Comscore Tracker

5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!

Tak hanya sepak bola, Real Madrid juga mendominasi di bola basket!

EuroLeague merupakan level tertinggi kompetisi bola basket di Eropa. Duel tim-tim juara dengan pemain berkelas selalu jadi suguhan dari kompetisi yang disebut sebagai kompetisi bola basket terbaik kedua di dunia setelah NBA.

Level dari EuroLeague sama saja seperti Champions League di sepak bola. Meski berkualitas, sayangnya EuroLeague belum cukup populer di Indonesia. Padahal, kebanyakan pemain Eropa di NBA lahir dari kompetisi ini. 

Jika Boston Celtics dan LA Lakers merupakan tim dengan gelar juara terbanyak di NBA, lalu, tim manakah yang paling sering jadi juara di EuroLeague? Untuk mengetahui fakta tersebut, langsung aja simak ulasan berikut ini, ya!

1. Real Madrid Baloncesto

5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!Real Madrid Baloncesto (realmadrid.com)

Senada seperti UEFA Champions League, Real Madrid juga menjadi raja Eropa di olahraga bola basket. Tim yang memiliki nama lengkap Real Madrid Baloncesto ini terakhir kali menjadi juara pada 2018 ketika masih diperkuat bintang Dallas Mavericks, Luka Doncic.

Total, 10 gelar juara berhasil Real Madrid raih di ajang EuroLeague. Selain itu, tim asal Ibu Kota Spanyol ini pernah 9 kali menjadi runner-up. Hal ini cukup beralasan karena Real Madrid sering diperkuat pemain berkelas nan legendaris.

2. PBC CSKA Moscow

5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!PBC CSKA Moscow (vcphoops.com)

Didirikan pada tahun 1923, PBC CSKA Moscow tergolong sebagai penguasa EuroLeague pada awal kompetisi ini digelar. Tim asal Rusia ini pertama kali menjadi juara pada tahun 1961 dan terakhir kali menjadi juara pada 2019.

Saat terakhir kali menjadi juara EuroLeague, CSKA Moscow dihuni oleh point guard berkelas asal Prancis, Nando de Colo. Jika ditotal, CSKA Moscow telah 14 kali menyentuh partai puncak dengan rincian 8 gelar juara dan 6 runner-up.

Baca Juga: 5 Lapangan Basket di Jakarta, Suguhkan Fasilitas Lengkap

3. Maccabi Tel Aviv

5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!Maccabi Tel Aviv (euroleaguebasketball.net)

Nama selanjutnya merupakan tim tersukses dari negara Israel. Tim tersebut adalah Maccabi Tel Aviv yang meraih 6 gelar juara EuroLeague dan pernah 9 kali menjadi runner-up. Tahun 1997 menjadi kali pertama mereka menjadi juara EuroLeague.

Sedangkan tahun 2014 merupakan kali terakhir Maccabi Tel Aviv menjadi juara. Pada tahun terakhirnya menjadi juara, Maccabi Tel Aviv yang terhitung sebagai tim kuda hitam sukses mengalahkan Real Madrid Baloncesto di babak final.

4. Panathinaikos BC

5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!Panathinaikos B.C (twitter.com/paobcgr)

Sama seperti Maccabi Tel Aviv, Panathinaikos juga telah sukses meraih 6 gelar juara di ajang EuroLeague. Bedanya, mereka baru sekali menduduki posisi runner-up EuroLeague. Pada medio 2000-an, tim asal Yunani ini cukup mendominasi.

Tahun 2002, 2007, 2009, dan 2011 merupakan tahun hebat bagi mereka yang sukses raih gelar juara. Pada tahun terakhir Panathinaikos menjadi juara EuroLeague (2011), Dimitris Diamantidis muncul sebagai bintang lapangan.

5. Pallacanestro Varese

5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!Pallacanestro Varese (repubblica.it)

Meski belakangan penampilannya tak terlalu mentereng, Pallacanestro Varese masih menjadi salah satu tim dengan jumlah gelar juara terbanyak di EuroLeague. Tim asal Italia ini sukses meraih 5 gelar juara dan pernah 5 kali menjadi runner-up.

Medio tahun 70-an menjadi masa terbaik bagi Pallacanestro Varese di EuroLeague. Pasalnya, 5 gelar juara yang mereka miliki sukses didapatkan pada tahun 1970, 1972, 1973, 1975, dan 1976.

Meski pemain basket berlabel bintang memang lebih banyak berkarier di NBA, kompetisi EuroLeague tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Atmosfer penonton yang menggila dan sederet rules berbeda hingga membuat laga lebih seru menjadi salah dua alasan mengapa EuroLeague sangat layak untuk diikuti.

Baca Juga: 9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya