Indonesia Catat Sejarah di SEA Age Group Championships 2023

Indonesia jadi tuan rumah

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan menggelar 45th SEA Age Group Championships 2023. Turnamen akuatik paling bergengsi di Asia Tenggara ini bakal diselenggarakan pada 24-26 Agustus 2023 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ada yang spesial dari penyelenggaran SEA Age tahun ini. Untuk pertama kalinya, ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan. 

"Alhamdulillah, kami ditunjuk menjadi tuan rumah SEA Age Group Championship. Tak hanya renang, tapi ada tiga cabor yang dipertandingkan. Ada renang, loncat indah, dan polo air," kata Wakil Ketua Umum Akuatik Indonesia, Harlin Rahardjo, dalam konferensi pers via Zoom Meeting (22/08/2023)

1. Pertama kali loncat indah dan polo air dipertandingkan

Indonesia Catat Sejarah di SEA Age Group Championships 2023Atlet loncat indah Malaysia berlaga di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam / SEA Games 2021

Dengan dipertandingkannya loncat indah dan polo air, Indonesia sudah mencatat sejarah. Sebab, baru kali ini SEA Age Group Championship mempertandingkan kedua cabor akuatik tersebut, selain renang.

Ketua Komisi Teknik Loncat Indah Akuatik Indonesia, Ronaldi Herbiantoro, senang ketika tahu loncat indah bisa masuk jadi salah satu cabor yang dipertandingkan. Menurut Ronaldi, ajang ini dapat jadi momen untuk menemukan bibit baru loncat indah.

"Ini kali pertama loncat indah junior dipertandingkan di tingkat Asia Tenggara. Ini juga jadi tolak ukur para atlet sebelum terjun ke ajang SEA Games," ujar Ronaldi.

Hal serupa juga dirasakan pelatih polo air Indonesia, Brandley. Dia merasa gembira, pada akhirnya polo air bisa dipertandingkan lagi. Terlebih, format pertandingannya adalah mini polo, 4 lawan 4, yang mengandalkan kekuataan sehingga bisa lebih atraktif dan menarik untuk disaksikan.

"Kami  akan mempertandingkan polo air mini dengan 4 lawan 4. Tentunya akan lebih atraktif dan saling berbalas gol. Sudah pasti menarik dan Indonesia juga punya target juara," ujar Brandley.

2. Disambut baik

Indonesia Catat Sejarah di SEA Age Group Championships 2023Harlin Rahardjo di konferensi pers 45th SEA Age Group Championships 2023 (IDN Times/Nathasya Udur Cicilia)

Harlin mengungkapkan inovasi menghadirkan multi cabor ini disambut dengan baik oleh federasi akuatik Asia Tenggara lainnya. Mereka antusias mengirimkan kontingen dengan jumlah yang cukup besar.

Jumlah peserta tahun ini mencapai 316 atlet, bila ditambah ofisial menjadi sekitar 400. Nantinya, renang akan diikuti delapan negara, loncat indah enam, dan polo air empat.

3. Target dan harapan

Indonesia Catat Sejarah di SEA Age Group Championships 2023Tiga besar tim Polo Air U-18 di Kejurnas Akuatik 2022 (Dok. PRSI)

Kabid Binpres PB Akuatik Indonesia, Wisnu Wardhana, menyebut target Indonesia dalam turnamen adalah bisa mendulang emas lebih banyak dari tahun lalu. Dia juga berharap, turnamen ini dapat dari parameter untuk melihat seberapa jauh persaingan Indonesia di Asia Tenggara.

"Semoga makin banyak kejuaraan untuk atlet junior. Dengan banyaknya event seperti Australia dan Amerika Serikat maka akan meningkatkan prestasi akuatik," jelas Wisnu.

Baca Juga: Perenang Muda Pecahkan 5 Rekor di Kejurnas Akuatik 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya