Perjalanan Sasha Vezenkov Meraih MVP dan Kesempatannya Berlaga di NBA

Sedang dipantau Sacramento Kings!

Hungaria bukanlah negara yang memiliki banyak talenta hebat dalam urusan bola basket. Namun saat ini, Hungaria patut berbangga karena Aleksandar Vezenkov atau yang kerap disapa Sasha Vezenkov hadir sebagai pemain yang luar biasa hebat. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini memiliki peran besar untuk Timnas Hungaria di ajang EuroBasket 2022 lalu.

Di luar kontribusinya untuk negara, Sasha Vezenkov merupakan pemain bintang Eropa di level klub. Pada musim 2022/2023, Sasha Vezenkov terpilih sebagai EuroLeague MVP dan menyabet gelar sebagai top scorer karena permainan ciamiknya bersama Olympiacos Pireus. Namun, cerita sukses Vezenkov tak datang secara instan.

Ia merupakan pemain yang suka bekerja keras demi menjadi seorang pemain yang disegani. Vezenkov pun tampak akan terus berusaha keras untuk mencapai tujuannya. Sebab sejauh ini, ia belum pernah bermain NBA, kompetisi bola basket yang dikenal sebagai yang terbaik di dunia.

Sasha Vezenkov diyakini bisa mencapai tujuannya. Ia layak menjadi salah satu yang terbaik di Eropa, bahkan dunia. Untuk mengetahui lebih banyak tentang karier dan harapan Vezenkov, mari simak ulasan berikut.

1. Awal karier yang sulit

Perjalanan Sasha Vezenkov Meraih MVP dan Kesempatannya Berlaga di NBAAleksandar Vezenkov tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Meski lahir di Siprus dan membela Timnas Hungaria, Sasha Vezenkov justru memulai kariernya di Yunani. Pada usia 16 tahun, Sasha telah menanda tangani kontrak profesional bersama Aris Thessaloniki pada tahun 2011. Akan tetapi, ia butuh waktu lama untuk bisa mendapatkan permainan terbaik.

Sasha Vezenkov memang tak langsung dikenal sebagai pemain hebat pada awal kariernya. Bakatnya baru tercium oleh Barcelona yang berstatus sebagai tim langganan EuroLeague pada 2016. Oleh karena itu, musim pertamanya di EuroLeague baru terhitung pada musim 2015/2016.

Saat pindah ke Spanyol, Vezenkov masih belum terlalu istimewa.  Penampilannya stagnan dan cenderung biasa saja. Ia hanya muncul sebagai pemain muda hebat biasa, bukan seorang pemain yang bisa menggebrak dan menonjol di tengah-tengah deretan pemain senior Barcelona.

Baca Juga: 5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!

2. Performa emas pada usia emas

Perjalanan Sasha Vezenkov Meraih MVP dan Kesempatannya Berlaga di NBASasha Vezenkov (euroleaguebasketball.net)

Pindah ke Olympiacos Pireus pada 2018 mungkin menjadi pilihan terbaik dalam karier Vezenkov sejauh ini. Setelah pindah ke tim asal Yunani tersebut, Vezenkov lebih sering tampil dan cukup menonjol sebagai pemain hebat. Bahkan, deretan penghargaan dan gelar juara mulai berdatangan baginya dan Olympiacos.

Seiring waktu, performa Vezenkov mulai diperhatikan. Ia pun akhirnya terpilih sebagai salah satu anggota All-EuroLeague First Time pada 2022 ketika usianya memasuki 26 tahun. Performa emasnya ini baru muncul pada usia emas.

Permainan apik Vezenkov pun berdampak positif untuk Timnas Hungaria. Pada EuroBasket 2022, Vezenkov meledak sebagai top scorer turnamen. Sayangnya, Hungaria tak bisa ia bawa berbicara banyak di turnamen tersebut. Namun, ia patut berbangga karena performa dan popularitasnya yang semakin meroket.

Memasuki EuroLeague 2022/2023, Vezenkov memiliki kepercayaan lebih tinggi pasca permainan apik di EuroBasket 2022. Vezenkov menjadi lebih dominan dan mencetak banyak angka dan rebound pada musim 2022/2023, meski beberapa pengamat mengatakan jika permainan Vezenkov lebih bergantung terhadap playmaker yang bermain bersamanya. Hal ini cukup wajar karena Vezenkov memang jarang melakukan dribble dan lebih sering catch and shoot setelah memegang bola.

Catatan 17,2 poin, 6,8 rebound, dan 1,8 assist per game menjadi miliknya musim ini. Torehan tersebut membawa Vezenkov meroket. Pada akhir musim ini, Vezenkov pun terpilih kembali masuk ke All-EuroLeague First Team, top scorer EuroLeague dan akhirnya menjadi EuroLeague MVP. Kebahagiaannya mungkin akan lebih lengkap jika ia bisa mengantarkan Olympiacos Pireus menjadi juara EuroLeague 2022/2023.

3. Sacramento Kings melihat peluang

Perjalanan Sasha Vezenkov Meraih MVP dan Kesempatannya Berlaga di NBASacramento Kings (nba.com)

Saat masih membela Barcelona (2015--2018), Vezenkov sempat ikut serta pada ajang NBA Draft. Ia terpilih di urutan ke-57 pada NBA Draft 2017 oleh Brooklyn Nets. Namun sejak itu, belum ada tim yang memanggilnya ke NBA.

Lewat serangkaian trade, hak kepemilikan Sasha Vezenkov kini dimiliki oleh Sacramento Kings. Oleh karena itu, Sacramento Kings kini memiliki peluang besar untuk menambah seorang EuroLeague MVP di roster mereka. Hal ini tentu harus dipikirkan oleh Kings yang sedang berusaha memperkuat timnya.

Pada pertengahan EuroLeague 2022/2023, beberapa staff kepelatihan Kings termasuk pelatih mereka, Mike Brown, pernah menonton Sasha Vezenkov secara langsung. Ini merupakan sinyal besar bagi Vezenkov bahwa ia mulai diminati dan dipertimbangkan untuk diberi kontrak. Jika pada akhirnya Vezenkov bergabung dengan Kings, maka salah satu mimpinya untuk bermain di NBA bisa terwujud.

Sasha Vezenkov membuktikan jika kunci kesuksesan adalah proses panjang untuk berkembang. Jika ia bergabung dengan Sacramento Kings, maka ia memiliki tantangan baru dengan role dan peraturan berbeda dengan yang biasa ia mainkan di EuroLeague. Menarik untuk ditunggu bagaimana karier Sasha Vezenkov ke depannya. 

Baca Juga: 10 Potret Sasha Vezenkov, Pendulang Poin Utama Bulgaria di EuroBasket

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya