devin Booker dan Bradley Beal. Hal tersebut membuat Okogie memiliki menit bermain yang minim dan jarang ditampilkan pada laga-laga penting. Namun, saat salah satu dari Booker dan Beal absen, itulah waktu yang pas untuk Okogie bersinar.

7. Charles Bassey hanya mencatat 19 laga di San Antonio Spurs

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Charles Bassey (nba.com)

Seperti kebanyakan nama lain dalam daftar ini, Charles Bassey juga berperan sebagai pemain pelapis. Center berusia 23 tahun ini tampaknya kurang beruntung karena berada di San Antonio Spurs ketika Victor Wembanyama sedang melesat. Hal tersebut membuat Bassey memiliki kesempatan bermain yang sedikit dan hanya mampu mencatat 19 laga dengan rata-rat 10,8 menit. Bassey sendiri merupakan center ketiga di San Antonio Spurs setelah Victor Wembanyama dan Sandro Mamukelashvili.

8. Eugene Omoruyi jadi pelengkap di Washington Wizards

Performa 8 Pebasket Nigeria yang Berlaga di NBA 2023/2024Eugene Omoruyi (nba.com)

Selama 3 musim bermain di NBA, Eugene Omoruyi selalu berpindah-pindah tim. Pada 2023/2024 ini, ia bermain untuk Washington Wizards. Perannya pun sama, yakni sebagai pemain pelengkap, khususnya untuk posisi small forward. Omoruyi sendiri mencatat 43 laga dengan rata-rata 9,1 menit.

Selain delapan nama yang telah disebutkan, sebetulnya masih ada beberapa pemain yang memiliki keturunan Nigeria di NBA. Akan tetapi, mereka memilih kewarganegaraan lain. Mereka adalah Victor Oladipo, Thanasis Antetokounmpo, dan Giannis Antetokounmpo.

Baca Juga: Performa 3 Pebasket Ukraina yang Berlaga di NBA 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya