Profil Stadion Lotus Hangzhou, Lokasi Pembukaan Asian Games 2022

Megah arsitektur bunga teratai

Jakarta, IDN Times - Sempat tertunda satu tahun, Asian Games 2022 akhirnya akan dibuka pada 23 September 2023. Upacara pembukaan multievent olahraga terbesa se-Asia itu akan diselengarakan di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium.

Ajang ini merupakan kejuaraan multi event terbesar se-Asia yang diselenggarakan tiap empat tahun sekali. Lebih dari 12 ribu atlet dari 45 negara dan wilayah Asia ikut berpartisipasi dalam Asian Games edisi ke-19 ini.

1. The Big Lotus

Profil Stadion Lotus Hangzhou, Lokasi Pembukaan Asian Games 2022Logo Asian Games 2022 (twitter.com/19thAGofficial)

Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium dikenal dengan julukan The Big Lotus. Hal ini dikarenakan desain arsitekturnya yang menyerupai raksasa bunga teratai.

Pemerintah China memang mempersiapkan stadion itu untuk bisa menampung sampai 80 ribu penonton. Kita pun bisa menemukan kumpulan bunga teratai di tepian danau 'West Lake', yang mengelilingi Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium.

Baca Juga: Timnas Voli Indonesia Lepas Landas Menuju Asian Games 2022

2. Konsep ramah lingkungan

Profil Stadion Lotus Hangzhou, Lokasi Pembukaan Asian Games 2022Kemeriahan Wulin Parade menyambut Asian Games 2022 (hangzhou2022.cn/En)

Penyelenggaraan Asian Games 2022 diketahui mengusung konsep ramah lingkungan. Tak pelak, Direktur Utama Opening & Closing Ceremony AG 2022, Sha Xiaolan, mengungkapkan tak ada kembang api dalam upacara pembukaan kali ini.

“Ini mendobrak model pertunjukan kembang api yang sudah ada sebelumnya, dan menganut konsep green hosting, seluruh prosesnya bebas karbon dan tidak ada kembang api yang dinyalakan,” kata Xiaolan kepada CCTV.

3. Asian Games Village telah dibuka

Profil Stadion Lotus Hangzhou, Lokasi Pembukaan Asian Games 2022Pembukaan Asian Games Village (hangzhou2022.cn/En)

Di sisi lain, Asian Games Village telah resmi dibuka pada Sabtu, 16 Agustus 2023 di lokasi pusat, kota Hangzhou. Lima titik lain adalah kota Ningbo, Wenzhou, Jinhua, serta kabupaten Chun'an dan Tonglu di Provinsi Zhejiang, China Timur.

Wisma atlet tersebut mampu menampung 20 ribu orang, yang terdiri dari atlet, ofisial, pejabat teknis, serta media. Direktur Jenderal Dewan Olimpiade Asia, Vinod Kumar Tiwari, menggambarkan kawasan itu dengan kata "indah dan luar biasa".

“Kami percaya kualitas hidup di Kampung Asian Games dapat menjadi landasan bagi Asian Games Hangzhou yang lancar dan sukses," ujar Tiwari.

Baca Juga: Lawan Tradisi, Pembukaan Asian Games 2022 Tak Pakai Kembang Api

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya