9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBA

Kiprahnya sukses catatkan sejarah

EuroLeague disebut sebagai kompetisi bola basket terbaik kedua di dunia setelah NBA. Bisa dibilang, kompetisi ini setara dengan Liga Champions di sepak bola Eropa. Tim-tim basket terkuat di benua Eropa berkumpul untuk buktikan siapa yang terbaik.

Setiap tahunnya, selalu ada pemain yang akhirnya dinobatkan sebagai EuroLeague MVP berkat permainan hebatnya. Namun, tak semua EuroLeague MVP sanggup meraih gelar juara ketika mereka memutuskan melanjutkan karier di NBA. 

Sejak penghargaan ini diadakan pada 2004, hanya ada satu EuroLeague MVP yang sukses jadi juara di NBA. Sosok tersebut adalah Nemanja Bjelica, power forward asal Serbia yang jadi juara NBA bersama Golden State Warrios pada NBA 2022.

Mari mengenal sosoknya lebih dekat lewat ulasan berikut, yuk!

1. Nemanja Bjelica lahir di Ibu Kota Serbia, Belgrade, pada 9 Mei 1988. Saat ini usianya telah menginjak 34 tahun

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica saat membela Timnas Serbia (instagram.com/nemanjabjelica8)

2. Sebelum ikut serta NBA Draft 2010, Bjelica pernah membela Traiskirchen Lions (2007—2008) dan Crvena Zvezda (2008—2010)

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica dan Ricky Rubio (instagram.com/nemanjabjelica8)

3. Pada NBA Draft 2010, Nemanja Bjelica terpilih di urutan ke-35 oleh Washington Wizards. Namun, ia ditukar ke Minnesota Timberwolves 

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica saat membela Sacramento Kings (instagram.com/nemanjabjelica8)

5. Selama bermain di Eropa, Bjelica sukses raih banyak gelar, termasuk Turkish League Champion (2014) dan EuroLeague MVP (2015) 

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica (nba.com)

Baca Juga: 5 Free Agent NBA 2022 Terbaik yang Masih Tanpa Tim

5. Meski tergabung di draft class 2010, kariernya di NBA sendiri baru dimulai pada tahun 2015 ketika ia bergabung dengan Minnesota Timberwolves

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica saat membela Minnesota Timberwolves (instagram.com/nemanjabjelica8)

6. Selepas tiga musim, pemain yang berposisi sebagai power forward ini pindah ke Sacramento Kings hingga tahun 2021

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica saat membela Sacramento Kings (instagram.com/nemanjabjelica8)

7. Sempat bermain untuk Miami Heat, Bjelica akhirnya bermain untuk Golden State Warriors pada musim 2021/2022

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica saat membela Miami Heat (instagram.com/nemanjabjelica8)

8. Bjelica sukses raih gelar di NBA bersama Warriors ketika membawa tim asal San Fransisco tersebut juara NBA 2022

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica dengan trofi NBA (instagram.com/nemanjabjelica8)

9. Untuk negaranya, Bjelica pernah membawa Timnas Serbia menjadi runner-up FIBA World Cup 2014 dan Euro Basket 2009

9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBANemanja Bjelica saat membela Timnas Serbia (instagram.com/nemanjabjelica8)

Nyatanya, Nemanja Bjelica tercatat sebagai jadi satu-satunya EuroLeague MVP yang sukses raih gelar juara NBA. Luka Doncic, Andrei Kirilenko, Nando de Colo, dan Milos Teodosic yang juga pernah meraih EuroLeague MVP belum mampu samai prestasi gemilang dari Bjelica ini. Sebagai pemain yang paling berpeluang, mampukah Luka Doncic menyamai rekor Nemanja Bjelica dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Langkah Mendominasi NBA ala Golden State Warriors

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya