Suriah Usung Misi Perdamaian di Asian Games 2022

Hubungan baik China dan Suriah

Jakarta, IDN Times - Delegasi Suriah di Asian Games 2022 ternyata punya tujuan mulia. Selain meraih medali, mereka ingin menyampaikan pesan cinta dan perdamaian lewat ajang multievent olahraga terbesar Asia tersebut.

Hal ini disampaikan langsung pemimpin delegasi Suriah, Omar Al-Aroub, kepada Xinhua. Ia pun mengaku Asian Games ke-19 ini punya nilai spesial tersendiri untuk negaranya.

1. Suriah berhutang budi

Suriah Usung Misi Perdamaian di Asian Games 2022Logo Asian Games 2022 (twitter.com/19thAGofficial)

Asian Games 2022 akan berlangsung di Hangzhou, China. Suriah dan China punya hubungan bilateral yang kuat, mengingat bantuan negara Tirai Bambu itu saat gempa melanda Suriah.

“China telah mendukung kami dalam berbagai cara, menjadi negara pertama yang memberikan bantuan. Sehingga, itu memberi kami lebih banyak momentum dan motivasi untuk berpartisipasi dalam ajang olahraga ini,” kata Omar Al-Aroub.

Baca Juga: Daftar Juara Asian Games 1951-2018, Dikuasai Jepang dan China

2. Bukti Suriah cinta damai

Suriah Usung Misi Perdamaian di Asian Games 2022Kakak-Adik beda tim saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020, Mohamad Maso (Suriah) dan Alaa Maso (EOC) / Instagram @momastori

Mohammad Malis, petinju Suriah yang meraih tiga medali perunggu Asia, sepakat dengan cita-cita yang diinginkan negaranya. Ia mau membuktikan dirinya sebagai generasi pejuang.

“Kami, generasi perang, menunjukkan kepada dunia bahwa Suriah adalah negara yang damai dan penuh cinta,” kata Malis dilansir Xinhua.

3. Suriah ikut lima cabor

Suriah Usung Misi Perdamaian di Asian Games 2022Yusra Mardini, atlet renang asal Suriah saat pembukaan Olimpiade 2020 (instagram.com/yusramardini)

Persatuan Olahraga Suriah mengonfirmasi, negaranya akan tampil di lima cabang olahraga, yaitu berkuda, angkat besi, tinju, gulat dan atletik.

Ini sendiri merupakan penampilan ke-11 Suriah di ajang Asian Games sepanjang sejarah berlangsugnya ajang tersebut.

“Para atlet kami telah menyelesaikan persiapannya melalui pemusatan latihan internal dan eksternal, dengan ambisi meraih podium dan meraih berbagai medali untuk menambah prestasi olahraga Suriah,” bunyi pernyataan resmi Suriah.

Baca Juga: 413 Atlet Indonesia Dikukuhkan, Siap Mentas di Asian Games 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya